adolfsbasthianAvatar border
TS
adolfsbasthian 
50 Karakter Psycho Terbaik Dalam Film!
Hallo Agan/Aganwati… Selamat datang di trit Ane yang sederhana ini… Semoga berguna buat Agan/Aganwati yang haus informasi tentang apa pun… emoticon-Embarrassment

Langsung aja… Ane membahas 50 Karakter Psycho Terbaik Dalam Film!



Waaah... HT Ane yang ke-7! Rabu, 18 Februari 2015!

Spoiler for HT:


Masuk Top Threads juga!

Spoiler for Top Thread:


PSYCHO adalah sebuah gangguan psikologis. Selama ini sudah banyak film yang menampilkan orang-orang psycho yang sebagian besar digambarkan sebagai tokoh jahat.

Secara umum, kriminalitas biasanya terjadi karena beberapa alasan, misalnya seseorang merampok karena butuh uang, membunuh karena dendam, dan mencuri karena malas. Tetapi kadang ada penjahat yang melakukan tindakan kriminal karena faktor PSYCHO. Orang “normal” yang melakukan kejahatan tanpa alasan jelas, cenderung untuk bersenang-senang. Mungkin merekalah yang disebut penjahat tulen. emoticon-Takut (S)

Berikut, 50 karakter psycho terbaik…

50. Early Grace
Dalam: Kalifornia(1993)
Pemeran: Brad Pitt
Sutradara: Dominic Sena

Spoiler for Kalifornia:


Brian (David Duchovny) dan Carrie (Michelle Forbes) punya rencana memulai kehidupan baru di California. Mereka rela memberi tumpangan kepada Early dan pacarnya Adele (Juliette Lewis). Tak disangka, kelakuan Early semakin lama semakin tak terkendali. Mabuk, membunuh Adele, merudapaksa Carrie dan menyerang Brian. Mau tak mau, Brian harus berbalik melakukan perlawanan terhadap Early.

Film ini menarik karena kehadiran Pitt dan Duchovny yang saat itu belum terkenal. Memang bukan film yang masuk kategori sangat bagus, tapi penampilan Pitt dengan jenggot dan rambut tak rapi semakin mengesankan tipikal penderita gangguan jiwa.

49. Louis Mazzini
Dalam: Kind Hearts and Coronets(1949)
Pemeran: Dennis Price
Sutradara: Robert Hamer

Spoiler for Kind Hearts and Coronets:


Louis D’Ascoyne-Mazzini punya kharisma, gaya dan moral yang membuat dia menjadi karakter menarik. Film ini berdasarkan novel karangan Roy Horniman dengan Hamer sebagai penulis naskah dan sutradara. Pada zaman film yang masih hitam-putih itu, penampilan Price yang tenang dan dingin justru menimbulkan kesan menakutkan.

Mulanya Mazzini dan ibunya adalah golongan ningrat dari keluarga besar D’Ascoyne, tapi karena ibunya memaksa menikah dengan penyanyi opera, ibunya pun diusir orangtua. Setelah dewasa, Mazzini memutuskan untuk menjadi seorang Duke dalam keluarga, dan untuk mencapainya, dia melakukan berbagai macam cara, termasuk yang paling keji.

48. The Mantle Twins
Dalam: Dead Ringers(1988)
Pemeran: Jeremy Irons
Sutradara: David Cronenberg

Spoiler for Dead Ringers:


Di film ini Irons menjadi dua orang kembar, Beverly Mantle dan Elliot Mantle. Berkat efek komputer, Irons bisa tampil dua dalam satu adegan. Kembar ini dikisahkan sangat identik, bahkan keduanya sama-sama berprofesi sebagai dokter. Masalah utama muncul setelah mereka jatuh cinta pada perempuan yang sama. Awalnya, perempuan itu tidak menyadari, tapi pada akhirnya tahu karena yang satu lebih agresif dibanding yang lain hingga mendatangkan masalah pada banyak orang.

47. Mother
Dalam: Mother’s Day(1980), Mother’s Day (2010 – remake)
Pemeran: Rose Ross, Rebecca De Mornay
Sutradara: Charles Kaufman, Darren Lynn Bousman

Spoiler for Mother’s Day (1980):


Spoiler for Mother’s Day (2010):


Dia adalah perempuan abnormal yang tinggal di hutan bersama dua orang puteranya, Ike (Holdem McGuire, Patrick Flueger) dan Addley (Billy Ray McQuade, Warren Kole). Karena senang melihat tindakan pemerkosaan dan penyiksaan, dia menyuruh Ike dan Addley menculik orang-orang yang masuk ke hutan untuk disiksa sampai mati.

Begitu sadisnya film ini, banyak negara yang melarang peredarannya. Di Australia, Mother’s Daypernah dirilis di bioskop dengan rating “Dewasa,” tapi kemudian dibatalkan dan dilarang sama sekali hingga hari ini. Sementara di Inggris, Mother’s Day akhirnya ditayangkan tahun 2006 di salah satu stasiun televisi, Horror Channel. Tahun 2010, film ini di-remake dengan menambahkan karakter putera ketiga, Johnny (Matt O’Leary). Sayang, gagal di pasaran. Dengan biaya pembuatan sebesar 11 juta dolar Amerika, pemasukannya hanya 870 ribu dolar Amerika.

46. Edward “Ed” Theodore Gein
Dalam: Ed Gein (In the Light of the Moon – 2000)
Pemeran: Steve Railsback
Sutradara: Chuck Parelo

Spoiler for Ed Gein:


Kisah nyata tentang Ed Gein yang dibesarkan oleh ayahnya, si pemabuk, dan ibunya yang terobsesi dengan “kehidupan suci,” takut akan dosa. Lingkungan keluarga yang tidak wajar membentuk dirinya menjadi seorang laki-laki dengan kelainan jiwa yang aneh. Setelah dewasa, Ed merasa senang membunuh, makan daging manusia, mengoleksi tulang manusia, bahkan membuat baju dan topeng dari kulit manusia. Ed ditangkap polisi pada 1957 dan ditempatkan di rumah sakit jiwa Wisconsin, Amerika Serikat. Dia menghabiskan sisa hidupnya di sana hingga meninggal dunia pada 1984.

Dalam ajang Spain’s Citges International Film Festival, film ini meraih penghargaan sebagai Film Terbaik. Sementara Railsback yang memerankan Ed, diganjar penghargaan Aktor Terbaik. Karakter Ed yang menakutkan menjadi inspirasi pembuatan film The Texas Chainsaw Massacre(1974). emoticon-thumbsup

45. Earl Brooks
Dalam: Mr. Brooks (2007)
Pemeran: Kevin Costner
Sutradara: Bruce A. Evans

Spoiler for Mr. Brooks:


Suami yang baik, ayah yang penuh kasih, pengusaha sukses yang mendapat penghargaan “Man of the Year” dari The Portland Chamber of Commerce, tak ada yang tahu, dia adalah seorang pembunuh berantai berkepribadian ganda. Bersama alter-egonya yang sadis, Marshall (William Hurt), mereka berkeliling kota di malam hari untuk mencari mangsa. Keduanya sangat licin, hingga sulit ditangkap aparat. Bahkan ketika tindakan mereka terekam oleh seorang fotografer, Smith (Dane Cook), mereka dengan cerdas memutar-balikkan fakta dan membuat Smith menjadi tersangka. emoticon-Belo

44. Annie Wilkes
Dalam: Misery(1990)
Pemeran: Kathy Bates
Sutradara: Rob Reiner

Spoiler for Misery:


Seberapa besar cinta seorang fans kepada idolanya? Film ini mungkin sedikit menggambarkan bagaimana fans memperlakukan idola dengan cara yang tidak normal. Karena permainan psycho yang memikat, Bates diganjar penghargaan sebagai Aktris Terbaik dari Golden Globe dan Academy Awards.

Diangkat dari novel Stephen King, diceritakan karena sebuah kecelakaan, seorang penulis novel, Paul Sheldon (James Caan) bertemu dengan penggemar, Annie (Bates) yang menolong dirinya. Bantuan itu rupanya tidak sepenuh hati karena Annie justru menyandera dan memaksa Paul menulis novel sesuai keinginannya.

43. Alex Forrest
Dalam: Fatal Attraction(1987)
Pemeran: Glenn Close
Sutradara: Adrian Lyne

Spoiler for Fatal Attraction:


Karakter Alex (Close) pada mulanya orang biasa, sampai akhirnya menjalin hubungan cinta dengan Dan Gallagher (Michael Douglas) yang sebenarnya suami orang lain. Alex kecewa karena ternyata Gallagher hanya main-main, tidak mau berhubungan serius. Maka Alex yang stress mulai melancarkan berbagai teror kepada keluarga Gallagher, mulai dari istri, anak, sampai ke binatang peliharaan dan mobil. Dalam film karya Lyne ini, banyak pelajaran yang bisa dipetik, terutama jangan coba-coba selingkuh… BAHAYA! emoticon-Cool

42. Jerry Blake
Dalam: The Stepfather(1987), Stepfather II (1989)
Pemeran: Terry O’Quinn
Sutradara: Joseph Ruben, Jeff Burr

Spoiler for The Stepfather:


Spoiler for The Stepfather 2:


Jerry selalu memimpikan punya sebuah keluarga yang sempurna. Namun, ketika kenyataan tak sesuai dengan yang dipikirkan, dia menghabisi semua anggota keluarganya, kemudian mencari pasangan lain untuk membentuk keluarga baru. Jika nantinya tak sempurna juga, dia kembali akan melenyapkan mereka, lalu mencari pengganti. Begitu seterusnya!

Dengan cerita dan pemain yang sangat berbeda, Stepfather IIIdibuat pada 1992 dan langsung ditayangkan oleh stasiun televisi HBO. Sedangkan remake The Stepfather dirilis pada 2009 dengan sutradara Nelson McCormack. Sayang, dua film ini tak mampu menyamai sukses versi 1987 dan 1989.

41. Carter Hayes
Dalam: Pacific Heights (1990)
Pemeran: Michael Keaton
Sutradara: John Schlesinger

Spoiler for Pacific Heights:


Pasangan bahagia Drake Goodman (Matthew Modine) dan Patty Palmer (Melanie Griffith) menyukai rumah ideal di San Fransisco. Demi meringankan biaya, mereka membolehkan seorang penyewa yang tampak baik, Carter (Keaton) untuk tinggal di rumah yang sama. Ternyata, Carter menjadi biang masalah karena tidak mau membayar, tidak mau pergi, dan hidup seenaknya. Setelah hampir putus asa, Palmer mengambil tindakan untuk membalas Carter.

Penampilan Keaton sebagai psycho patut dipuji karena baru saja memerankan sosok Bruce Wayne alias Batmanyang justru membela kebenaran. Dengan biaya sebesar 18 juta dolar Amerika, film ini memperoleh pendapatan lumayan, yaitu 45 juta dolar Amerika.

40. Jurgen Bartsch
Dalam: Ein Leben Lang Kurze Hosen Tragen (The Child I Never Was – 2002)
Pemeran: Sebastian Urzendowsky dan Tobias Schenke
Sutradara: Kai S. Pieck

Spoiler for Ein Leben Lang Kurze Hosen Tragen:


Keberadaan Jurgen tidak pernah diakui sang ayah (Walter Gontermann) dan tidak mendapat perhatian ibunya (Ulrike Bliefert). Dia tumbuh sebagai anak yang bingung dan memendam kebencian terhadap orang-orang di sekelilingnya. Di usia 15 tahun, Jurgen menculik dan membunuh seorang anak laki-laki. Kurang puas, dia membunuh tiga orang lagi. Akhirnya, dia ditangkap polisi dan harus menjalani hukuman penjara seumur hidup.

Film Jerman yang disutradarai Pieck ini diangkat dari kisah nyata Bartsch, yang menjalankan aksi pembunuhan berantai sejak masih belia. Skenarionya disusun berdasarkan esai yang ditulis Bartsch selama di penjara.

39. Hughie Warriner
Dalam: Dead Calm(1988)
Pemeran: Billy Zane
Sutradara: Philip Noyce

Spoiler for Dead Calm:


John Ingram (Sam Neill) dan istrinya Rae Ingram (Nicole Kidman) melakukan perjalanan dengan perahu layar di kawasan Samudera Pasifik. Mereka bertemu dengan seseorang yang tampak bersahabat, Hughie (Zane). John yang sering melakukan kontak dengan Hughie mulai merasakan ada yang tidak beres. Dia pun mulai menyelidiki latar belakang pemuda itu.

Film yang naskahnya ditulis berdasakan novel Charles Williams ini dianggap sebagai titik awal bagi karir cemerlang Kidman, Neill, dan tentu saja Zane yang akhirnya tampil lagi menjadi tokoh antagonis, tunangan Kate Winslet di film legendaris, Titanic(1997).

38. Ezra Cobb
Dalam: Deranged (1974)
Pemeran: Roberts Blossom
Sutradara: Alan Ormsby dan Jeff Gillen

Spoiler for Deranged:


Seumur hidup, Ezra harus tinggal bersama ibunya yang sudah tua dan sakit-sakitan. Menetap di tanah pertanian yang sepi, dia tumbuh menjadi sosok yang tertutup dan aneh. Begitu sang ibu meninggal dunia, jenazahnya diawetkan dan dengan setia, dirawat, dijaga, seraya memburu perempuan-perempuan muda, membunuh mereka, lalu memajang mayat-mayat mereka sebagai hiasan di rumah, pengusir sepi.

37. Tomie Kawakami
Dalam: Tomie(1999), Tomie: Another Face (1999), Tomie: Replay (2000), Tomie: Re-birth (2001), Tomie: Forbidden Fruit (2002), Tomie: Beginning (2005), Tomie: Revenge (2005), Tomie vs. Tomie (2007), Tomie: Unlimited (2011)
Pemeran: Miho Kanno, Runa Nagai, Mai Hosho, Miki Sakai, Nozomi Ando, Rio Matsumoto, Anri Ban, Yu Abiru, Emiko Matsuoka, Miu Nakamura
Sutradara: Ataru Oikawa, Toshiro Inomata, Fujiro Mitsuishi, Takashi Shimizu, Shun Nakahara, Tomohiro Kubo, Noboru Iguchi

Spoiler for Tomie:


Tak seorang pun yang tahu siapa dia sebenarnya. Tomie adalah siswi SMA biseks yang mempunyai kekuatan untuk memengaruhi laki-laki dan perempuan supaya jatuh cinta kepadanya, serta melakukan apa saja, termasuk membunuh. Ternyata, kemampuannya itu membuat banyak orang di sekolah membenci dia. Beberapa kali Tomie dibunuh, namun hidup kembali dan melakukan pembalasan.

Tomieaslinya adalah karakter manga yang dibuat oleh Junji Ito dalam komik berjudul sama. Seperti halnya di komik yang penuh gambar brutal dan berdarah-darah, di filmnya pun sarat dengan adegan sadis yang membuat bulu kuduk merinding.

36. Rhoda Penmark
Dalam: The Bad Seed (1956)
Pemeran: Patty McCormack
Sutradara: Mervyn LeRoy

Spoiler for The Bad Seed:


Mungkin dia adalah psycho termuda yang pernah muncul di layar lebar. Disebutkan, ibu biologisnya bernama Bessie Denker, seorang pembunuh berantai yang tewas di kursi listrik. “Karir” membunuh Rhoda telah dilakoni sejak usia 7 tahun. Korban pertamanya adalah sang tetangga, seorang nenek tua. Setahun kemudian, teman sekelasnya tewas setelah dibenamkan di sungai. Walau Rhoda tampak menyenangkan di rumah, namun dia psycho sejati yang membunuh karena kesenangan. Di akhir film, dia tewas tersambar petir saat berusaha membunuh ibu angkatnya, Christine Penmark (Nancy Kelly).

35. Frank Zito
Dalam: Maniac(1980), Maniac (2012 – remake)
Pemeran: Joe Spinell, Elijah Wood
Sutradara: William Lustig, Franck Khalfoun

Spoiler for Maniac (1980):


Spoiler for Maniac (2012):


Frank yang misterius mewarisi sebuah toko manekin dari ibunya. Menginginkan sebuah perubahan dalam hidup, dia memutuskan untuk mengenal dunia luar dengan mengikuti situs kencan online. Seorang perempuan berhasil ditaklukkan. Awalnya, pertemuan berjalan baik-baik saja, hingga Frank membunuh dan menguliti kulit kepala si perempuan, lalu ditempelkan di manekin. Hal demikian terus-menerus terjadi. Dia menghabisi setiap perempuan yang ditemui.

Untuk versi tahun 2012, teknik pengambilan gambarnya sesekali memposisikan penonton sebagai pembunuh karena yang memegang kamera adalah Wood. Penampilan Wood di Maniac(2012) dianggap luar biasa berbeda setelah sebelumnya menjelma menjadi Frodo di 3 jilid The Lord of the Rings.

34. Asami Yamazaki
Dalam: Audition (Odishon – 1999)
Pemeran: Eihi Shiina
Sutradara: Takashi Miike

Spoiler for Audition:


Perempuan muda Jepang ini tampak pendiam, pasrah, lucu dan menggemaskan. Namun, penampilan luar seseorang memang terkadang sangat menipu. Asami gemar mencabut lidah orang-orang yang menjadi korban penyiksaannya sebagai foreplay sebelum melakukan mutilasi.

33. Colonel Kurtz
Dalam: Apocalypse Now(1979)
Pemeran: Marlon Brando
Sutradara: Francis Ford Coppola

Spoiler for Apocalypse Now:


Coppola membuat film ini dengan sederet aktor kuat, mulai dari Brando, Robert Duvall, Martin Sheen, Dennis Hopper, Harrison Ford, hingga Laurence Fishburne. Coppola sendiri menjabat sebagai produser, sutradara, penulis naskah dan merancang musik. Hanya sayang, perolehan piala Oscar tidak sesuai harapan karena dari 8 nominasi, hanya menang 2, yaitu Penata Kamera Terbaik dan Penata Suara Terbaik.

Capt. Willard (Sheen) diberi perintah untuk menyelidiki Col. Kurtz (Brando) yang konon mempunyai tentara sendiri di hutan setelah terlibat dalam perang Vietnam. Pasukan ini menjalani kehidupan yang tidak beres akibat stress selama perang. Keadaan menjadi rumit karena Capt. Willard akhirnya terbawa suasana.

32. Travis Bickle
Dalam: Taxi Driver(1976)
Pemeran: Robert De Niro
Sutradara: Martin Scorsese

Spoiler for Taxi Driver:


Scorsese dan De Niro merupakan pasangan sutradara dan aktor paling klasik. De Niro berperan sebagai Travis, seorang veteran perang Vietnam yang menjadi supir taksi. Pada dasarnya Travis bukan orang jahat, tapi keadaan membuat dirinya rendah diri, pendiam dan mudah curiga. Ada kalimat yang selalu diingat penonton, yaitu “You talkin’ to me?” Kalimat itu menandakan Travis kurang percaya diri.

Film ini menjadi semakin heboh ketika kejadian di dalamnya ditiru oleh seseorang di dunia nyata. Di film ditampilkan adegan Travis menembak Presiden demi menarik perhatian pramuria mungil, Iris Steensma (Jodie Foster). Di dunia nyata, Presiden AS Ronald Reagen ditembak dan pelakunya secara jujur mengatakan mendapat ilham dari Taxi Driver.

31. Dr. Genessier
Dalam: Les Yeux Sans Visage(Eyes Without a Face – 1962)
Pemeran: Pierre Brasseur
Sutradara: Georges Franju

Spoiler for Les Yeux Sans Visage:


Dr. Genessier adalah dokter bedah yang sangat menyintai anaknya, Christiane (Edith Scob). Ketika wajah anaknya rusak akibat kecelakaan, Dr. Genessier bertekad memperbaikinya. Caranya? Dengan menculik perempuan-perempuan muda dan melakukan operasi heterograft, mengambil kulit wajah para korban, lalu mentransplantasikannya ke wajah Christiane.

Dilaporkan ada tujuh orang yang pingsan karena shock saat menyaksikan film ini di Edinburgh Film Festival 1960. Saat dirilis di Amerika Serikat, judulnya diubah menjadi The Horror Chamber of Dr. Faustus, dengan adegan-adegan bedah heterograft yang dihilangkan, hingga Dr. Genessier tampak lebih manusiawi.
Diubah oleh adolfsbasthian 05-02-2022 07:31
swordfish07
hot.abs
thecrawler
thecrawler dan 206 lainnya memberi reputasi
207
238.6K
2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan