dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Anjay! “Ekor Robot” Untuk Membantu Para Lansia Berjalan


Semakin bertambahnya usia maka semakin melemahnya rangka tubuh kita. Ketika sudah di usia lansia kita lama kelamaan kesulitan untuk melakukan pergerakan baik sekedar berjalan hingga menaiki tangga. Pencegahan untuk mengatasi pelemahan rangka tubuh lansia biasanya hanya bersifat suplemen dan tidak serta merta menjamin agar lansia dapat berjalan seperti biasa kecuali pola hidup sejak muda di jaga seperti memperhatikan cara duduk yang benar, cara bersandar yang benar sehingga cincin anulus yang berada ditulang punggung tidak rusak. Nah baru-baru ini tepatnya di Negeri Sakura sedang di ujicoba terobosan terbaru untuk membantu para lansia supaya bisa berjalan dengan mudahnya! Yuk cek thread berikut!



Arque Robotic Tail untuk membantu pergerakan lansia

Jutaan tahun setelah nenek moyang manusia berevolusi hilangnya ekor mereka, tim peneliti dari Universitas Keio Jepang membangun robot dengan konsep seperti jutaan tahun lalu yang mereka katakan dapat membantu lansia untuk menjaga keseimbangan mereka sehingga bisa berjalan dengan mudah.

Alat tersebut dinamakan Arque, perangkat berwarna abu-abu berukuran satu meter itu meniru ekor seperti cheetah dan hewan lainnya yang menggunakan ekor untuk menjaga keseimbangan mereka saat berlari dan memanjat, menurut tim Keio.



"Ekor menjaga keseimbangan layaknya pendulum," kata Junichi Nabeshima, seorang mahasiswa pascasarjana dan peneliti di Embodied Media Project universitas, sedang memperagakan ekor robot yang menempel di pinggangnya dengan sabuk pengaman. "Ketika manusia memiringkan tubuh mereka ke satu arah, ekor bergerak ke arah yang berlawanan” Tambahnya.

Saat banyaknya lansia Jepang yang mengalami permasalahan keseimbangan tubuh, beliau akhirnya segera memimpin dunia industri dalam mencari cara untuk menjaga populasi yang menua tetap aktif dan produktif.

Sementara negara-negara lain telah beralih ke pekerja imigran untuk menambah tenaga kerja yang menyusut, Jepang yang kurang ramah terhadap imigran lebih berfokus pada solusi teknologi.



Ekor robot, yang menggunakan empat otot buatan dan udara terkompresi untuk bisa bergerak dalam delapan arah, akan tetap di laboratorium untuk saat ini, namun beberapa bulan kedepan para peneliti akan segera mencari cara untuk membuatnya lebih fleksibel, kata Nabeshima.

Selain membantu lansia berkeliling, tim ini juga mencari aplikasi industri untuk pelengkap buatan, seperti bantuan keseimbangan bagi pekerja gudang yang membawa beban berat.

“Saya pikir akan lebih baik untuk memasukkan ekor prostetik yang dikembangkan lebih lanjut ini ke dalam kehidupan sehari-hari, ketika seseorang mencari bantuan lebih banyak untuk menyeimbangkan tubuh” kata Nabeshima.



Wah rupanya di Jepang sedang dikembangkan suatu alat bantu gerak yang berbentuk ekor dengan tujuan untuk membantu para lansia agar bisa bergerak normal seperti biasanya sehingga para lansia disana masih bisa aktif berjalan dan masih bisa produktif melakukan suatu kegiatan. Wih keren nie teknologi bisa menjadi harapan baru bagi para lansia yang memiliki keterbatasan dalam keseimbangan tubuh (sulit bergerak). Alhasil mereka masih bisa menikmati indahnya hidup! Yippie!
emoticon-Selamat



Sumber : Disini
Sumber Gambar : Google.com
anakjahanam721
anasabila
4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.4K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan