alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ajarkan Anak Gunakan Gawai untuk Kerja, Bukan Cuma Hiburan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d736cb110d2957c480e861d/ajarkan-anak-gunakan-gawai-untuk-kerja-bukan-cuma-hiburan

Ajarkan Anak Gunakan Gawai untuk Kerja, Bukan Cuma Hiburan

Gatra.com | 07 Sep 2019 10:46

Jakarta, Gatra.com - Pakar Pendidikan dan Sains, Indra Charismiadji, menyarankan, orang tua memgenalkan gawai (gadget) kepada anak-anak sejak dini sepanjang penggunaannya positif.

"Kalau anak tidak diajarkan untuk menggunakannya sebagai alat kerja, tapi hanya alat hiburan, nanti jadinya negatif," katanya dalam dalam Seminar "Sains Digital Dari dan Untuk Anak" di Hongkong Cafe, Jakarta, Jumat (6/9).

Indra menyayangkan orang tua dan anak banyak yang sama-sama tidak tahu bagaimana caranya menggunakan gawai secara benar. Salah satunya melalui aplikasi-aplikasi pemograman yang memungkinkan anak merancang sebuah perangkat lunak sederhana.

"Mereka akan jadi kecanduan [gawai] yang baru, tapi produktif. Ini tinggal mengeser saja dari pengguna jadi pencipta," ucapnya.

Selain itu, ia berpendapat, pengenalan gawai kepada anak-anak sangatlah penting mengingat kebanyakan pekerjaan dengan penghasilan layak terkait dengan penggunaan teknologi tinggi.

Oleh karena itu, Indra tidak setuju terhadap sikap sebagian orang tua yang melarang penggunaan gawai bagi anak-anak.

"Kalau dilarang malah mencari jalan. Kakau anak bisa memilih mana yang baik atau tidak akan luar biasa," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Riset dan Pengembangan Kalbe Group, Pre Agusta, menyampaikan, penggunaaan teknologi digital ibarat pisau yang kebermanfaataannya bergantung kepada penggunanya.

Pre berharap penggunaan gawai dapat berperan positif dalam mendorong daya inovasi dan kreativitas anak-anak. "Harapannya penggunaan gadget positif meningkat. Oleh karena itu, kita melihat gadget sebagai alat produktif, bukan alat hiburan saja," ujarnya.

Perancang aplikasi, Muhammad Hafizh Bayhaqi (12 tahun), mengatakan, pengalamannya merancang berbagai aplikasi permainan edukatif berawal dari kebiasannya menggunakan aplikasi pemograman.

"Aplikasi pertama, [yang dirancang adalah] 'Kuis Matematika'; kedua, 'Puzzle Kartini'; ketiga, 'Good Math'," ungkapnya.

Selain aplikasi, Hafizh juga mengembangkan laman https://www.pintar.online/amp, sebuah sistem manajamen belajar (Learning Management System) bagi para pelajar.

Reporter: Syah Deva Ammurabi
Editor: Iwan Sutiawan

https://www.gatra.com/detail/news/44...n-cuma-hiburan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Gawai apa yang benar-benar urgent?

Gawai darurai. emoticon-Leh Uga



emoticon-Traveller
Quote:


Gawat darurat, Paijo! emoticon-Blue Guy Bata (L)
Saran yang baik
gw baru tau istilah gawai/gadget
Yang lebih penting sebenarnya adalah, hape jangan jadi pengganti pengasuh. Anak masih perlu sosok orangtua, jangan ditelantarkan.

Kalau si bapak ada di sisi anak sedang main hape, juga itu akan baik, karena bisa diawasi dan diatur langsung.
kadang miris sih ngeliat anak kecil yg hpnya diambil dikit terus nangis, banyak keponakan yg kek gitu pdhl lagi kumpul keluarga. terus miris juga kalo lagi di tempat makan gitu mereka sekeluarga makan bareng tapi anak sekecil itu makan sambil nonton youtube/main game emoticon-Frown


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di