ahoy44Avatar border
TS
ahoy44
Membaca Bukan Lagi Hal Melelahkan Kalau Kamu Mengikuti Tips-Tips Berikut Ini


Bagi sebagian orang, membaca mungkin dinilai sebagai kegiatan yang membosankan, apalagi kalau bahan bacaan di depan mereka dipadati dengan kalimat dan paragraf-paragraf panjang yang kelihatannya bakal memakan waktu. Banyak orang yang kemudian enggan membaca dengan alasan membaca cuma akan membuang-buang waktu mereka aja.

Mungkin salah satu dari kalian pun punya pendapat yang sama.  Padahal, membaca itu berguna banget lho untuk menambah wawasan dan juga untuk pengembangan diri kalian.

Nah, bagi kalian yang saat ini malas untuk membaca, baik itu fiksi maupun non-fiksi, kalian bisa simak tips-tips berikut ini supaya kalian bisa membaca dengan cepat dan nggak melelahkan, tanpa ngelewatin poin penting dari apa yang kalian baca. Tips-tips  ini juga cocok buat kalian yang memang doyan baca tapi ingin membaca dengan lebih efisien.

Yuk, disimak!


1.  Pindai keseluruhan teks sebelum membaca



Sebelum membaca, kalian bisa mulai dengan memindai atau membaca sekilas keseluruhan teks dan mencari poin-poin penting dalam bacaan kalian (dalam artikel, biasanya dijadikan heading, di bold atau ditulis dengan font yang lebih besar). Hal ini nggak cuma berlaku untuk tulisan non-fiksi. Kalian yang ingin membaca tulisan fiksi juga bisa mencoba tips ini dengan membaca sekilas konflik atau karakter apa yang akan dibahas di bagian cerita yang akan kalian baca. Dengan melakukan ini, kalian nggak akan lagi stuck  atau kebingungan saat membaca dan nggak perlu membaca dengan terlalu detail karena kalian udah menangkap poin-poin pokok yang ingin disampaikan.

2. Jangan membaca kata demi kata



Fun fact, mata kita ternyata punya jangkauan untuk membaca tulisan sepanjang 4cm. Artinya, mata kita sebetulnya dapat membaca sekitar sembilan kata dalam sekali lihat. Nah, untuk membaca dengan lebih cepat, kalian bisa manfaatkan kemampuan mata kalian ini. Latih mata kalian untuk nggak fokus membaca kata-kata satu demi satu. Fokuskan pandangan kalian pada beberapa potongan kata sekaligus saat membaca. Ini membantu banget untuk menambah kecepatan membaca kalian. Mungkin agak sulit melakukannya bagi yang belum terbiasa, tapi kebiasaan ini bisa banget dilatih.

3. Jangan membaca satu bagian berulang-ulang


Saat membaca, nggak jarang kalian bakal menemukan bagian-bagian atau kata-kata yang kurang kalian pahami. Jangan sampai kalian stuck pada bagian tersebut dengan membacanya berulang kali. Abaikan hal yang kalian nggak mengerti, dan lanjut membaca ke bagian selanjutnya. Tenang aja, bagian yang kalian nggak mengerti itu nggak akan mempengaruhi pemahaman kalian tentang keseluruhan teks, kok. Ingat: kalian nggak harus mengerti semua kata yang kalian baca, yang terpenting adalah memahami konteksnya.
 
4.  Membaca dengan panduan jari


Sebagian orang mungkin menganggap membaca dengan panduan jari itu kebiasaan anak kecil yang belum begitu lancar membaca. Eits, jangan salah, membaca dengan metode seperti ini ternyata bisa membantu meningkatkan kecepatan membaca kalian, lho.  Gerakkan jari kalian pada barisan teks dengan kecepatan yang stabil, dan latih mata kalian untuk mengikuti kecepatan jari tersebut saat membaca. Mulai dengan perlahan, dan tingkatkan kecepatan jari kalian. Lama kelamaan, mata kalian akan terlatih untuk membaca sebaris kalimat dengan lebih cepat. Silahkan dicoba!
 

Nah, itu tadi sedikit tips bagi kalian yang ingin membaca dengan lebih cepat. Sekarang nggak ada lagi deh alasan kalau membaca itu buang-buang waktu. Selamat membaca!


Diubah oleh ahoy44 01-08-2019 08:54
oktavianus0807
bergajulmoment
totaldespair13
totaldespair13 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
6.7K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan