kangmox208Avatar border
TS
kangmox208
Siapkan Segalanya dengan Kymco Metica 125
Ngendarai motor jarak jauh (turing) rasanya lebih asik ketimbang naik pesawat atau mobil. Entah kenapa saat ngejalanin ritual ini rasanya plong banget pikiran ini, bahkan gak sedikit ide yang muncul saat riding.



Setidaknya dari beberapa tahun punya motor perjalanan solo riding yang paling jauh adalah ke Bukittinggi, Sumatera Barat tahun 2004-2015. Bukan karena perjalanannya yang lama, tapi emang waktunya itu di akhir Desember 2014 sampai awal Januari 2015.

Dua kekurangan yang dirasa dari pengalaman ini adalah motor dan jarak. Motor yang digunakan adalah Honda Vario 125 ISS. Bukan karena motor ini rewel bin ngerepotin melainkan karena jenisnya skuter matik. Saat jalan itu yang ada jenuh karena hanya muter gas dan neken rem saat dibutuhin.

Tapi dinikmati saja, karena saat ini pun setelah November 2018 kemaren ngeluarin itu motor dapetnya skutik lagi, tepatnya sih Jetmatic. Karena Kymco memberi nama untuk motor matik 4tak pertama di Indonesia ini seperti itu.

Adapun kekurangan yang kedua adalah rute yang dipilih masih dekat. Pengennya sih bisa langsung ke KM 0 di Sabang sana. Tapi apalah daya saat cadangan rupiah menipis dan qodarullah dapet kerjaan di Palembang.

Nah sekarang yang dihadapi bukan karena jenisnya yang metik, melainkan karena ini motor yang dipake keluaran tahun 2005 dan belum ada keterampilan dasar tentang permesinan motor.


Mungkin jika makenya tahun 2005 gak perlu khawatir karena ditahun yang sama Kymco memecahkan rekor MURI dengan Nonstop 100 Jam. Dan satu rekor lg datang dari Kementrian Lingkungan Hidup atas rendahnya emisi gas buang yg sudah Euro 2.

Meski perjalanan 12-15 September 2019 nanti hanya ke Gunungkidul, Yogyakarta tapi tetep aja was-was. Apalagi kalo inget mekanik langganan yang bilang saat motor mogok langsung dikiloin aja. Haha.

Jarak tempuh ke Gunungkidul kurang lebih 600 KM. Angka segitu diambil dari titik awal perjalanan, Kota Depok, Jawa Barat.

Sebelumnya Kymco Metica 125cc ini telah dipake turing rombongan ikhwah Bikers Sunnah Indonesia ke Pesantren Riyadhussholohin di Cimanuk, Pandeglang. Jarak tempuh dari Depok kesana kurang lebih 274 KM.

Selama perjalanan nyaris gak kewalahan meski yang lain pakenya Xmax 250, CRF 250 dan paling mendekati cc nya adalah Nmax 150. Cuma ditrek lurus dan gelap tertinggal jauh. Iya, karena Metica dirasa lemahnya di lampu dan top speed.



Jadi kalau pun gak ada halangan perjalanan ke Gunungkidul nanti dua kali lipat dari Depok-Pandeglang.

bismillah ya semoga semua dilancarkan. Entah itu motor, fisik dan keuangannya. Hahaha.

Kalao ada pengalaman turing pake motor yang bikin was-was ana tunggu ya ganSista.
Diubah oleh kangmox208 07-09-2019 14:36
0
3.1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan