alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Najwa Shihab Terdiam Dengar Lukas Enembe Bongkar Fakta Mencengangkan Proyek Trans P
4.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5e8a028d9b17105d77e40a/najwa-shihab-terdiam-dengar-lukas-enembe-bongkar-fakta-mencengangkan-proyek-trans-p

Najwa Shihab Terdiam Dengar Lukas Enembe Bongkar Fakta Mencengangkan Proyek Trans P

Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 11
Dahulu indonesia dijajah oleh bangsa eropa.. belanda membuat jalan, jembatan, pelabuhan energi dan berbagai macam infrastruktur. Pertanyaanya untuk apa? Dan untuk siapa? Untuk orang indonesia kah? Belanda membangun itu semua di wilayah kolonial nya untuk kepentingannya sendiri menguras kekayaan indonesia. Terus masyarakat indonesia dulu dapat apa? Segelintir mungkin menikmati.. tapi mayoritas menderita karena kita memang tidak siap saat itu memanfaatkan semua yg dibangun belanda. Kita terpinggirkan.. belanda membangun fisik di indonesia untuk kepentingan ekonomi mereka.. mengirim bala tentaranya untuk menjaga aset2 yg mereka bangun.. rakyat kita sebagian besar menderita, terpinggirkan. Membangun manusia indonesia bukanlah prioritas belanda..

Dalam pandangan masyarakat papua.. situasi ini sama persis terjadi di mereka. Coba perhatikan kota2 besar papua.. jayawijaya, sorong, dll siapakah yg mengendalikan perekonomian? Di sinilah menurut ane pentingnya memanusiakan manusia itu. Konsep memanusiakan manusia akan menyebabkan kesamaan rasa, bagian indonesia, dan mengikis pandangan2 sebagai jajahan tadi.

Di atas ada yg komen kenapa jajahan inggris "kangen" dan bersedia bergabung dalam commonwealth? Itu jawabannya gan. Pendekatan humanis.. memanusiakan manusia dalam membangun....
Hanya orang bodoh yg memandang infrastruktur tidak perlu... Tapi di sini kita bicara prioritas.. dalam mencapai tujuan negara kita. Kesatuan dari sabang sampai merauke. Cerdas masyarakatnya, sejahtera masyarakatnya, dan merasa sebagai indonesia...

Salam
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
Balasan post Ujang1911
@Ujang1911

Dulu.. Pernah ada momod kaskus yg ditanya..
Mana yg lebih penting.. Pertumbuhan atau pemerataan? (ekonomi) Jawabannya oke bgt..
Apa yang mau diratakan kalau tidak ada pertumbuhan?

Mana yg lebih penting, membangun manusia atau infrastruktur? apa yang mau dikerjakan oleh manusia terdidik itu, kalau di daerahnya gak ada apa-apa?

Bangun dulu infrastrukturnya, kalau ada kekhawatiran nanti malah dinikmati pendatang.. Disanalah peran pemerintah daerah mengeluarkan regulasi. Disanalah peran pemerintah melindungi..

Berapa persen quota putra daerah harus dipenuhi di setiap perusahaan yg masuk papua? 10?20?40?..
Berapa lama proyek itu bisa kembali ke bumd papua setelah dibangun? 30 tahun? 50 tahun?

Yang penting propinsinya bergerak dulu, tumbuh dulu. Tanpa ada pertumbuhan... Ga ada yg bisa dilakukan.. Dan basic dari pertumbuhan ekonomi itu adalah infrastruktur...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh luv.you
Ternyata.... pengeluaran tidak sebanding dgn manfaat....
emoticon-Cool
Najwa Shihab Terdiam Dengar Lukas Enembe Bongkar Fakta Mencengangkan Proyek Trans P
Harusnya najwa tampilkan dia sbg narasumber. Biar gak diam mati kutu dihajar kontras dan gabener incaran KPK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ya betul, makanya transparansi anggaran pemda PAPUA itu selama 20 Tahun seperti gimana?
1. Harus transparan supaya terlihat progressnya
Dikemanain aja uang-nya, dibikin apa saja dan seterusnya.
2. Ukuran punishment reward dari Pusat ke Pemda juga harus clear dan dilaksanken!
Kalau pemda salah, misal tidak efisien apa sangsinya? MUNGKIN YA,. pemerintah kita selama ini kurang kontrol, pemerintah ini definisinya ya pusat dan papua sendiri.

Pernah ngga kalian dengar program kerja Pemda Papua beserta progress-nya? Ngga pernah tuh, publikasi papua selama ini hanya freeport dan OPM. Makanya MEDIA juga KEJAM,. tidak memberitakan hal-hal prinsipil dalam perjalanan papua sendiri.

Ya gitu deh makanya ngurus negara itu ga gampang, semua perlu kompromi dan dialog dimana terkadang masyarakat jelata ga bakal kesampean otaknya.
Hanya kalian2 yang masih muda yang bisa membuat NKRI lebih baik lagi. Amin.
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 48y24rd memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
sebentar, andy junaedi apakah nenek moyangnya papua ?

itulah pertanyaan sebenarnya
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan StarSoul memberi reputasi
nyimak
kalau baca statement si andy sama pa gub, kok kayaknya sia sia ane baca2 buku n ngobrol ttg proses keberlanjutan ekonomi... kenapa jadi kebalik2 yah...
lha supply bahan2 kehidupan mau pakai apa, emang papua cm sekeliling kompleks rumdin pak gub yg jalannya sudah ada semua, ckckckcck..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post Koncong
Mungkin e budgetingnya belum jalan gan!
profile-picture
StarSoul memberi reputasi
Balasan post ayampenyet666


Papua tidak butuh pembangunan ?

Ya ialah tidak butuh pembangunan, butuhnya duit. emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xcels18
Quote:


udah bego dikasih guru malah diperkosain, tambah muak orang ke sana, belum lagi resiko kena malaria emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Gubernur koplak yang lebih suka melihat daerahnya tertinggal, masyarakatnya miskin dan susah transportasi kemana-mana.

Lebih koplak dari Manies Wisedan ini mah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 4 lainnya memberi reputasi
Bagaimana kalau saudara saudara kita tercinta suku tiong hwa dikirim semua ke papua untuk mengajari bagaimana caranya hidup jujur dan saling mencintai, saling berbagi, saling memberi, tidak menipu dan tidak mencurangi...pasti dalam sekejap papua akan maju, yakin

emoticon-Ultah
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
narasumber yg penuh provokasi ....
profile-picture
eFVZee memberi reputasi
Quote:


Suruh kimpoi campur... itu solusi paling bagus
Lihat 1 balasan
Balasan post iulzsec
Quote:


Kalau sampai begini hasilnya mau tanggungjawab kaw?

emoticon-Marah

Najwa Shihab Terdiam Dengar Lukas Enembe Bongkar Fakta Mencengangkan Proyek Trans P
Balasan post luv.you
Quote:


@luv.you

Pandangan agan sama sekali ga salah. Sah sah aja pembangunan itu dipandang dari perspektif ekonomi sebagai dasar melangkahnya.

Mungkin link ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita mengenai masyarakat papua.

https://www.kompasiana.com/patricemorin/5d61265d097f3658cf3ebc62/kenapa-persekusi-mahasiswa-papua-di-malang-dan-surabaya-memicu-kemarahan-di-berbagai-kota-di-tanah-papua?page=all

Salam
profile-picture
luv.you memberi reputasi
Jangankan di dunia nyata, main game sim city aj klo mau bikin peradaban yg bikin itu jalan lah emoticon-Big Grin setelah sumber energi.
Kontras ini katanya pahlawan HAM, tp mikir kok begitu kek dia gk pernah liat langsung kondisi disana, survey lah betul-betul mana yg emg puas ama adnya pembangunan mana yg tidak, kesulitan pun karna kan utk menaikan kesejahtraan ekonomi y bertahap dlu, dibikin infrastrukur jalan baru yg laenya cem pabrik2,minimarket,pom bensin, gk bisa instan.
Oh iya klo jalan trans nyambung, kagak laku lagi dah rental pesawat carteran emoticon-Leh Uga
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
Dimana2 klo mau buka akses itu ya jalannya dululah pak. Ada jalan, ada air, ada sumber energi maka kehidupan kita akan lbh mudah.
Halaman 9 dari 11


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di