yukinuraAvatar border
TS
yukinura
Pindah Ibu Kota Itu Penting Ataukah Cuma Ikut-ikutan Sich?

Balada Pindahnya Ibu Kota

"Kenapa urgen sekali? Kita tidak bisa terus menerus membiarkan beban Jakarta dan beban Pulau Jawa yang semakin berat,"kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

Bersama jajaran menteri terkait dan Gubernur DKI Anies Baswedan, Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi Ibu Kota baru, yakni sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur.

Keputusan Beliau ini membuat banyak pihak terkejut dan menjadi polemik, karena beberapa waktu sebelumya Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil kompak menyebut bahwa pemerintah belum menentukan lokasi ibu kota pengganti Jakarta.
Nah, menurut Sejarahwan LIPI Asvi Warman Adam, di era Presiden Soekarno, memindahkan ibu kota juga sudah dilakukan beberapa kali dengan alasan tertentu.

Emang sich pindahan itu nggak semudah ketok palu, perlu banyak hal yang harus diperhatikan. Apalagi diatas tanah 180 ribu hektare, harus benar-benar matang agar nantinya Ibu Kota tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Mulai dari infrastruktur, keamanan, dan juga biaya, pastinya sudah ada jajaran yang menangani sesuai bidangnya masing-masing. Nah, Kita sebagai rakyat tinggal mendukung dan mengawasi jalannya pembangunan.

Berita semalam di TV, menurut ahli BMKGdaerah situ juga relatif aman gempa, hanya kemungkinan banjir saja, itupun bisa dihindari kalau infrastruktur tertata rapi. Dan juga lokasi tersebut dekat dengan jalan trans kalimantan yang sedang di bangun pelabuhan dan bandara besar.

Nah, pembangunan 'pun akan membutuhkan waktu yang cukup lama seperti negara-negara lain yang telah berhasil memindahkan Ibu Kota negaranya, yakni Brazil, Malaysia, Kazakhstan, Pakistan, India, Australia dan yang lainnya.
Memang tidak mudah, tapi buktinya mereka bisa seperti saat ini, kenapa Kita tidak?

Menurut TS negara kita telah tertinggal dari mereka untuk urusan perpindah-pindahan, melihat situasi Jakarta saat ini.

Dulu, di Kuala Lumpur - Malaysia juga mengalami hal yang sama seperti di Jakarta, kemacetan dimana-mana dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Akhirnya pemerintah Malaysia pun memindahkannya ke Putrajaya.

Putrajaya kemudian diubah menjadi tempat yang layak untuk pusat pemerintahan. Mulai infrastuktur jalan hingga pembangunan gedung-gedung baru dilakukan. Semua kantor pemerintahan dipindahkan.

Di Kazakhstan juga melakukan pemindahan, sejak masih berada di bawah kendali Uni Soviet hingga merdeka pada 1992, Almaty selalu menjadi ibu kota Kazakhstan.

Namun, pada 1997 pemerintah negeri itu memindahkan ibu kota ke Astana, sebuah kota modern baru di sebelah utara Almaty.

Semua itu dilakukan lantaran Almaty dianggap terlalu sempit, rawan gempa, serta berlokasi terlalu dekat dengan perbatasan negara lain.

Negara Yang Sukses Memindahkan Ibu Kota Negaranya

sumber gambar

Masih banyak lagi negara-negara lain yang sukses memindahkan Ibu Kota negaranya, ada yang dengan mudah adapula yang sulit.

Apakah pemerintah hanya ikut-ikutan pindahin Ibu Kota sich? Aaah... sepertinya tidak, keputusan untuk pindah sudah direncanakan dengan matang, dan semoga Indonesia juga bisa sukses seperti negara mereka, ya...

Mempunyai Ibu Kota negara baru yang nantinya bisa bermanfaat bagi rakyatnya.

Serta Jakarta tetap menjadi sentra ekonomi, dimana akan lebih banyak lahan terbuka untuk hijau juga.
"Kita berharap bahwa salah satu rencana pemanfaatan bukan untuk terbuka hijau saja, tapi juga ruang terbuka biru saja. artinya untuk taman, kolam air. Kita berharap bisa terjadi," ujar Aniesdi Gelanggang Remaja, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/8/2019).

Bukan itu saja, menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin memperkirakan 800 ribu aparatur sipil negara (ASN) akan ikut dipindahkan. Angka itu sudah mencakup seluruh Kementerian/Lembaga (K/L). 

Jadi menurut TS nich, pindahnya Ibu Kota akan berdampak baik untuk perkembangan Indonesia. Kalau untuk kita-kita pribadi ya... Tergantung rejeki masing-masing, semua ada bagian sendiri-sendiri, bukan?

Untuk hal-hal lain yang menyangkut perpindahan sudah pasti ada yang menangani sesuai bidangnya, mereka juga akan dimintai pertanggungjawaban masing-masing suatu saat nanti.

Jadi kita sebagai warga yang baik, marilah ikuti perintah dan taati peraturan yang ada demi bukti cinta kepada NKRI. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kita hidup disini di Indonesia.

Referensi : disini, disini, disini, disini, disini

Spoiler for baca juga:


indahmami
mamaproduktif
anna1812
anna1812 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
5.4K
171
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan