alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
5 Lagu Rhoma Irama dan Soneta yang Bernuansa Psychedelic Rock
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d78308dc9518b38263299af/5-lagu-rhoma-irama-dan-soneta-yang-bernuansa-psychedelic-rock

5 Lagu Rhoma Irama dan Soneta yang Bernuansa Psychedelic Rock

Rhoma Irama Bukanlah Raja Dangdut, Rhoma Irama adalah Dangdut itu Sendiri

5 Lagu Rhoma Irama dan Soneta yang Bernuansa Psychedelic Rock



Apa itu Psychedelic Rock?
Psychedelic Rock adalah sebuah sub-genre Rock yang terdiri dari beragam jenis musik yang pengaruh utamanya adalah psychedelic culture, budaya seni yang berkait dengan obat-obatan halusinogen seperti LSD. Beberapa band yang terpengaruh pyschedelic culture yang terkenal diantaranya adalah The Beatles di album Sgt Pepper's Lonely Heart Club Band dan Yellow Submarine, kemudian ada juga Led Zeppelin, dan Deep Purple.


Bang Haji dan LSD???
Masa Bang Haji seorang pemakai sih? Percuma dong bikin lagu Mirasantika??? Eitsss, jangan salah paham dulu. Psychedelic rock itu tidak melulu musik yang dibuat saat musisinya lagi giting. Dan untuk kasus Bang Haji, sebenarnya pengaruh psychedelic culture ini tidak secara langsung, melainkan melalui kesukaan Bang Haji dengan Deep Purple yang mempengaruhi beberapa lagunya.

Pengaruh Deep Purple dalam lagu dangdut Bang Haji inilah yang membuat beberapa lagunya memiliki nuansa psyedhelic rock. Alunan kendang berpadu dengan alunan gitar dan piano psyechedelic sepertinya tidak masuk akal, tapi percayalah, setelah anda mendengarkannya anda pasti akan menyadari, "wah anjrit, bisa ya dangdut jadi psychedelic!"


Meninggi Bersama Bang Haji
Baiklah, tidak perlu berlama-lama lagi. Inilah 5 lagu Rhoma Irama dan Soneta yang menurut saya memiliki nuansa psychedelic rock sangat kental.


1. Ghibah
Siapa sangka usaha Rhoma Irama membuat "Child in Time" versi Dangdut malah menjadi sebuah musik dangdut psychedelic yang berisi pesan dakwah. Lagu ini dibuka dengan melodi piano elektrik yang Deep Purple sekali, lalu disambut dengan kendang dangdut khas. Di Bridge lagu ini juga masuk lagi melodi piano yang lagi-lagi sangat Deep Purple lalu diikuti dengan kendang yang masuk dengan sublim.
Spoiler for 1. Ghibah:




2. Seni
Lagu ini dibuka dengan melodi piano yang mirip-mirip dengan melodi piano dalam pembukaan Ghibah, yang membedakan adalah lick gitar pembuka yang terasa sangat dangdut dan rock sekaligus. Keunikan lagu ini adalah di tengah-tengah Rhoma mengajak pendengar ikut bernyanyi, sangat mirip dengan gaya Freddy Mercury berinteraksi dengan para penontonnya, namun dia tidak mengakhiri bagian ini dengan kata-kata tidak jelas yang tidak bisa diikuti ala Freddy namun sebuah teriakan falseto yang meninggi yang merupakan ke khasan Ian Gillian, vokalis Deep Purple.
Spoiler for Seni:



3. Setetes Air Hina
Detik pertama lagu ini akan terdengar link gitar yang akan membuat pendengarnya mengira lagu psychedelic rock seperti apakah Setetes Air Hina ini. Bayang-bayang itu langsung sira seketika ketika dengan cepat melodi gitar itu disusul dengan tepukan gendang yang senada. Selain dari musiknya, lirik di lagu ini teramat mendalam menentang orang-orang kaya dan berkuasa yang penuh kesombongan. Lirik lagu yang sangat cocok jadi lagu gerakan punk dan anarko, namun kendangnya jelas akan membuat massa aksi bergoyang seketika.
Spoiler for Setetes Air Hina:



4. Santai
Kalau ini lebih sakit dari yang sebelumnya sih. Siapa sangka Jimmy Hendrix bisa diajak bergoyang? Gitar pembuka di lagu ini memaki formula lick khas dari Jimmy Hendrix. Ditambah dengan efek dari Wah Pedal membuat tone gitar Bang Haji di lagu ini sangat Jimmi Hendrix sekali. Kemudian dilanjut dengan Bang Haji yang bilang "Santaiiiiiii......." dengan alunan khas musik-musik orang yang lagi giting! Santai broooo..... Oh ya, cover album lagu ini adalah foto Rhoma Irama dengan sitar dan dikelilingi perkusi dengan kostum khas Hippies Movement di era 60an.
Spoiler for Santai:



5. Judi
Sungguh berdosa besar kalau bikin list lagu Rhoma Irama tanpa memasukkan lagu ini. Memang aroma khas psychedelic tidak terlalu terasa di lagu ini, namun menurut saya di sini Bang Haji sudah selesai bereksperimen dengan nada-nada khas musisi rock dunia dan telah menemukan  dangdutnya sendiri yang sangat khas dan belum ada lagi musisi dunia yang memiliki ke-khasan bermusik seperti beliau.
Spoiler for Judi:


Yak, itulah lagu-lagu Bang Haji yang menurut saya bernuansa psychedelic. Lagi-lagi saya mengingatkan, psychedelic tidak melulu soal musik orang giting dan halu. Bahkan di semua lagu di daftar ini semuanya malah berisi pesan moral dan agama. 

Oh ya, yang lebih hebat lagi adalah sebagian besar lagu-lagu ini baik lirik dan musiknya dibuat oleh Bang Haji sendiri. Jika Deep Purple adalah kolaborasi Ritchie Blackmore dan Ian Gillian, lalu Led Zeppelin adalah kolaborasi Jimmy Page dan Robert Plant, maka Soneta hanya butuh Rhoma Irama saja.

Buat yang mau dengeri via Spotify bisa ke playlist yang udah saya buatin: https://open.spotify.com/playlist/5A...Z6I2oXbTe7P5w


Sumber tulisan: imajinasi penulis
Sumber video: Youtube
profile-picture
profile-picture
jlamp dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh death_eaterz
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Reserved
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Bang haji,,, ini gabungan antara IAN GILLIAN dan RITCHIE BLACKMORE... emoticon-Cool
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Quote:


Bener juga kalau di denger dengerin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Mantap mang!
profile-picture
profile-picture
cilaleksingo dan kakekane.cell memberi reputasi
Jadi bang Ical, ente Dangduters atawa penggemar rock sih btw ?
emoticon-Jempol
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Betuls sekali, paket komplit!!

Quote:


Kan saya rockers penikmat dangdut, hahaha.
Btw ini sapa neh...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jlamp memberi reputasi
Quote:


Spotify user Bang... Kan ente ada playlistnya
Hehhehe
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan death_eaterz memberi reputasi
Monata dan cak Shodiq >>>>>> Rhomaemoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post areszzjay
Cak Shodiq is overrated. Change my mind emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


I cant change your mind but I can give you chendolemoticon-Recommended Seller
Quote:


Maaciw emoticon-Kiss (S)
profile-picture
areszzjay memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di