alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jangan Panggil Aku Kribo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d78fa3e68cc957e08121137/jangan-panggil-aku-kribo

Jangan Panggil Aku Kribo

stop rasisme

Jangan Panggil Aku Kribo


Dia menunjuk wajahku, tepat di depan muka sambil berkata, "Dasar dekil, kribo, keturunan Ne*ro!"

Setiap hari, perlakuan itu ane rasakan, ane berdarah Jawa, memiliki kulit sedikit gelap dengan rambut keriting sebahu. Entahlah ....

Sejijik itukah mereka, adakah yang salah dengan pemberian Tuhan ini, aku yang semula diam, sedikit banyak merasa kurang beruntung dengan fisik ini.

Itulah, kisah mengerikan yang sampai saat ini, bertahta bagaikan goresan di atas batu. Rasa sakit itu, seketika muncul, saat ingatan perlakuan Rasis yang sudah terjadi berpuluh tahun silam.

Dianggap guyonan menjadikan perlakuan rasis itu dianggap biasa. Mengolok teman, karena cacat dengan menyebutnya Semper, oh Tuhan ... Adilkah itu, bukankah apa semua ada pemberianmu, atas sifat welas asih yang ada pada dirimu, Tuhan.

***


Dari guyonan menjadi kebiasaan, itulah yang terjadi panggilan dan sebutan buruk. Tak lagi dianggap hal yang tabu, sudah menjadi suatu kewajaran menyebut seseorang sesuai dengan rupa, fisiknya.

Padahal, saat tangis mereka pertama kali berdengung, ayah dan ibunya telah menyiapkan nama terbaik, nama sebagai perwujudan doa.

Lantas, disebut apa orang yang tidak menghormati itu?

Kebiasaan yang menjadi sebuah tradisi, tak bisa dipungkiri, istilah hujan selalu menetes, begitu pula dengan kebiasaan yang menjadi panutan. Secara tidak sengaja, kebiasaan mengolok dan Bullying yang dilakukan, akan dilihat oleh generasi penerus.

Lantas, salahkah mereka jika mencontoh hal itu?bukankah, orangtua dan lingkungan adalah guru terbaik, yang selalu mereka jadikan tokoh kebanggaan ...

***


Rasisme, tidak bisa begitu saja dihilangkan. Karena hal itu sudah menjadi sesuatu yang berlarut-larut. Terjadi berulang dan terus menerus.

Pekerjaan rumah kita dan seluruh lapisan masyarakat adalah Bagaimana caranya agar bullying dan rasisme sedikit demi sedikit bisa dikurangi?

Jika mereka masih anak-anak, ayah dan ibunya lah yang bisa menaklukkan.

jika usia mereka beranjak remaja, dekatilah teman dekat untuk mendengar isi hatinya.

Saat ia telah dewasa ... Dekatilah ia melalui pendamping hidupnya.

***


Harapan akan tinggal harapan, jika rencana tak dilaksanakan. Maka mulai memperbaiki diri adalah cara terbaik. Selanjutnya, orang akan melihatnya sebagai kebiasaan baik yang patut dicontoh. Jika tidal demikian, setidaknya kita telah berusaha. Esok atau lusa kita tak pernah tahu apa yang akan merubahnya.

***


Berhenti berperilaku rasis, hindari membully, kita selamatkan generasi penerus lewat langkah kecil ini.

Semoga tak ada lagi kasus yang menyebabkan perpecahan di negeri tercinta.

Salam damai, dari ruang sunyi di antara gelak tawa yang tak ku hiraukan. Karena berpikir, inilah hidup, yang harus diperjuangkan.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kribo entu mah biasa om. Tapi kalo albino entu luar biasa'
profile-picture
Dharryzone memberi reputasi
Diubah oleh delia.adel
Quote:


Item
Sipit
Monyet
profile-picture
Dharryzone memberi reputasi
Quote:


Enih trid gue rasa punyanya om kepo ya. Bentul kaga om?
profile-picture
Dharryzone memberi reputasi
Quote:


Bukan ...
Skuk belum bikin bantuin yok
profile-picture
Dharryzone memberi reputasi
ya kadang2 yg dipanggil jg biasa aja gt gan.
seakan-akan mengiyakan kalo emang mau dipanggil demikian.
karena dgn PEDE, dia mendeclare kalo nama panggilan dia emang demikian.
kayak temen kerja ane tuh.
namanya subhanallah bagus bgt. Muhammad Ilham Ramadhan.
tp panggilannya "ambon". bukan orang ambon sih dia.. cuma perawakannya aja yg mirip.

tp kalo ane, apapun nama panggilan seseorang, ane selalu panggil nama asli nya.
profile-picture
Dharryzone memberi reputasi
tp panggil aku anak kecil paman emoticon-Wagelaseh
profile-picture
Dharryzone memberi reputasi

kolektor bata


tapi panggil aku keriting emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
Dharryzone dan annaharry memberi reputasi
Padahal keren namanya
profile-picture
Dharryzone memberi reputasi
Rambut keriting dan keribo
lu kurus kering kek kebo
profile-picture
Dharryzone memberi reputasi
keren nih kribo
profile-picture
Dharryzone memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




Terimakasih banyak, pengalaman seorang kawan yang coba saya tuliskan lewat untaian kata.
profile-picture
annaharry memberi reputasi


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di