aldysadiAvatar border
TS
aldysadi 
Kebiasaan Emak-Emak 'Jaman Now' : Mendudukkan Anak di Atas Meja Makan
Kebiasaan Emak-Emak 'Jaman Now' :
Mendudukkan Anak di Atas Meja Makan saat Makan di Luar


Hai, Gaes! Jumpa lagi di thread Aldys emoticon-Betty (S)


Pernah gak, Gaes saat lagi makan di luar, baik itu di mall, restoran, warung makan atau tempat makan keluarga lah pokoknya lihat emak-emak yang mendudukkan anaknya di atas meja makan? Iya, meja buat makan!


Ilustrasi

Beberapa waktu lalu, TS lihat sebuah foto anak balita yang sedang duduk di atas meja makan (tempat umum, bukan di rumah) yang di post oleh ibunya di instagram.

Hal tersebut, membuat TS teringat pada kejadian beberapa waktu lalu ketika TS sedang makan di sebuah tempat makan di mall. Tepat di samping meja TS, seorang ibu yang juga makan bersama beberapa anggota keluarganya, meletakkan anaknya di atas meja makan.

Anaknya yang masih balita itu berdiri di atas meja makan sambil berjoget-joget. Setelah itu, ia melompat-lompat di atas meja makan sebelum akhirnya melompat ke lantai sambil satu tangannya di 'cangking' ibunya.

Melihat hal itu, TS kaget dan spontan berkata "ya Allah!"agak keras karena TS takut si anak cedera tapi si ibu dan keluarganya itu nampak biasa saja seolah hal tersebut sudah lumrah dilakukan.


Public FigureJuga Suka Melakukan Hal Serupa

Spoiler for ilustrasi:

Tak hanya masyarakat biasa, beberapa publik figurejuga tertangkap kamera melakukan hal serupa dimana mereka mendudukkan atau bahkan menidurkan anaknya yang masih batita atau balita di atas meja makan saat berada di tempat umum.

Banyak netizen yang berkomentar bahwa hal tersebut tak elok dilakukan apalagi oleh seorang public figure dimana mereka seharusnya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.


Alasan Orang Tua Mendudukkan Anak di Atas Meja Makan

Selalu ada alasan untuk setiap hal yang dilakukan, termasuk yang satu ini. Beberapa orang tua, terutama emak-emak suka mendudukkan anak di atas meja agar lebih mudah mengawasi anaknya sembari menunggu pesanannya datang.

Ada pula yang meletakkan anaknya di atas meja makan dalam posisi berbaring (usia batita) karena merasa pegal setelah menggendong anaknya.

Dengan begitu, ia bisa mengistirahatkan pundaknya sambil membuat atau memberikan susu dalam botol untuk anaknya dengan posisi tersebut.


Tanggapan Netizen


Sempat TS singgung di atas bahwa netizen menganggap perbuatan mendudukkan anak di atas meja makan tak elok dipandang mata dan bertentangan dengan etika di meja makan.

Menurut TS sendiri, selain hal di atas ada faktor keselamatan yang lebih penting agar bisa diperhatikan oleh para orang tua terutama emak-emak, yaitu meja makan di tempat makan itu keamanannya tidak terjamin.

Kita gak tahu sekuat atau seringkih apa bahan meja makan tersebut. Apalagi, jika si anak aktif melompat atau bergerak-gerak di atas meja makan.

Salah-salah, mejanya patah atau rusak sehingga bisa melukai anak atau mungkin, anak terjatuh dari meja makan ke lantai akibat tidak sesuai dengan peruntukannya karena meja makan di desain untuk meletakkan makanan dan minuman bukan untuk menahan beban berat badan anak atau benda berat lainnya.


Saran TS
Spoiler for Manfaatkan fasilitas High Chair:

Saran TS, alih-alih mendudukkan anak di atas meja, tak perduli untuk waktu yang sebentar atau cukup lama, lebih baik gunakan kursi. Walaupun ukurannya tidak selapang meja makan, setidaknya, anak lebih aman dan lebih elok dilihat pelanggan lainnya.

Bisa pula dengan memanfaatkan fasilitas high chairyang biasanya disediakan oleh restoran atau cafe. Selain gratis juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya keamanan anak terjaga, melatih kedisiplinan anak saat makan dan si anak dapat duduk dengan anteng sambil menikmati makanannya.



emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

"Demikian thread TS. Nah, kalau menurut GanSis sendiri, apa pendapatnya? Silakan tulis komentarnya di bawah, ya."

emoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

Quote:

Quote:
Diubah oleh aldysadi 18-07-2019 11:36
emineminna
nirankara
TaraAnggara
TaraAnggara dan 29 lainnya memberi reputasi
28
12.1K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan