alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
300 Mahasiswa Pulang Kampung, Gubernur Papua Kebingungan
4.63 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d76f102a2d1956ea51ed7df/300-mahasiswa-pulang-kampung-gubernur-papua-kebingungan

300 Mahasiswa Pulang Kampung, Gubernur Papua Kebingungan

300 Mahasiswa Pulang Kampung, Gubernur Papua Kebingungan

300 Mahasiswa Pulang Kampung, Gubernur Papua Kebingungan


JAYAPURA, KOMPAS.com — Sekitar 300 mahasiswa asal Papua, yang sebelumnya berkuliah di sejumlah daerah di Indonesia, kini telah kembali ke Jayapura.

Mengetahui hal tersebut, Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku kaget karena sebelumnya Panglima TNI dan Kapolri telah memberikan jaminan keamanan bagi mahasiswa dan pelajar asal Papua yang menempuh pendidikan di luar Papua.

"Memang sudah ada imbauan dari kami, saya arahkan waktu itu, kalau di NKRI tidak aman, kami pulangkan. Tapi ini aman, kenapa pulang, untuk apa?" tutur Lukas di Jayapura, Senin (9/9/2019).

Lukas menyayangkan sikap para mahasiswa yang tidak berkoordinasi dengan pemerintah daerah yang mengirim mereka berkuliah. Terlebih, saat ini rekonsiliasi sedang dilakukan dan seluruh institusi terkait telah memberikan jaminan keamanan bagi seluruh mahasiswa asal Papua.

Namun, Lukas memastikan pemerintah daerah akan bersedia memfasilitasi para mahasiswa tersebut bila mereka bersedia kembali berkuliah di tempat sebelumnya.

"Jadi sekarang ini kami pusing mau taruh mereka (kampus mana). Kami akan panggil Gubernur, MRP dan DPR Papua Barat, Direktur Unima, Rektor Uncen, dan para bupati/wali kota untuk bicara kepulangan mahasiswa dalam jumlah besar tanpa pemberitahuan," ujar Lukas.

Lukas mendapat dapat informasi bahwa sudah lebih dari 300 mahasiswa asal Papua yang telah kembali ke Jayapura. Sekitar 200 orang dari Manado dan lainnya dari Pulau Jawa.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib menyebut sudah ada utusan dari Kapolri yang meminta MRP meninjau kembali maklumat yang dikeluarkan. Isi maklumat tersebut salah satunya adalah apabila mahasiswa dan mahasiswi Papua tidak merasa nyaman dan tidak ada perlindungan dari provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia, mereka bisa kembali ke Papua.

"Kami akan menggelar rapat untuk melihat kembali maklumat kami karena jangan-jangan maklumat kami itu dijadikan dasar oleh adik-adik kami pulang," kata Timotius.

https://regional.kompas.com/read/201...ua-kebingungan


---

Apa masih trauma.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 16 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
Lah kmrn loe yg koar2... Skrg loe yg kebingungan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
littlevan dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Intinya sih cuma 1 doang

BACOD
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rhapsodoss dan 13 lainnya memberi reputasi
dikit dikit ngancam merdeka
ngacem kok dikit dikit

liat noh aceh, gak pernah mewek, pdhl prov kaya dgn canabis nya emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
memetrivaldo dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
biarin aja, kuliah jg pada males2an gitu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vauzy dan 11 lainnya memberi reputasi
di Ibukota ada juga kok, bacod dulu dipikir belakangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EdwinSyn dan 5 lainnya memberi reputasi
itu maklumat nya "klo tidak merasa nyaman" ya repot lah
org yg salah ngambil jurusan jg kaga nyaman kuliah nya jir
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
memetrivaldo dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kasih libur satu bulan, mungkin mereka khawatir keadaan keluarga di kampung, makanya pulang utk nengok dl
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
itu ajudannya pak gub keliatannya ngantuk banget emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ebureg dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kemaren disuruh pulangemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Maaf klo oot Orang Papua boleh bilang Nig GA gak ? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vauzy dan 7 lainnya memberi reputasi
taruh di rumah keluarganya masing2 lah emoticon-Cape d...

sebaiknya langsung koordinasi sama gubernur papua barat, ratusan mahasiswa mau diapain tuh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tiyorahmat
Mungkin karena sudah lama ngak pulkam, jadinya kangen kampung halamannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 5 lainnya memberi reputasi
bodo amat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
Lukas mendapat dapat informasi bahwa sudah lebih dari 300 mahasiswa asal Papua yang telah kembali ke Jayapura. Sekitar 200 orang dari Manado dan lainnya dari Pulau Jawa.

Gak salah nih? Kok yang eksodus yang dr manado?
Ada apa di manado?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rhapsodoss dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wahhhh gitu yahh......bisa pulang..hmmhh
profile-picture
profile-picture
simsol... dan kakekane.cell memberi reputasi
Bukannya perkuliahan sedang jalan y skr? Apa udah pada siap ngulang satu semester kah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 2 lainnya memberi reputasi

yg gw inget dr ini org:
1. papua tak butuh pembangunan, papua butuh kehidupan...
2. badan tambun bulet rata.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post pembela.tuhan
di sumut ada tuh yg dari sana udah berkali2 pindah jurusan ttp aja g beres emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Ngabisin duit negara!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


akibat bergaul dengan ras matpetak emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan superdede101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di