alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kebakaran Hutan : Oleh Manusia, Merugikan Manusia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d84b9bc82d49565dc124688/kebakaran-hutan--oleh-manusia-merugikan-manusia

Kebakaran Hutan : Oleh Manusia, Merugikan Manusia

Bencana alam memang bisa terjadi kapan saja, di negeri ini tentunya bencana alam selalu saja terjadi di setiap tahunnya dan tak mengenal musim. Banyak sekali jenis-jenis bencana yang terjadi di negeri ini mulai dari banjir, longsor, gempa bumi hingga tsunami yang seringkali mengintai di setiap waktunya dan tak jarang menelan korban jiwa tanpa pandang bulu entah tua maupun muda bisa menjadi korbannya.
Kebakaran Hutan : Oleh Manusia, Merugikan Manusia

Credit : liputan6.com

Di musim kemarau sendiri banyak sekali hal-hal yang terjadi mulai kekurangan pasokan air bersih, tanah susah untuk ditanami hingga kasus kebakaran hutan. Kasus kebakaran hutan sendiri di negeri ini seringkali terjadi dan menjadi sebuah bencana alam yang sudah semestinya diperhatikan karena seringkali  terjadi di musim kemarau. Bencana alam memang bisa terjadi karena alamiah, akan tetapi bencana alam juga bisa disebabkan oleh manusia itu sendiri termasuk dalam masalah kebakaran hutan yang disebabkan karena membuka lahan lewat pembakaran yang ujungnya menimbulkan kebakaran besar yang menebarkan asap ke mana-mana.

Di tahun ini, bencana kabut asap akibat kebakaran hutan kembali terjadi. saat ini kabut asap terjadi di pulau Sumatera dan pulau Kalimantan. Bukan hanya dua pulau tersebut yang terkena dampaknya, akan tetapi juga negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura pun terkena dampaknya. Akibat bencana asap tersebut sekolah-sekolah di negara tersebut pun ada yang diliburkan dan juga pagelaran GP F1 di Singapura pun terancam batal akibat bencana kabut asap yang terjadi.

Bencana kabut asap sudah semestinya harus diperhatikan oleh pemerintah ketika musim kemarau yang panjang terjadi, kasus seperti ini selalu saja terjadi di setiap tahunnya dan merugikan banyak pihak. Di Indonesia sendiri dampak akibat kabut asap berpengaruh pada kehidupan banyak orang mulai dari jarak pandang yang berkurang, udara yang tidak sehat, aktivitas masyarakat yang terbatas, sekolah yang diliburkan hingga munculnya berbagai penyakit akibat kabut asap mulai dari Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), Asma hingga penyakit jantung.

Kebakaran hutan memang sudah semestinya menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk bisa mencari jalan keluar dari bencana kabut asap mulai dari menindak tegas pelaku pembakaran hutan hingga pengawasan kepada perusahaan-perusahaan yag kerap kali membuka lahan secara ilegal. Memang untuk mengatasi bencana kabut asap bukan hanya oleh pemerintah saja, akan tetapi semua kalangan pun harus bisa melakukan sesuatu hal agar tidak terjadi bencana kabut asap. Bagi perusahan-perusahaan tentu harus bisa sadar diri untuk tidak membuka lahan secara sembarangan yang bisa berakibat fatal, begitu juga setiap individu yang ingin membuka lahan tentu harus berpikir ulang dan libatkan nurani, jangan sampai karena iming-iming uang malah membuat tindakan membakar hutan yang mengakibatkan bencana kabut asap.
Kebakaran Hutan : Oleh Manusia, Merugikan Manusia

Credit : bisnis.com

Oleh manusia merugikan manusia, itulah kebakaran hutan yang seringkali menimbulkan bencana kabut asap. Hanya karena keserakahan segelintir orang membuat banyak orang menjadi dirugikan oleh bencana kabut asap. Kasus-kasus seperti ini tak akan berhenti jika penanganan kasus pembakaran hutan yang menimbulkan bencana kabut asap belum tegas dan tiadanya kesadaran setiap orang dalam menjaga lingkungan hidup. Bencana kabut asap terjadi karena keserakahan manusia sendiri dalam memanfaatkan alam, untuk itulah sudah semestinya segala jenis ekploitasi alam yang berlebihan harus dihentikan untuk menjaga alam ini dari segala hal yang merusaknya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan tau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber 5
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prasetia13 dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Reserved
Quote:


Emang sengaja dibakar ya hutannya sama perusahan-perusahan begitu, yang bisa sampe dibawa ke pengadilan tapi ujungn-ujungnya mereka menang juga sih

Kebakaran Hutan : Oleh Manusia, Merugikan Manusia
Lihat 2 balasan
Quote:


Ya begitulah bre emoticon-Turut Berduka
yg bakar cuma puluhan orang
yg kena dampak jutaan orang emoticon-Shutup emoticon-Hammer
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya bre emoticon-Turut Berduka
tuhan cuma geleng-geleng kepala lihat ulah manusia emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Nah bener banget nih, sumber bencananya manusia, yang kena juga manusia. Nanti manusia-manusianya saling berdebat, saling menyalahkan. Tapi tetap ada kok manusia-manusia yang peduli. Semoga sehat-sehat selalu bagi yang telah lama terpapar asap emoticon-Nyepi
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Balasan post rausanvikri
Quote:


wkwk kalo liat gambar meme ini, antara pengen ngakak sama pengen nangis euy bacanya. miris.
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Yang waras tolong saling mengingatkan
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Balasan post Gentingtong
Quote:


Bukan cuma orang korbannya..

Jangan lupakan makhluk2 lainnya seperti hewan2 dan tumbuh2an, dsb yg ikut jadi korban.. emoticon-Frown
hebatnya setiap tahun terjadi. hebatnya lagi tidak pernah ada data setelah kebakaran brp ha lahan baru muncul dan siapa pemiliknya. dan leboh hwbatnya lagi, pemda or pemprov setempat tidak pernah menjadi pihak yg bertanggungjawab...dan yang paling hebatnya lagi...yg diproses hukum selalu pion2 doang dan gak ada efek jera
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Semoga hujan segera turun.. emoticon-Nyepi
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
pelaku menanggung amalan keburukan
yg korban mendapat berkurang amalan keburukannya emoticon-Berduka (S)
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
hmm... keliatannya thanos harus menjetikkan jarinya lagi deh
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
mohon do'anya gan semoga cepat turun hujan gan, salam dri ane yg tinggal di desa yg berada di provinsi kalimantan barat
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Daripada asep hutan, mending asep rokok.
Kata temen saya.
emoticon-Takut
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Balasan post rausanvikri
hukum oh hukum emoticon-Frown
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Kalo emang sengaja dibakar sih emang parah pelaku-pelakunya, permasalahannya jadi ga cuma soal kebakaran hutan dan cara mengatasinya tapi jadi mlebebr ke masalah politik dan yang lain lainnya
semoga segera padam deh
kebakaran hutan terjadi akibat ulah manusia yg serakah yang disalahin presiden emoticon-Hammer (S)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di