alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Fakta Masyarakat Papua Ingin Selalu Menjadi Bagian NKRI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6e455f82d49541a31141d4/fakta-masyarakat-papua-ingin-selalu-menjadi-bagian-nkri

Fakta Masyarakat Papua Ingin Selalu Menjadi Bagian NKRI

Masyarakat Papua agaknya banyak berpikir setelah rusuh tempo hari. Mereka sadar jika aksi yang mereka ikuti hanya ulah oknum yang tak bertanggung jawab untuk meminta referendum. Pada akhirnya Papua tetaplah bagian dari NKRI.
Perhatian pemerintahan Jokowi atas rakyat Papua dinilai sangat serius dibandingkan pemerintahan sebelumnya. Jokowi tercatat beberapa kali mengunjungi Papua serta meluncurkan sejumlah mega proyek infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi serta aspek lainnya.
Meski dinilai telah banyak menggelontorkan dana untuk Papua, agaknya semua masih dirasa kurang. Lima tahun membangun Pulau yang luasnya empat kali dari pulau Jawa ini mempunyai medan yang sulit. Beberapa pihak memojokkan Presiden hanya menyentuh sektor pembangunan saja, bukan di akar masalah. Akibatnya deretan pelanggaran Hak Asasi Manusia menimbulkan konflik berkepanjangan.
Namun seiring berjalannya waktu, pemerintahan mampu membuktikan jika pihaknya berusaha keras memeratakan kesejahteraan di berbagai sektor di Papua. Meski tak menampik ada wilayah yang tertinggal, namun hal ini dikarenakan oleh kinerja pemerintah daerah tersebut.
Bukti lain jika masyarakat Papua ingin selalu menjadi bagian NKRI ialah kembalinya sang eks pejuang OPM ke pangkuan ibu pertiwi. Tak hanya satu dua orang saja, namun ribuan eks OPM ini telah bergabung kembali ke negeri tercinta Indonesia. Mereka menilai jika Papua mengalami perkembangan yang pesat sejak era pemerintahan Jokowi. Banyak dari mereka merasa lebih tenang dan aman bersama menjadi bagian NKRI.
Di sisi lain, menilik dari kasus rasisme tempo hari yang menimbulkan kericuhan merupakan puncak emosi Papua. Rasa dikesampingkan dan dianaktirikan membuat mereka mengobarkan semangat Papua Merdeka. Namun, hal ini mampu diredam dengan menggerakkan seluruh elemen masyarakat Indonesia. Termasuk aparat, tokoh pemuda serta pihak lainnya.
Meski banyak isu yang ditebar guna menyulut api kemarahan rakyat Papua agaknya dirasa telah luntur. Banyak warga bumi Cendrawasih ini menyadari tindakan separatis yang dilakukannya akibat provokasi oknum yang tak bertanggung jawab. Mereka merasa tertipu oleh semua ulah penyebar isu rasisme dan akhirnya meminta maaf serta berkomitmen tak akan percaya lagi akan tindakan provokasi dalam bentuk apapun.
Prinsip NKRI harga mati bagi Indonesia dari keputusan Politik Pepera dinilai sebagai keputusan final. Serta mengandung cita-cita luhur bangsa. Pemerintah juga melakukan berbagai pendekatan pembangunan disegala bidang guna membangun kepercayaan rakyat Papua kepada Indonesia.
Bak gayung bersambut, nyatanya rakyat Papua tak memungkiri jika dirinya adalah bagian dari NKRI. Hal ini juga diamini oleh mantan Presiden Timor Leste, Ramos Horta. Ia menilai jika Papua tetaplah harus bergabung dengan Indonesia. Mengingat pemerintahan Jokowi telah berkomitmen kuat guna penuhi harapan rakyat Bumi Cendrawasih ini.
Ia menambahkan jika pemerintahan masa orde baru sangatlah berbeda dengan sekarang ini. Ia menilai Jokowi lebih aspiratif serta mau mendengarkan kemauan rakyat, terlebih pada sektor pendidikan. Ia menambahkan jika melalui pendidikan inilah rakyat Papua akan menjadi bangsa yang besar.
Horta menyatakan jika ia melihat kesempatan sejati bagi pemerintah Indonesia guna mendengarkan aspirasi rakyat Papua. Serta melakukan aneka upaya untuk bangun wilayah Papua serat menyediakan kesempatan belajar dan kerja bagi seluruh warga Papua. Ia juga menyatakan jika Pemerintah (Jokowi) seharusnya didukung oleh masayarakat Internasional guna laksanakan berbagai kebijakan.
Dari sini dapat kita lihat sinkroniasasi antara Rakyat Papua dengan Indonesia. Banyaknya bukti upaya pemerintah juga disambut baik oleh masyarakat Papua. Beraneka bukti kenyamanan rakyat Papua menjadi bagian NKRI ini bukanlah isapan jempol belaka.
Adanya peristiwa yang sempat memanas akibat isu rasisme kini telah berubah. Yakni mampu mempererat hubungan Papua dengan Indonesia. Aneka fakta jika rakyat Papua ingin selalu menjadi NKRI juga telah terkuak. Banyak pihak berpendapat serta mengamini pemerintahan Jokowi untuk merangkul Papua lebih dalam lagi.
Yang perlu digarisbawahi ialah, pengukuhan persatuan Indonesia agar lebih kuat. Sehingga kedepan tidak ada lagi kejadian merugikan seperti tempo hari. Serta penerapan tindakan tegas bagi siapapun pelaku rasis maupun separatis. Sehingga tidak ada yang berani mengulangi kembali hal tersebut.
Keinginan Papua perlahan dirasa telah dipenuhi oleh Pemerintah (Jokowi). Maka dari itu tetap eratkan tali perdamaian dan persatuan, jangan berikan celah sedikitpun bagi musuh yang ingin masuk dan memecah belah NKRI tercinta ini.


Sumber : https://pepnews.com/politik/p-6156b7...sama-indonesia

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Fakta atau opini pribadi

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan aloha.duarr memberi reputasi
koq opini sih!? kalo fakta harus berani survei emoticon-Traveller
Pesan moral nya NKRI Harga Mati..
Mantap
Fakta nya setelah terbukti banyak bendera kejora berbintang2, dan aparat akan memanennya ada yg denial kalo itu bukan bendera sparatis. Padahal kalau dikomparasi antara bendera yg dikibar dan mulut yg pegang bendera bukankah sparatisme itu terbukti.
Selalu saja mereka membela seetnisnya sesalah apapun kelakuan sodara sesukunya tetap dianggap benar dan yg disalahkan orang lain atau pemerintah.
Jika sikap ambigu ini diteruskan. Ane yakin Papua nggak akan pernah maju kualitas SDMnya. Dan pemerintah selalu dijadikan kambing hitam atas frustrasi dengan kondisi mereka yg tak kunjung bisa mengejar pulau laen, sekalipun duit sudah ditanam bertrilyun2
Audit plisss gubernur2 papua dan antek2nya kemana aja duit triliyunan dari pemetintah pusat !!! Pemerintah wilayah papua takut kalo warganya pinter nanti gakbisa korup lagi makanya dibikin tetep bodoh
profile-picture
profile-picture
yonida dan anto2310 memberi reputasi
Audit pejabat disana....


Urusanmulah, ga ngurus
Hasil pembangunan ingrastruktur ga bisa instan, tapi sedikit demi sedikit mulai kelihatan...
Yg perlu diawasi adalah penggunaan dananya harus transparan...
Quote:


yg panik kan separatisnya. Gak dapet kue karena masyarakat berterima kasih sama yg bangun
kalo merdeka nasibnya akan seperti timor leste..

atau kalo masih jd negara persemakmuran akan seperti papua nugini.

Mending ngikut indonesia jadi enak
Diubah oleh ontapesek
Lihat 1 balasan
Papua tdk mungkin merdeka. Klo pengen merdeka harusnya 30 tahun yg lalu. Klo skrg mau merdeka, yg ada papua hancur. Liat saja negara oceania, tahun 2019 sj disana macam 20-30 tahun yg lalu di jakarta.

Papua merdeka, yg ada mereka2 ini akan susah setidaknya 10-20 tahun kedepan. Beda klo wilayahnya kecil. Ini papua wilayah luas. Lu mau kemana coba klo bandara tutup semua dan pesawat2 tdk ada yg beroperasi di sana.
pada sotoy ah
opini islam radikal nasbung
Balasan post ontapesek
Quote:


Dari semua negara sekumpulan geng nya di Pasifik Selatan (kecuali Aust - NZ) ya cuma Papua yg paling maju emoticon-Hammer

Lalu karena negara2 di geng Pasifik Selatan yg ngakunya merdeka tapi kalah maju ekonominya, ngomporin Papua ikutan merdeka kaya mereka biar kelak jadi ikutan kere miskin setara mereka juga emoticon-Ngacir
profile-picture
ontapesek memberi reputasi
di ILC,
tokoh pemuda papua bilang,
mrk sangat menghargai pendatang,
tp mrk (masy papua) justru tdk di hargai keberadaan mrk di daerah lain.

terkadang kita harus inget ama pepatah :
dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung.
kemanapun ente pergi, maka adat disitu yg dipake.
jd jgn suka bawa2 adat sendiri ke daerah lain,
terutama adat / kebiasaan yg kontroversial jika diterapkan di daerah lain.
pintar2 bawa diri lah...

pendatang yg ke papua, rata2 adat & kebiasaan mrk gak bertentangan dgn adat masy di papua.
selain mrk para pendatang itu juga pintar bawa diri...

emoticon-Traveller

Diubah oleh yesknow
Quote:


Bamyak yang reseh pendatang dari papua masalahnya disitu,tapi gak sedikit pula yang bisa melebur sma masyarakat asal gak dekat" basecamp mereka
Lihat 1 balasan
kalo Orang Papua pinter...pejabatnya pada berontak...

Emang sengaja dibuat bodo !!..ama orang mereka sendiri !!
Balasan post realloser221188
Quote:


nah itu bre,
kadang adat / kebiasaan mrk yg kontroversial, maunya bs diterima di daerah lain jg.
ya susah lah...
apalagi bawa2 bendera OPM di daerah lain emoticon-Cape d... (S)

polisi + ormas jg salah,
main geruduk asrama papua emoticon-Mad


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di