tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Apakah yang Gratis-gratis Itu Selalu Hoax?
Apa yang terbayang saat mendengar kata "gratis"? Tentunya hal ini seringkali di sukai oleh banyak orang karena sesuatu yang gratis tentunya tak harus membayar. Tak sedikit orang mencari sesuatu yang gratis karena yang gratis-gratis seringkali dianggap sesuatu yang enak, namun dalam kenyataannya gratis tak selalu demikian karena tak jarang sesuatu yang gratis ujungnya berakhir dengan kekecewaan yang dirasakan oleh sebagian orang.

Credit : molzania.com

Gratis juga tentu berbagai macam, mulai gratis tanpa sesuatu hal hingga gratis dengan syarat tertentu. Di dunia bisnis pun seringkali sesuatu yang gratis di gunakan mulai dari beli produk dapat hadiah gratis, hingga tester makanan gratis. Hal-hal gratis memang selalu ada di sekitar kita dan memang seringkali di serbu oleh banyak orang yang menginginkannya. Mulai dari sesuatu yang sederhana seperti traktiran hingga yang rumit yaitu gratisan yang bersyarat tentunya hal ini selalu ada di setiap saat.

Sesuatu yang gratis kini bukanlah hal asing dan di dunia bisnis tentunya hal ini menjadi sebuah strategi yang cukup menjanjikan untuk meraih banyak konsumen. Di berbagai bidang bisnis hal gratis ini seringkali ada sebagai contoh game smartphone masa kini gratis dimainkan namun fitur-fitur khususnya berbayar seperti mempercepat waktu dan mempermudah level. Gratis memang menarik, akan tetapi jangan terlalu terpaku dengan sesuatu yang gratis, hal ini terlihat dari banyaknya oknum penipu yang menggunakan embel-embel gratis yang bisa memperdaya korbannya bagi yang tak menyadarinya.

Apakah yang gratis-gratis itu selalu hoax? Tentu saja tidak. Gratis itu bermacam-macam mulai yang beneran murni gratis, gratis yang bersyarat, gratis sebagian hingga yang gratis yang menipu. Gratis yang menipu ini yang harus di waspadai karena ini bisa memakan korban, sebagai contoh sms yang datang ke hp bahwa dapat hadiah undian gratis dari perusahaan x, bagi yang menyadari hal ini adalah penipuan karena mana mungkin sesuatu bisa gratis begitu juga tanpa ada sebab tertentu seperti kita tak pernah ikutan undian atau kuis dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, broadcast tentang gratisan ini seringkali ditemukan di media sosial tersebar begitu saja seperti pulsa gratis hingga kuota gratis yang bila dipencet link tersebut bisa membahayakan data pengguna hp tersebut dan bisa saja kena data pengguna tersebut bocor dan diambil pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab dan bahkan bisa kena virus ataupun malware.

Credit : liputan6.com

Gratis itu tak selalu hoax, namun yang pasti kita harus berpikir secara rasional bila ada gratis yang mencurigakan seperti gratis pulsa atau gratis kuota tanpa sebab tertentu seperti imbalan ikut survey online dan sebagainya. Untuk itulah cermat dan bijak dalam melihat sesuatu yang gratis karena tak selamanya sesuatu yang gratis itu menguntungkan dan bisa saja merugikan bila tak jeli pada sesuatu yang gratis tersebut. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
gpandita
Richy211
kakekane.cell
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan