iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Perjuangan BJ. Habibie dalam Menempuh Pendidikan


Assalamualaikum

Duka menyelimuti Bumi Pertiwi, salah satu putra terbaik bangsa telah berpulang ke pangkuan Ilahi. Banyak sekali kenangan indah tentang Almarhum semasa hidupnya. Kali ini ane ingin membagikan bagaimana perjuangan beliau dalam mencapai cita dan tentang kesetiaan cinta beliau, cinta sejati itu nyata, beliaulah buktinya!

Lahir di Parepare, 25 Juni 1936, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan Tuti Marini Puspowardojo. Sedari kecil kecerdasan beliau sudah tampak.

Perjuangan beliau menempuh pendidikan di Jerman patut diacungi jempol. Habibie muda adalah sosok yang memiliki semangat juang tinggi dalam mencari ilmu. Keputusan paling menantang dalam hidupnya adalah ketika ia memutuskan untuk melanjutkan S1 dan S2-nya di Jerman. Sebelumnya beliau sebenarnya sudah tercatat sebagai mahasiswa elektro di ITB selama 6 bulan. Cita-cita beliau ingin membuat pesawat terbang yang dapat membawa rakyat Indonesia terbang di angkasa.

Sumber gambar

Dalam menempuh pendidikan di Jerman, beliau dibiayai oleh orang tuanya. Orang tua beliau merasa tidak ingin pendidikan anaknya dibiayai orang lain, sang ibu mempunyai usaha catering dan kos-kosan.

Demi meringankan beban orangtuanya, Habibie muda memilih tempat tinggal yang jauh dari pusat kota. Bahkan beliau pernah berjalan kaki hanya untuk menghemat pengeluaran GanSist. Jarak yang ditempuh bukan main-main, kadang membuat kaki beliau lecet-lecet. Usaha tidak akan mengkhianati hasil, terbukti perjuangan beliau berbuah manis, terbukti juga dengan kesulitan yang beliau hadapi, beliau mampu menyelesaikan S1 hingga S3 dengan sangat baik.

Sumber gambar

Dalam perjalanan hidup beliau menempuh pendidikan di Jerman, beliau pernah dikabarkan meninggal hingga dua kali, entah siapa yang menyebarkan kabar tersebut. Umur 28 tahun beliau mendapat gelar Doktor di bidang teknologi pesawat terbang di Jerman. Sungguh prestasi yang amat sangat membanggakan. Pengalaman hidup jauh dari keluarga mengajarkannya untuk mandiri dan terbiasa menyelesaikan masalah sendiri.

Kisah cinta beliau pun menarik untuk disimak, ya, GanSist. Bahwasanya cinta sejati itu ada, beliau adalah bukti nyata. Kecintaan beliau kepada sang istri Ibu Hasri Ainun Besari. Begitu besar kecintaan beliau, sehingga beliau tidak takut menghadapi kematian, beliau siap, karena apabila kematian menjemput, beliau akan bertemu kembali dengan kekasih hatinya. Betapa besar rasa cinta beliau, beliau tidak pernah absen untuk mengunjungi makam sang istri, tidak dibiarkannya bunga sampai layu. Selalu tersedia bunga segar di makam sang istri.

Sumber gambar

Tidak akan habis untuk diceritakan semua kenangan tentang beliau, sosok inspiratif dan teladan bagi semua. Selamat jalan Bapak Demokrasi, Surga menantimu.

Ane pamit undur, semoga kisah beliau bisa dijadikan panutan, menjadi teladan bagi kita semua.



Sumber : Link , Link
annuu
c4punk1950...
nibrasulhaq
nibrasulhaq dan 21 lainnya memberi reputasi
22
2.7K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan