alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Nggak Cuma Buat Gaya, Kacamata Hitam Penting Untuk Kesehatan Mata
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d65e9d8337f937c51653941/nggak-cuma-buat-gaya-kacamata-hitam-penting-untuk-kesehatan-mata

Nggak Cuma Buat Gaya, Kacamata Hitam Penting Untuk Kesehatan Mata

Nggak Cuma Buat Gaya, Kacamata Hitam Penting Untuk Kesehatan Mata

Hal yang biasanya paling kita lindungi saat berada di bawah matahari adalah kulit kita. Memakai sunscreen, topi, hingga payung, semua kita lakukan untuk meneduhi kulit kita. Padahal,sInar matahari yang menyorot nggak hanya berbahaya bagi kulit loh, tapi juga bagi mata kita, Gansis.  
Kacamata hitam dipakai bukan buat sekedar gaya-gayaan, Gansis. Memang kelihatannya sepele, tapi, memakai kacamata hitam saat cuaca panas terik ternyata penting banget buat kesehatan mata kita.

Dikutip dari Time.com, radiasi ultraviolet dari sinar matahari bisa merusak protein dalam lensa mata. Bila mata dibiarkan terpapar radiasi ini terus menerus, maka risiko katarak yang dapat merusak pandangan bisa meningkat.

Nggak Cuma Buat Gaya, Kacamata Hitam Penting Untuk Kesehatan Mata

Menurut dr. Rebecca Taylor, juru bicara Akademi Oftalmologi Amerika, struktur mata kita sangat sensitive terhadap radiasi ultraviolet yang transparan ini. Retina kita punya bagian tengah yang dinamakan makula. Saat cahaya masuk ke dalam mata, radiasi dari cahaya tersebut akan langsung menyorot ke bagian makula, dan dapat menyebabkan degenerasi atau penurunan fungsi makula, yang bisa menyebabkan kebutaan di masa tua.

Paparan sinar matahari pada mata juga dikaitkan dengan risiko kanker mata, dan luka layaknya sunburn pada mata yang dinamakan “fotokeratisis”. Luka pada mata ini bisa menyebabkan kebutaan sementara, serta timbulnya noda hitam pada pandangan. Selain paparan langsung, cahaya matahari yang dipantulkan oleh kaca atau permukaan lain juga bisa menimbulkan efek yang sama.

Bagaimana cara memilih kacamata hitam yang benar?

1. Pilih kacamata yang dapat melindungi  dari sinar UVA dan UVB

Nggak Cuma Buat Gaya, Kacamata Hitam Penting Untuk Kesehatan Mata

Nggak perlu lensa yang terlalu gelap, kacamata hitam yang baik adalah kacamata yang mampu mencegah 99 hingga 100% sinar UVA dan UVB untuk masuk ke dalam mata. Gansis tinggal cari aja kacamata berlabel “UV protection” atau “anti UV”, nggak perlu yang mahal-mahal juga, kok.

2. Lebih besar lebih baik

Nggak Cuma Buat Gaya, Kacamata Hitam Penting Untuk Kesehatan Mata

Kacamata hitam kecil ala John Lennon nggak bakal melindungi mata kita sepenuhnya. Karena, sinar matahari bakal tetap masuk dari sisi-sisi mata kita. Studi yang dilakukan tahun 2018 di Swiss menemukan bahwa kacamata berlensa besar bakal menangkal UV lebih banyak dibanding  kacamata berukuran kecil.

3. Bagi pengendara mobil, gunakan lensa cokelat atau polarized

Nggak Cuma Buat Gaya, Kacamata Hitam Penting Untuk Kesehatan Mata

Kacamata hitam juga penting digunakan sama para pengendara mobil, sebab pantulan cahaya matahari dari kaca mobil juga bisa membahayakan mata. Bagi pengendara, disarankan memilih lensa jenis polarized atau yang berwarna cokelat, abu-abu, hijau, atau kuning. Lensa polarized dapat meredam cahaya dari pantulan, sedangkan warna-warna lensa tadi baik untuk meminimalisir distorsi warna.



Sumber 1


Sumber 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hvzalf dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
saya suka kacamata
Quote:


Yoi gan
biar ga langsung terpapar ultraviolet tuh gaannnn... bener bangettt... nice info gan... ditunggu info2 menarik lainnya lewat threadnyaa.... mantulll...
Info yang menarik Gan... Ditunggu info2 menarik lainnya lewat threadnyaa..
Mungkin kacamata Transitions lebih berguna gan apalagi yang ada blue ray nya bisa berubah rubah fungsinya,ane mau nyoba nih berapa ya kira" hrgnya ..mari share dimari jika sudah pengalaman
ikut nitip om

Nggak Cuma Buat Gaya, Kacamata Hitam Penting Untuk Kesehatan Mata
waaah ternyata sepenting itu yah. selama ini kalo pake kacamata item selalu ditanyain lagi belekan yah? gitu wkwkw
Biar ga silau men


Quote:

Bening atau itam
Quote:


Yg apa aja
Waaaahhh demen banget deh ane ngebaca thread yang macam gini nih gan..
Jaga kesehatan mata kitaa dari luar juga .. jangan cuman minum jus wortel ye gan sis...
Ane suka ane sukaaa...,karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan ane lebih buanyak lagee....
Nah... Ane pun pernah gan.. disaranin dosen ane... Pergi-pergi pakai kacamata hitam besar atau coklat keorangean... Biar matanya tetep sehat...
Sukses terus dan semoga lancar segalanya....
Hmmmm gan,...
Ane tunggu ya thread berikutnya....
Informatif bangett pokoknya gan...
Tirimikisih gan... Threadnya simple tapi good...
kalo yang udah pake kacamata minus gimana dong? Di dobel kah?
bener bgt nih, nice info gan
bener sih ini apalagi kalo main ke pantai wajib banget pakai kacamata hitam biar mata tetap terjaga kesehatannyaemoticon-thumbsup
Nice banget threadnya nih, jadi nambah wawasan lagi nih pas baca thread ini, banyak-banyakin gan thread informatif kaya gini dahh biar yang laen juga nambah ilmu. makasih banyak buat info nya gan emoticon-Salam Kenal emoticon-Salam Kenal
lensa berwarna gelap dengan kegelapan lensa yang merata. pilihlah kacamata hitam berukuran besar. semakin besar akan semakin baik, karena dapat mencegah sinar UV masuk ke mata dari samping..
nitip kacamata brew

Nggak Cuma Buat Gaya, Kacamata Hitam Penting Untuk Kesehatan Mata
Kalo punyaa pacar ane kacamata nya bisa multifungsi gitu... Jadi kacamata bening biasa tapi kalo kena sinar uv atau matahari bisa menghitam gitu jadi bisa buat ngelindungin mata, buat gaya, sama dipake buat kacama minus ahahahahah
Quote:


Hahahhaha iyaaa gann... Lagian makin kece juga tuh kacamata klo dipake ke pantai... Asal jangan saltum aja dipakenya ahahhahaha
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di