ciciteguAvatar border
TS
cicitegu
Menyaksikan Sunrise dengan Latar Borobudur dari Punthuk Setumbu

Nggak bisa dipungkiri jika pemandangan sunrise atau matahari terbit adalah pemandangan yang paling mengagumkan. Apakah Agan Sista pernah melihatnya juga?

Indahnya pemandangan matahari terbit di pagi hari selalu menjadi daya tarik tersendiri buat para wisatawan. Karenanya nggak heran jika adanya tempat wisata yang menjanjikan pengalaman menikmati sunrise ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Misalnya aja seperti Gunung Bromo di Jawa Timur, Sikunir di Dieng Jawa Tengah, ataupun Punthuk Setumbu di Magelang.



Salah satu spot yang ane ketahui untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu adalah di bukit Punthuk Setumbu. Bisa dibilang jika Punthuk Setumbu menawarkan pengalaman menyaksikan sunrise yang lain daripada yang lainnya Gan. Karena dari bukit ini Agan Sista bisa melihat gimana megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang seolah terkurung dalam lautan kabut. Amazing!



Punthuk Setumbu ini memang memiliki pesona tersendiri, nggak heran jika tempat ini selalu  menjadi destinasi favorit bagi orang-orang yang ingin melihat terbitnya mentari secara perlahan. Selain digemari oleh wisatawan asing, Punthuk Setumbu pun menjadi spot favorit juga bagi para fotografer. Dijamin rasanya pengen hunting foto Borobudur dari sisi lain Gan Sis!



Mungkin beberapa di antara Agan Sista masih asing ya dengan nama Punthuk Setumbu ini. Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang tingginya kurang lebih 400 meter dpl, terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Sebenarnya, dulunya tempat ini merupakan ladang milik penduduk. Tapi setelah seorang fotografer mengabadikan gambar sunrise di Borobudur yang sangat indah dari tempat ini, kemudian orang-orang pun berdatangan mengunjunginya.

Punthuk Setumbu sebenarnya terletak nggak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya berada di Dusun Karahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Kalau dari Yogyakarta biasanya memerlukan waktu kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan.

Tapi untuk bisa menyaksikan matahari terbit dengan latar Borobudur ini sebaiknya Agan Sista tiba di tempat sebelum pukul 05.00 WIB. Untuk bisa mengaksesnya pun nggak sulit Gan Sis. Kalian hanya harus berjalan trekking sekitar 15 menit dari tempat parkir untuk bisa mencapai puncak. Tapi kalau nggak ingin atau nggak sanggup trekking, sebenarnya nggak jauh dari tempat parkiran pun Agan Sista juga sudah bisa menyaksikan keindahan Borobudur dari kejauhan.



Jika Agan Sista ingin mengabadikan sunrise dari Punthuk Setumbu, kabarnya, waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat musim kemarau yaitu sekitar bulan Juni hingga Agustus. Karena pada bulan-bulan ini konon matahari dapat terlihat jelas tanpa terselimut awan mendung.

Gimana nih menurut Agan Sista, keren kan? Atau mungkin kalian juga pernah ada pengalaman menyaksikan sunrise di Punthuk Setumbu ini? Btw, kalau ada rekomendasi spot lain untuk melihat sunrise boleh banget di share lho Gan Sis!



datalk
shinobiapuy
kudanil.la
kudanil.la dan 15 lainnya memberi reputasi
16
11.1K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan