rakooonAvatar border
TS
rakooon
Ini Arti cumi, Nama Makanan Khas Aceh yang Melegenda
JAKARTA, KOMPAS.com - M3mek merupakan salah satu kuliner asli Pulau Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam, yang telah dinobatkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

Makanan ini terbuat dari pisang, beras ketan, dan santan. Beras ketan disangrai. Sementara itu, pisang matang dihancurkan hingga lumat tetapi masih ada teksur kasar.

Pisang lalu diberi santan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Kemudian diberi penambah rasa berupa gula dan garam. Terakhir, diberi taburan beras ketan sangrai. Perpaduan bahan-bahan ini membuat mem3k memiliki cita rasa dan teksurnya yang sangat unik.

Tak hanya dari segi rasa, nama makanan ini juga tergolong unik. Dalam bahasa pergaulan sehari-hari di Jakarta, kata "mem3k" diartikan sebagai organ intim wanita. Namun, artinya berbeda jika di Aceh, terutama Simeulue.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Simeulue, Abdul Karim mengatakan, mem3k berasal dari bahasa setempat, mamem3k.

"Mem3k itu adalah jenis makanan yang namanya berasal dari bahasa daerah asli Simeulue yang artinya mengunyah beras atau mamem3k," ujar Karim saat dihubungi Kompas.com, Minggu (1/9/2019).


"Oleh karena itu, mendengar namanya tentu orang-orang yang belum tahu persis arti kata tersebut akan memberi makna yang berbeda-beda, dan hal tersebut dapat kami pahami," lanjutnya.

Karim melanjutkan, menikmati hidangan mem3k merupakan salah satu tradisi kuno masyarakat Simeulue.

Adapun mem3k kerap disajikan untuk menjamu tamu. Mem3k mudah ditemui di Aceh pada saat bulan Ramadhan tiba.

"Mem3k ini biasa dihidangkan sebagai makanan berbuka puasa. Karena rasanya yang manis, kemudian beras ketan masih akan terasa renyah. Rasanya sangat pas karena dicampur dengan pisang dan santan kelapa yang gurih," lanjutnya.

Menurut Karim, mem3k merupakan makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Aceh.

Bagaimana tertarik mencoba? Mari berkunjung ke Pulau Simeuleu. Pulau kecil ini berada di sisi barat Provinsi Aceh. Pulau ini terkenal di kalangan peselancar karena air laut yang jernih, pantai berpasir putih, serta ombak berketinggian mencapai 5 meter.

https://travel.kompas.com/read/2019/...yang-melegenda

Baca dulu beritanya ya mod....

Mem3k auto jd cumi, cumi gondrong
Diubah oleh rakooon 01-09-2019 10:30
knoopy
nona212
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.5K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan