futuregeeks
TS
futuregeeks
Jelang Proses Pemakaman BJ Habibie, 3 Jalan Protokol Bebas Ganjil-Genap
Kamis 12 September 2019, 05:36 WIB
Ini Rangkaian Proses Pemakaman Jenazah BJ Habibie
Faiq Hidayat - detikNews



Jakarta - Jenazah Presiden RI ke-3 BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, pada siang hari ini. Upacara pemakaman akan dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berikut ini rangkaian proses pemakaman BJ Habibie dalam keterangan Sekretaris Pribadi Rubijanto, Kamis (12/9/2019).

- Pukul 12.30 WIB di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jakarta Selatan, upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah.

- Pukul 13.00 WIB jenazah diberangkatkan dari rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3, Jaksel, menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata.

- Pukul 13.30 WIB, prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata. Inspektur upacara Presiden Joko Widodo.

BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto pada pukul 18.05 WIB. Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, menyatakan jantung sang ayah akhirnya menyerah.

"Meninggal karena sudah menua, kemarin kan saya katakan gagal jantung karena penuaan," kata Thareq di RSPAD, Rabu (11/9).

Habibie akan dimakamkan di sebelah makam sang istri, Ainun Habibie. BJ Habibie-Ainun akan menempati slot nomor 120-121 di TMP Kalibata.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat dan lembaga kenegaraan mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari sebagai penanda hari berkabung nasional. (fai/dnu)

https://news.detik.com/berita/d-4702...zah-bj-habibie

--

Kamis 12 September 2019, 05:59 WIB
3 Jalan Protokol DKI Bebas Ganjil Genap Jelang Pemakaman Habibie
Danu Damarjati - detikNews



Jakarta - Pembatasan arus lalu lintas ganjil genap ditiadakan untuk pagi ini, khusus untuk tiga jalan protokol di Ibu Kota. Bagi warga yang hendak melayat Almarhum BJ Habibie, silakan lewat jalur bebas ganjil genap ini.

Kebijakan ini diambil Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk menghormati masyarakat yang hendak bertakziah. Berikut adalah tiga jalan yang dibebaskan dari ganjil genap pagi ini.

-Jl HR Rasuna Said
-Jl Jenderal Gatot Subroto
-Jl MT Haryono

Tiga ruas jalan itu bebas aturan ganjil genap pukul 06.00-10.00 WIB. Aturan ganjil-genap di tiga kawasan untuk sore hari, yakni pukul 16.00-21.00 WIB, tetap berlaku.

Jenazah BJ Habibie saat ini disemayamkan di rumah duka di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Informasi yang diterima detikcom, jenazah akan dimakamkan di TMP Kalibata pada Kamis (12/9) siang.

Sebelumnya, Anies Baswedan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang hendak melakukan takziah ke rumah duka BJ Habibie. Karena itu, aturan ganjil-genap ditiadakan besok, khusus pagi hari.

"Untuk beri kesempatan masyarakat yg hendak takziyah ke rumah duka alm. Pak Habibie, maka khusus pada Kamis PAGI (12/9), aturan ganjil-genap tidak diberlakukan di Jl. HR Rasuna Said, Jl. Gatot Soebroto dan Jl. MT Haryono," cuit Anies pada Rabu (11/9) malam.

"SORE tetap BERLAKU," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, perluasan kawasan ganjil-genap diberlakukan mulai Senin (9/9) lalu. Ada 25 rute ganjil genap yang kena perluasan, termasuk tiga ruas jalan protokol di atas. (dnu/fai)

https://news.detik.com/berita/d-4702...akaman-habibie


--

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
eriksadanQeulermaboq
ulermaboq dan 14 lainnya memberi reputasi
15
7.8K
78
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan