alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Riyanni Djangkaru Persoalkan Material Terumbu Karang di Instalasi Gabion
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d61e3dcfacb953c822bad53/riyanni-djangkaru-persoalkan-material-terumbu-karang-di-instalasi-gabion

Riyanni Djangkaru Persoalkan Material Terumbu Karang di Instalasi Gabion



Jakarta - Instalasi Gabion di Bundaran HI, Jakarta Pusat, kembali menjadi sorotan. Pemerhati lingkungan Riyanni Djangkaru mempersoalkan material instalasi tersebut yang ternyata dari terumbu karang yang dilindungi.

Riyanni awalnya mengungkap persoalan ini lewat akun Instagram-nya @r_djangkaru seperti dilihat detikcom, Sabtu (24/8/2019). Dia mengaku terkejut karena instalasi gabion adalah tumpukan batu karang.

"Jantung saya tiba-tiba berdetak lebih kencang. Tumpukan karang-karang keras yang sudah mati. Ada karang otak dan berbagai jenis batuan karang lain yang amat mudah dikenali," tulis Riyanni yang juga mantan pembawa acara di televisi ini.

"Saya jadi bertanya-tanya, apakah perlu ketika sebuah instalasi dengan tema laut dianggap harus menggunakan bagian dari satwa dilindungi penuh? Apakah penggunaan karang yang sudah mati ini dapat dianggap seakan "menyepelekan" usaha konservasi yang sudah, sedang dan akan dilakukan? Darimana asal dari karang-karang mati dalam jumlah banyak tersebut? Ekspresi seni adalah persoalan selera, tapi penggunaan bahan yang dilindungi Undang-undang sebagai bagian dari sebuah pesan,mohon maaf, menurut saya gegabah. 🙏 #sekedarmengingatkan," sambungnya di bagian akhir postingan tersebut.

Dihubungi lewat telepon, Riyanni membenarkan cerita yang disampaikannya itu. Menurut perempuan yang berdomisili di Bali ini, ketertarikannya dengan instalasi gabion ini bermula dari rekannya yang menyebut instalasi itu dari batuan karang.

Saat berkunjung ke Jakarta, Jumat (23/8) malam, Riyanni mengajak dua orang rekannya untuk melihat lebih dekat instalasi itu untuk membuktikan kebenarannya. Dan singkat cerita, dia melihat sendiri instalasinya memang dari batuan karang.




"Saya masuk ke area inti instalasi tersebut dan melihat lebih jelas apa sih bahan-bahan yang mereka pakai, dan memang ya batu karang," kata Riyanni.

"Bagian utama yang terlihat dalam instalasi gabion tersebut kelihatan adalah karang keras. Kalau karang keras itu kan waktu tumbuhnya memerlukan waktu jauh lebih panjang daripada karang lunak, makanya treatmennya pun harus sangat hati-hati," sambungnya.

Baca juga: Kata Anies soal Instalasi Batu Gabion di Bundaran HI

Riyanni mengaku sangat kaget mendapati fakta tersebut. Sebab, menurutnya, terumbu karang dilindungi penuh misalnya lewat Undang-Undang Nomor 5/ 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya juga Undang-Undang 27/2007 tentang Pengelolaan Wilyah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil.

Riyanni berharap Pemprov DKI Jakarta segera mengambil langkah-langkah atas persoalan ini. Dia menegaskan postingannya tersebut bertujuan agar semua sama-sama menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan.

Riyanni Djangkaru Persoalkan Material Terumbu Karang di Instalasi GabionFoto: Grandyos Zafna

"Tujuan utamanya adalah membuka diskusi, mudah-mudahan ke depannya ada evaluasi lebih lanjut," ujarnya.

Baca juga: Pemprov: Gabion di Bundaran HI Bisa Dibongkar Kapan Saja Sesuai Kebutuhan

Instalasi Gabion dibuat oleh Dinas Kehutanan DKI Jakarta pada 16 Agustus 2018 untuk menyambut perayaan HUT ke-74 RI. Instalasi Gabion dipasang dengan anggaran Rp 150 juta. Ornamen ini dilengkapi tanaman hias penyerap polutan yang disusun alami.

detikcom sudah berupaya untuk mengonfirmasi hal ini langsung kepada Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati, namun dia mengaku belum bisa merespons karena sedang ada di sebuah acara. (hri/idh)Riyanni Djangkaru Persoalkan Material Terumbu Karang di Instalasi Gabion

Sumber :

https://m.detik.com/news/berita/d-46...uredArtikel_19

https://www.instagram.com/r_djangkar...MFsnVCkVP4T7t6

Silahkan langsung tanya ke pihak yang bertanggung jawab, salah satu alternatif jawabannya emoticon-Ngakak (S)


@comANDRE emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
menantikan jawaban "pintar" dari gabener tentang terumbu karang... sapa tau jawabannya " supaya warga DKI Jakarta tahu bahwa kita bisa lebih memperhatikan Terumbu Karang dengan mengekspresikannya dalam karya seni yang indah di tengah-tengah kota .." Ada perkiraan jawaban lainnya???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Selamat, anda masuk perangkap
Proyek baru otw...
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
wkwkwkkwk....

GABENER MEMANG BEDAemoticon-Leh Uga
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
wkwkw

gabener khintil
Disitu lah mahalnya
Melanggar UU dong...
abis baca comments di @r_djangkaru...
yg tadinya gak tau jadi tau....
mantablah Riyanni.... emoticon-thumbsup
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
semua yg dari laut kan halal, terserah si ngarab bangsad aja... emoticon-Ngacir
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
profile-picture
gpandita memberi reputasi
Diubah oleh junaedi1982new
maha suci anis dengan segala kelakuannya,apa saja yg di lakukan anis itu sah menurut hukum agama.karena semua itu adalah milik owohnya anis....koe koe fribumi dulu bukan siapa siapa,setelah onta gurun datang ke nusantara pun koe koe fribumi pun masih bukan siapa siapa...jadi neng riyanni jangkaru halal di zainabkan oleh wan anis emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 2 lainnya memberi reputasi
astajim, riyani djangkaru minta ga disholatin nih bangkeknye emoticon-Marah


Riyanni Djangkaru Persoalkan Material Terumbu Karang di Instalasi Gabion
Diubah oleh monyet2012
ngoahaha dikira kerja tapi malah ngerusak
emang goblok susah ilang
profile-picture
dinhogiloba memberi reputasi
padahal kalo di acara2 luar negeri, buat dekorasi aquarium aja terumbu karangnya udah pada pake yg palsu alias buatan
memang gak greget kaya yg asli
tp kan setidaknya mereka udah berusaha untuk melindungi ekosistem yg asli
Diubah oleh piaupiaupiau
Seneng pas ini cew jadi host di trans7....btw mengenai karang di bekas bambu gancet menurutku sudah bener soalnya kalau ntar jakarta tenggelam sudah gak perlu pasang rumpon lagi ...sudah dipasang sama gubernur periode ini...
profile-picture
profile-picture
dizzydizzy94 dan eggnostick memberi reputasi
Bentar yah para pans, gabener and his gang lagi buat pantun balasan buat sista Riyanni emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)
Quote:


Dengan melihat langsung karang yg dilindungi bisa memberikan edukasi inilah batu2 karang yg tidak boleh diambil seenaknya, jadi berkorban 1 untuk menyelamatkan yg ribuan emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Bangke loe mandiri besok emoticon-Ngakak (S)
hmmmmm...
tenang tant..
bentar lagi diganti batunya
Balasan post bolang30076
Biasanya nanti gabener mengarahkan warga untuk jalin komunikasi dengan karang ...

Mohon warga jakarta memberikan gabener waktu untuk memikirkan alasan yang tepat untuk ngeles...

emoticon-Bingung
Biadab banget Abud! emoticon-fuck2
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
Quote:


Gw rasa wan Jembud bakal ngemeng

"Hrs nya terumbu karang bangga bahwa eksistensinya di dunia ini ternyata mampu meningkatkan kualitas tata kota yg berbasis lingkungan dng mempermudah masyarakat Jkt utk dapat menikmati terumbu karang tanpa perlu menyelam dilaut"
profile-picture
Leechintong memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di