dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Wih Keren Banget! Peta Mars Yang Baru Selesai Dibuat 2019


Quote:




Permukaan Planet Mars penuh kejutan dibanding Grand Canyon dan Mount Everest yang mengesankan di Bumi, mereka tidak ada apa-apanya dibanding Valles Marineris dan Olympus Mons, suatu pegunungan yang tinggi dan menakjubkan. Yang lebih luar biasa, perbedaan keseluruhan antara titik tertinggi dan terendah di planet Mars adalah 19 mil (31 km), sedangkan di bumi hanya 12 mil (20 km) jarak antara puncak Gunung Everest dengan dasar Palung Mariana.

Peta mars yang baru selesai dibuat minggu ini akhirnya datang kepada kita dari pengguna Reddit /hellofromthemoon, yang dengan sangat hati-hati menjabarkan medan Mars dengan sangat detail.

Wih keren cuyy…

Globe planet mars

Mars dapat dibagi menjadi dua wilayah utama, dipisahkan oleh punggung gunung kira-kira di sekitar tengah planet.

Di sisi utara adalah dataran rendah yang telah dibentuk oleh aliran lava, menciptakan permukaan yang didominasi oleh dataran yang landai. Sementara itu, belahan mars selatan bergunung-gunung, dengan banyak kawah tumbukan meteorit, beberapa di antaranya membentang ratusan kilometer.

Dataran Mars terbagi dalam dua kategori: planitia (bahasa Latin untuk "dataran") dan maria (bahasa Latin untuk "laut"). Jenis yang terakhir dinamai maria atau laut karena daerah ini tampaknya berada di bawah permukaan laut seperti perkiraan para astronom awal. Tapi sebenarnya, permukaan daerah ini ditutupi dengan banyak batu, membuatnya terlihat lebih gelap seolah-olah ada laut hitam disana.

Jenis dataran kedua adalah planitia, dan mereka mencakup daerah luas yang tertutup pasir yang kaya akan oksida besi. Angin kencang yang meniupkan pasir dan debu di sekitar dapat mengubah kontur dataran, membentuk pola baru di permukaan Mars. Namun, permukaan planet ini relatif tidak berubah dari waktu ke waktu.

Salah satu dataran terbesar adalah Utopia Planitia (bahasa Latin untuk “Dataran Yang Berkawah”). Kawah raksasa ini terletak di dataran lava yang lebih besar. Dengan perkiraan diameter 3.300 km, Utopia Planitia adalah cekungan terbesar yang pernah terlihat di tata surya.


Peta Planet Mars yang luar biasa kompleks lengkap dengan legendanya

Klik untuk resolusi terbaik

Dengan adanya peta ini maka memahami topografi Mars menjadi lebih mudah untuk setiap misi ke planet Mars, termasuk pemilihan area yang potensial untuk membentuk peradaban manusia di sana. Ada tiga kriteria dasar untuk memilih area pendaratan untuk misi observasi mars berawak:


Quote:


Brian Hynek, seorang ilmuwan planet dan Direktur Pusat Astrobiologi di Universitas Colorado di Boulder, Amerika menawarkan lima lokasi pendaratan potensial:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Quote:


Memahami bagaimana topografi planet mars berubah seiring waktu merupakan langkah penting untuk memahami bagaimana planet terbentuk. Itulah sebabnya NASA meluncurkan pendaratan satelit InSight Mars pada 5 Mei 2019 lalu. Penyelidikan ini akan mendengarkan getaran jauh di dalam kerak Mars untuk lebih memahami komposisi planet ini sehingga terbentuk peta fantastis ini

—oOo—

Wow fantastis sekali peta planet mars yang telah dibuat 2019 ini. Cukup keren dan sangat kompleks ya!. Pantas saja peta ini dipilih sebagai kandidat peta yang akan digunakan oleh NASA untuk mempermudah memetakan areal yang akan dibangun peradaban manusia di Mars 2030 mendatang. Oh iya Klik link “resolusi terbaik” untuk melihat-lihat daerah-daerah yang sudah dipetakan dengan sangat jelas!.


Sumber : Disini
Sumber Gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci 31-08-2019 14:06
leon4202
anasabila
4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.6K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan