RetnoQr3n
TS
RetnoQr3n
BJ. Habibie, Inspirasi Dan Keteladanan Dalam Pendidikan
Keteladanan BJ. Habibie


Sumber

Ketika mendengar kabar duka dari media sosial dan portal berita Liputan6tentang meninggalnya seorang tokoh nasional yang pernah menjadi presiden Republik Indonesia, yaitu Bapak BJ. Habibie.

Memori ane terbang ke masa di mana pertama kali nama itu muncul dan tertanam di ingatan. Saat itu, guru SD ane menceritakan tentang peluncuran sebuah pesawat terbang karya anak bangsa.

Waktu itu, yang ane pikirkan adalah : Keren banget, ya, bisa bikin pesawat terbang.

Tidak sampai di sana, guru ane memotivasi, bahwa semua orang tidak peduli dia dari luar negeri atau Indonesia mampu membuat pesawat terbang, asalkan mau berusaha untuk memiliki kemampuan itu.

Semakin lama, ane mengikuti kiprah beliau. Hingga menonton setiap wawancara eksklusif bersama Bapak BJ. Habibie ditelevisi nasional.

Di sana ane menemukan sebuah inspirasi dan keteladanan, dari seorang pribumi yang mengejar cita-cita hingga ke luar negeri.

1. Semangat dan fokus mengejar cita-cita

Sekarang, ane menjadi seorang guru. Ya, memang ane belum pernah belajar ke luar negeri, tapi harapan itu masih ada. Cita-cita itu tidak pernah pupus. Ane terus menyemangati diri dengan memotivasi anak-anak didik.

Agar mereka tetap fokus dan semangat meraih cita-cita. Bagaimanapun halangan yang mencegat dan rintangan harus diterjang dengan baik.

2. Semakin rendah hati

Ada pepatah yang mengatakan: Ilmu padi, semakin berisi semakin menunduk.

Mungkin, bagi ane itu bisa disematkan kepada Bapak BJ. Habibie. Dari setiap tindak tanduknya, setiap tutur katanya, jarang ane lihat beliau membanggakan diri sendiri dan merendahkan orang lain.

Pendidikan dengan karakter inilah yang harus ditanamkan oleh anak-anak Indonesia. Tidak menjadi sombong ketika di atas, dan tidak rendah diri ketika di bawah.

3. Jiwa nasionalis

Sudah teruji bagaimana jiwa nasionalis beliau. Bahkan saat Bapak BJ Habibie di tawari kewarganegaraan Jerman, ia memilih untuk kembali ke Indonesia.

Memajukan perindustrian pesaeat terbang di Indonesia, memajukan bangsa, dan terus menginspirasi kami, pemuda dan pemudi Indonesia.


4. Jiwa Sosialis

Bukan hanya genius dan nasionalis yang dimiliki beliau. Akan tetapi, jiwa sosialnya pun sangat tinggi.

Hal ini, dibuktikannya dengan turut aktif dalam membangun fasilitas-fasilitas kesehatan untuk warga Indonesia.

Berdasarkan informasi yang ane terima, terdapat dua fasilitas kesehatan di mana Bapak BJ Habibie turut serta dalam pendiriannya :
Klinik mata Dr. Hasri Ainun Habibie di Bogor (Republika) dan Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny. RA. Habibie di Bandung (Republika).

Itulah sedikit yang bisa ane tuliskan dari sekian banyak keteladanan yang diberikan oleh Alm. Bapak BJ Habibie.

Selamat jalan Bapak BJ Habibie,
Semoga Allah mengampuni dosanya, menerima amalannya, dan melapangkan kuburnya.

Terimakasih telah memberikan keteladanan dan menjadi inspirasi bagi anak negeri ini.

Spoiler for Wawancara eksklusif BJ. Habibie:


Salam Hangat,
Retno Qren (RetnoQr3n)


Referensi : 1, 2, 3
TaraAnggaraYulianAnggitalapakbelakang2
lapakbelakang2 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
7.3K
68
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan