hansiphoaxAvatar border
TS
hansiphoax
Benarkah Bendera Yahudi Israel Dikibarkan di Papua?
Quote:


Belakangan ini beredar sebuah narasi di media sosial yang mengklaim bahwa Papua mengibarkan bendera Yahudi Israel disamping juga mengibarkan bendera Bintang Kejora.

Narasi tersebut diposting oleh pengguna Facebook bernama Dawai Laila pada 27 Agustus 2019 pukul 6:20 AM. Dalam postingannya, Dawai Laila mengunggah sebuah video yang memperlihatkan rombongan mobil yang berisikan orang-orang sedang mengibarkan bendera Israel. Selain itu, ia juga memuat narasi yang menyebut:

“Selain mengibarkan bendera Bintang Kejora
Papua kini kibarkan bendera Yahudi Israel.
Miris yaa….lihat ini dek mpud”




Saat tulisan ini dibuat, postingan tersebut telah dibagikan sebanyak 4.9ribu kali serta mendapatkan 569 komentar.

Melihat isu ini menjadi viral di media sosial, lantas bagaimana kebenaran informasinya?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari situs resmi Kominfo, HansipHoax mendapatkan fakta bahwa setelah ditelusuri, video yang diposting oleh Dawai Laila merupakan video lama yang diunggah di platform Youtube pada tahun 2018 lalu.



Kegiatan pengibaran bendera Israel yang terdapat dalam video tersebut merupakan acara Konvoi Bendera Israel di Jayapura yang dilakukan oleh Komunitas Sion Kids.

Kegiatan konvoi tersebut sebenarnya tidak mendapatkan izin dari kepolisian. Menurut Kapola Papua saat itu, Irjen Boy Rafli menyebut bahwa massa konvoi tetap membandel melakukan kegiatannya walaupun sudah dilarang.

Namun, Boy juga menyebut bahwa kondisi Papua saat itu aman dan kondusif. Tidak ada gesekan antarwarga akibat konvoi dengan bendera Israel itu.

Boy menambahkan, berdasarkan pengakuan warga, konvoi tersebut merupakan tradisi peringatan budaya bangsa Israel. Itu menjadi tradisi karena ada kedekatan di antara tokoh-tokoh agama di masa lalu.


KESIMPULAN
JADI GAN, BERDASARKAN PEMERIKSAAN FAKTA YANG DILAKUKAN HANSIP HOAX, DAPAT DISIMPULKAN BAHWA ISU MENGENAI ADANYA PENGIBARAN BENDERA ISRAEL DI PAPUA YANG DILAKUKAN BARU-BARU INI ADALAH INFORMASI YANG KELIRU DAN MENYESATKAN. KARENA VIDEO YANG BEREDAR TERSEBUT ADALAH REKAMAN YANG JUGA PERNAH VIRAL PADA TAHUN 2018 LALU.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.


SUMBER
Kominfo.go.id
TurnBackHoax.id
Detik.com
Youtube (Ilham Ilmanulloh)

etaslim
tiger.gaul
junleon
junleon dan 18 lainnya memberi reputasi
19
17.1K
180
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan