alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Perbedaan Mobil Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Electric Vehicle
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6cc436018e0d52181398ec/perbedaan-mobil-hybrid-plug-in-hybrid-dan-electric-vehicle

Perbedaan Mobil Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Electric Vehicle

Kalau bicara mobil ramah lingkungan di Indonesia, ada 3 opsi yang bisa Anda pilih, yaitu hybrid, Plug-in Hybrid (PHEV), dan Electric Vehicle (EV) alias mobil listrik. Apa sih perbedaan dari ketiga opsi tersebut? Yuk, simak penjelasannya disini :
Hybrid


Kalau mobil hybrid itu memiliki 2 buah mesin, yaitu mesin bakar dan motor listrik. Kedua mesin ini bekerja sama untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar terbaik. Bahkan ada beberapa kondisi dimana mesin bensin mati dan hanya mengandalkan listrik dari baterai. Baterai di mobil listrik diisi dengan menangkap energi kinetik dari proses pengereman dan pasokan listrik langsung mesin bakar. 


Perbedaan Mobil Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Electric Vehicle


Untuk saat ini di Indonesia mobil hybrid yang paling praktis dipakai. Anda tinggal isi bensin sesuai spesifikasi saja tanpa perlu mengkhawatirkan proses charging listrik seperti di mobil PHEV dan EV.

Plug-in Hybrid (PHEV)

Ini sebenarnya mobil hybrid karena punya 2 mesin (bensin dan motor listrik). Perbedaannya adalah PHEV itu lebih canggih dari hybrid karena baterainya bisa diisi melalui sumber listrik eksternal seperti listrik di rumah dan kantor.


Perbedaan Mobil Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Electric Vehicle


Mobil PHEV ini bisa berjalan dalam mode EV (Electric Vehicle) dengan jarak 12-150 km, tergantung jenis mobil dan lalu lintas yang dilewati. Ketika baterai habis yang akan gantian bekerja adalah mesin bensin.


Electric Vehicle (EV)


Sesuai dengan namanya, mobil ini berjalan hanya dengan motor listrik. Enggak ada mesin bakar sebagai cadangan sumber tenaga. Untuk pengisian baterainya bisa diisi menggunakan sumber listrik eksternal dan dari mengumpulkan energi kinetik saat pengereman.


Perbedaan Mobil Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Electric Vehicle


Belum ada pabrikan mobil di Indonesia yang secara resmi menjual mobil listrik. Cuma ada importir umum yang berani menjual Tesla di sini, itu juga jumlah unit yang dijual tidak banyak. Mobil listrik di Indonesia saat ini kebanyakan cuma menjadi pajangan di pameran otomotif sebagai bukti pencapaian teknologi pabrikan mobil.


Selain itu, mobil listrik membutuhkan infrastruktur jaringan stasiun pengisian listrik (EV charging station). Infrastruktur stasiun pengisian listrik ini belum dimiliki Indonesia. Beda dengan Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang yang sudah memiliki banyak stasiun pengisian listrik untuk mobil listrik .


Buat Anda yang penasaran dengan electric vehicle atau mobil listrik, pada tangal 4 - 5 September akan ada event “Indonesia Electric Motor Show 2019”, yang dimana akan ada pameran mobil listrik dari beberapa merk-merk ternama di dunia. Jadi, Langsung aja datang ke IEMS di balai kartini pada tanggal 4 - 5 September 2019.


Diubah oleh darrylhut7908
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
cakep boilnya
threadnya bagus dan bermanfaat gan, bikin saya jadi naksir pengen beli mobilnya.
Bagaimana ya nasib Pertamina seiring berkembangnya teknologi ramah lingkungan?
dari dulu pengen banget punya Tesla, tapi apa daya harganya luar biasa hehehe
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
mantap gan, thread yang sangat menarik, bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan. ditunggu gan thread berikutnya😁😁😁


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di