mengejaAvatar border
TS
mengeja
7 Olahraga Beregu Ini Populer Banget di Negara Lain, Tapi Gak di Indonesia


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om Swastiastu. Namo Buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Ane mau membahas tentang 7 olahraga beregu yang populer banget di negara lain, tapi gak di Indonesia. Bahkan mungkin sebagian dari GanSis belum pernah mendengar salah satu nama olahraga ini sebelumnya.

Seperti kita tahu bahwa olahraga itu penting banget buat kesehatan. Bukan cuma kesehatan jasmani, tapi juga rohani. Ibarat kutipan dalam sastra berjudul Satire X karya seorang pujangga Romawi, Decimus Iunius Juvenalis yang bilang “mens sana in corpore sano” yang artinya: di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.

emoticon-I Love Indonesia

1. Cricket (Kriket)


Cricket adalah olahraga beregu yang awalnya berasal dari Inggris, lalu tersebar ke negara-negara jajahannya. Cricket populer banget di negara-negara Commonwealth (Persemakmuran) dan anglophone (penutur Bahasa Inggris), seperti Afrika Selatan, Australia, India, Pakistan, Selandia Baru, Sri Lanka, Zimbabwe, dll.

GanSis tahu gak kalau cricket ini olahraga yang jumlah penggemarnya terbanyak kedua setelah sepak bola? Ya, total ada 2,5 miliar penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Mungkin alasan cricket gak populer di Indonesia karena sejarah. Inggris kan cuma sebentar di Nusantara, jadi gak sempat mengajarkan cricket hahaha. Cricket sama kasti serupa, tapi gak sama. Kapan-kapan ane jelaskan, ya.



2. Field Hockey (Hoki Lapangan)


Field Hockey adalah olahraga beregu yang juga sangat populer di negara-negara Commonwealth (Persemakmuran) dan anglophone (penutur Bahasa Inggris), seperti Amerika Serikat, Afrika Selatan, Australia, India, Kanada, Malaysia, Pakistan, Selandia Baru, Sri Lanka, dll.

Sama seperti sepak bola yang menuntut gol, perbedaannya field hockey menggunakan tongkat untuk menggiring bola. GanSis tahu gak kalau field hockey ini olahraga yang jumlah penggemarnya terbanyak ketiga setelah sepak bola dan cricket? Ya, total ada 2 miliar penggemar yang tersebar di seluruh dunia.

Sssttt, tetangga kita Malaysia jago loh di olahraga ini. Mereka langganan ke Piala Dunia Hoki Lapangan dan saat ini berada di ranking 12 dunia! Wadidaw! Omong-omong di Indonesia lapangan field hockey baru ada di Jakarta doang. Field hockey identik dengan olahraga mahal karena harus membeli tongkat dan pelindung yang harganya lumayan.



3. Handball (Bola Tangan)


Handball ini bukan pas bermain sepak bola pelanggaran gara-gara terkena tangan, ya! Handball adalah olahraga beregu yang berasal dari Denmark. Olahraga ini populer banget di Eropa, Australia, Amerika Serikat, Brazil, Asia Timur, dan beberapa negara Afrika.

Mau tahu handball kaya mana? Bayangkan permainan futsal, tapi oper-operan dan mencetak skornya menggunakan tangan. Handball gak populer di Indonesia memang karena gak ada yang bermain. Padahal kalau melihat sarana bisa loh bermain di lapangan futsal, walaupun berbeda ukuran lapangan sedikit.



4. Ice Hockey (Hoki Es)


Ice hockey mirip sama field hockey, perbedaannya mereka meluncur di atas es. Pasti GanSis tahu olahraga ini karena sering muncul di film-film Barat khususnya yang berlatar Amerika Serikat dan Kanada. Pemainnya menggunakan pelindung kepala, bahu, lengan, dan lutut untuk menghindari cedera. Bolanya kecil, pipih, dan keras. Mirip bakwan, tapi agak kecil lagi hahaha.

Ice hockey populer banget di Amerika Serikat, Kanada, Eropa Timur, Skandinavia, Swiss, dll. Ice hockey gak populer di sini mungkin karena gak ada musim salju. Lapangannya juga gak ada dan peralatannya pasti mahal karena ribet.



5. Kabaddi


Kabaddi adalah olahraga beregu yang berasal dari Tamil Nadu, India. Ane pertama kali tahu 3 tahun yang lalu. Respon ane waktu menonton pertandingannya di internet adalah: olahraga apaan ini? Permainannya mirip gobak sodor atau galaksin. Tugasnya cuma menangkap lawan atau mencegah lawan kembali ke daerahnya. Pokoknya lucu, deh. Kalau penasaran langsung ke Youtube saja.

Kabaddi populer banget di Asia Selatan (India, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, dan Nepal). Di luar Asia Selatan, ada Iran dan Inggris yang juga lumayan mengimbangi. Bahkan di Bangladesh dianggap sebagai olahraga nasional dan di Nepal sekolah-sekolah negeri wajib belajar olahraga ini.



6. Polo


Polo adalah olahraga beregu yang dimainkan dari atas kuda dengan tujuan mencetak gol sebanyak-banyaknya. Polo ini olahraga para bangsawan yang cuma bisa dimainkan oleh mereka yang mahir berkuda.

Polo sangat populer di Eropa dan Amerika. Di Indonesia hanya segelintir orang yang memainkannya karena dianggap mahal (harus ada kuda dan lapangan yang luas).



7. Rugby (Rugbi)


Rugby adalah olahraga beregu yang bertujuan mencetak skor dengan cara menyepak, melontar, atau membawa bola ke garis belakang lawan. Olahraga ini berasal dari Inggris dan populer banget di negara-negara Commonwealth (Persemakmuran) dan anglophone (penutur Bahasa Inggris), seperti Amerika Serikat, Afrika Selatan, Australia, India, Kanada, Malaysia, Pakistan, Selandia Baru, dll.

Rugby identik dengan olahraga para pejantan karena terkenal kasar dan lasak. Istilah kerennya full body contact. Hal inilah yang menjadi akar terciptanya American football yang notabene rugby versi “lembut” karena sudah dilindungi pengaman dan peraturan yang lebih ketat.

Spoiler for American Football:

Rugby gak populer di Indonesia, mungkin karena badan orang Indonesia gak segede orang-orang bule. Kan gak lucu kalau melawan Selandia Baru yang juara berkali-kali, baru sekali senggol langsung masuk UGD hahaha.

Spoiler for Timnas Rugby Selandia Baru Saat Memperagakan Haka Sebelum Pertandingan:


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
Wikipedia

Gambar:
Google Images

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star



Mungkin GanSis Berminat Melihat Thread Ane yang Lain Hehe? Silakan Klik Merah-Putih di Bawah Ini!


Diubah oleh mengeja 21-09-2019 05:17
anasabila
4iinch
rotten7070
rotten7070 dan 22 lainnya memberi reputasi
21
19.4K
248
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan