travelaround
TS
travelaround
5 Rekomendasi Taman di Singapura yang Enak Buat Ngadem
Terik matahari di Singapura memang berbeda dengan yang biasa kita rasakan di Indonesia. Kalau belum terbiasa sama panasnya, bisa bikin kita mager buat keluar jalan-jalan saat siang bolong. Padahal, ini waktu yang tepat buat menjelajahi alamnya.

Di tengah deretan gedung-gedung yang menjulang tinggi, ada banyak wisata alam yang bisa kita kunjungi buat ngadem dari kegerahan karena banyak pohon-pohon tumbuh dengan rindang. Berikut ini rekomendasi 5 wisata alam yang menawarkan pengalaman jalan-jalan berbeda di Singapura. Semuanya gratis, loh!


1. Menjelajah Sejarah di Singapore Botanic Gardens


Photo by Singapore Tourism Board

Belum ke Singapura kalau belum ke Singapore Botanic Gardens. Soalnya taman ini sudah berumur 160 tahun dan termasuk situs warisan dunia versi UNESCO.

Banyak banget sejarah yang bisa ditelusuri di sini, misalnya bunga-bunga yang dinamai dari berbagai tokoh yang pernah datang seperti Princess Diana, Margaret Thatcher, Queen Elizabeth II dan Kaisar Akihito. Selain sejarahnya, kita bisa menulusi hutan buatan berudara segar dan rindang.


Photo by Travel Singapura

Taman ini juga rumah bagi National Orchid Garden yang merupakan taman reservasi bunga Anggrek seluas tiga hektar untuk menikmati koleksi 600 spesies dan hybrid. Daya tarik utama dari taman anggreknya adalah 4 zona yang dibagi berdasarkan warna koleksi bunga. Seolah menelusuri lorong waktu yang dipandu oleh kekayaan alam Singapura.

Hal yang bisa dilakukan di Singapore Botanic Gardens:
- Menikmati anggrek di National Orchid Garden
- Menulusuri taman tematik
- Datang ke konser musik gratis
- Tur keliling taman gratis
- Main bersama anak di Jacob Ballas


Photo by National Parks Board

Lokasi:1 Cluny Rd, Singapore 259569
Jam buka: 05.00 - 24.00 (setiap hari)


2. Bersantai bareng Keluarga di Pasir Ris Park


Photo by National Parks Board

Pasir Ris Parkadalah pilihan paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Anak-anak sampai orang dewasa gak akan kehabisan aktifitas di taman ini, walaupun berkunjung seharian penuh. Kita bisa bermain sepatu roda, bersepeda, olahraga air, menyewa barbeque sampai kuda poni.

Gak hanya fasilitas modern, Pasir Ris Park juga cocok untuk pecinta alam karena terdapat hutan mangrove seluas 6 hektar. Menara setinggi tiga lantai juga tersedia untuk mengamati beraneka jenis burung berkativitas di habitat alami mereka.


Photo by National Parks Board

Taman ini juga dilengkapi area playground yang luas dengan berbagai macam permainan. Ayunan, perosotan, jembatan, rintangan berbukit, labirin mini, akan membuat semua anak betah berlama-lama di sini. Orang tua gak akan keberatan karena bisa membahagiakan anak tanpa harus keluar uang banyak.

Hal yang bisa dilakukan di Pasir Ris Park:
- Bersepeda dan meluncur dengan sepatu roda
- Menulusuri hutan mangrove
- Makan di restoran taman
- Melihat burung dari menara
- Camping


Photo by National Parks Board

Lokasi:sepanjang Pasir Ris Road sampai Jalan Loyang Besar
Jam buka: 07.00 - 19.00


3. Refleksi Diri di Kent Ridge Park


Photo by National Parks Board

Kent Ridge Parkadalah taman yang tepat untuk menemukan ketenangan di tengah kesibukan Singapura. Kita akan segera lupa dulunya area taman ini merupakan medan pertempuran di perang dunia II setelah merasakan hembusan angin sejuk di antara pepohonan rindang. Tempatnya jarang ramai pengunjung sehingga kita bisa banyak menemukan waktu buat diri sendiri.

Mengarahlah ke bagian atas taman untuk menelusuri jalanan yang sepanjang sisinya tumbuh pohon-pohon cantik. Telusuri sampai kamu menemukan titik untuk melihat garis pantai dari atas, mungkin kamu bisa membayangkan bagaimana daerah itu sangat mendukung strategi perang di masa lalu.


Photo by National Parks Board

Uniknya, Kent Ridge Park punya jalur sepanjang 280 meter ke Pepys Road di mana kita bisa melanjutkan perjalanan ke Hortpark, Telok Blangah Hill Park, dan Mount Faber sebagai bagian dari Southern Ridges Walk.

Hal yang bisa dilakukan di Kent Ridge Park:
- Menikmati pepohonan rindang
- Berjalan di atas kanopi
- Bersepeda gunung
- Olahraga di area fitnes
- Menelusuri sejarah di Bukit Chandu


Photo by National Parks Board

Lokasi:Vigilante Dr, Singapura 118176
Jam buka: 7 x 24 jam


4. Bersantai di Pantai East Coast Park


Photo by Singapore Tourism Board

Ini dia salah satu taman terluas di Singapura, mungkin satu hari aja keliling East Coast Parkbelum akan cukup. Tamannya memanjang dari kota sampai Xilin Avenue lengkap dengan pemandangan pantai selatan yang berpasir putih.

Tapi tenang aja, kita gak akan tersesat di sini kok gan. Area-area dari taman dilabeli dengan huruf A sampai H, sehingga kita bisa selalu tau apa transportasi terbaik buat masuk atau keluar taman.


Photo by National Parks Board

Area A adalah zona yang paling dekat dengan kota sedangkan area H adalah zona yang paling dekat dengan Changi. Kamu bisa memasukkan East Coast Park ke itinerary setelah datang atau sebelum meninggalkan Singapura.

Hal yang bisa dilakukan di East Coast Park:
- Main di pantai pasir putih
- Mencoba olahraga air
- Meluncur dengan skateboard
- Memancing
- Barbeque bersama keluarga


Photo by Singapore Tourism Board

Lokasi:E Coast Park Service Rd, Singapura
Jam buka: 7 x 24 jam


5. Bersatu dengan Alam di Coney Island Park


Photo by National Parks Board

Taman selanjutnya memang lain dari yang lain. Tempatnya agak terisolasi, tapi justru itu yang membuat Coney Island Parklayak dikunjungi. Area hijau ini juga menyimpan jalur-jalur yang belum pernah ditelusuri sebelumnya sehingga cocok untuk jiwa petualang.

Dulunya pulau ini cuma bisa dikunjungi dengan kapal, tapi sekarang sudah ada dua jembatan yang terhubung ke Coney Island. Walaupun titik terdekat pulau ini hanya berjarak 100 meter dari daratan Singapura, kamu tetap akan mendapatkan nuansa alam yang gak tersentuh tangan manusia.


Photo by National Parks Board

Tapi bukan berarti taman ini benar-benar gak ada kehidupan ya, Gan. Hanya saja memang dikondisikan sedemikian rupa supaya alamnya tetap terjaga. Jalanan disediakan buat kamu yang ingin bersepeda, trotoar di pinggir laut bisa kamu manfaatkan buat memandang kapal-kapal yang melewati tepi Johor.

Hal yang bisa dilakukan di Coney Island Park:
- Foto di depan gerbang ikonik Coney Island
- Berkeliling dengan sepeda
- Bertemu berang-berang dan banteng
- Uji tangkas di Casuarina Exploratory
- Bersantai di pantai pasir putih


Photo by Coney Island

Lokasi:Punggol Promenade Nature Walk, Singapura 829325
Jam buka: 07.00 -19.00 (setiap hari)


Gak cuma sebagai alternatif tempat ngadem di Singapura, taman-taman ini juga bisa masuk itinerary buat liburan yang lebih ekonomis. Kamu gak perlu membayar sepeserpun buat menikmati alam Singapura, bahkan untuk mengisi perut lebih baik bawa bekal aja.

Buang jauh-jauh mindset kalau liburan di Singapura itu mahal. Asalkan tau mana aja tempat yang bisa kamu maksimalkan, dijamin jalan ke Kota Singa bukan lagi sekadar angan-angan.
Diubah oleh travelaround 02-09-2019 05:56
gal182farinamanytata604
tata604 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
21.5K
138
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan