syafetriAvatar border
TS
syafetri
Sering Tertipu Saat Belanja? Simak Tips Berikut!


Assalamu'alaikum Agan dan Sista.

Kali ini ane mau berbagi tips dari pengalaman ga enak yang pernah ane alami saat belanja.

Pernah ga, Agan dan Sista merasa ditipu saat belanja? Gimana rasanya?Sakit hati?...pasti! kecewa?...jelas! Gimana enggak, terkadang harus menabung dulu berbulan-bulan untuk bisa membeli barang tersebut. Tau-tau malah tertipu. Duit habis, barang yang didapat tidak sesuai harapan.

Kasus barang rusak, specnya kurang, tidak sesuai promosi, kemahalan dan lain-lain, adalah hal yang sering kita dapati disaat merasa tertipu.

Saat itu, berbagai penyesalan menghinggapi. Sumpah serapah melimpah tak terbendung. Janji-janji pun terucap, 'ga akan belanja di sana lagi', 'ga akan beli yang ini lagi'.

Kalau sudah begini, bagaimana? Kita hanya bisa pasrah.emoticon-sad
Dengan perasaan berat dan terpaksa tetap memakai atau menggunakan barang tersebut. Karena kondisi yang sudah habis-habisan. Atau malah membiarkannya tergeletak dipojokon menunggu ada yang berkenan memungutnya. Bagi yang berkocek tebal tak terlalu menjadi masalah karena dengan gampang bisa membeli lagi yang sesuai keinginan hatinya.

Belajar dari pengalaman pahit itulah, akhirnya tulisan ini muncul. Bisa juga buat Agan dan Sista yang punya niat mau belanja... shopping...shoppingemoticon-Ngakak

Berikut tipsnya, ya..

1. Belanjalah di Saat Luang

Jangan belanja atau membeli sesuatu yang berharga mahal, maksudnya bukan beli sayur atau cabe ya GanSist, dengan kondisi terburu-buru. Karena otomatis otak kita cenderung untuk memprioritaskan waktu. Sehingga kita terkesan 'yang penting barangnya dapat'. Pikiran juga harus tenang dan rileks, agar kita bisa mengorek keterangan mengenai produk sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk membeli.

2. Teliti Sebelum deal.

Sebelum hari H atau jauh hari sebelumnya kita sudah harus dapat informasi yang lengkap mengenai barang yang akan kita beli. Misalnya barang elektronik atau gadged. Specnya apa saja, kita sudah harus tau, berapa harga pasaran, merek apa yang bagus dan sebagainya. Bila perlu, ajaklah teman yang benar-benar mengerti tentang barang tersebut.

Bertanya pada penjual disaat belanja belum menjamin keabsahan info. Adakalanya informasi yang diberikan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada pada produk.

3. Jangan Menyimpan Rasa Pada Penjual.

Ini ga kalah penting, GanSist. Pokoknya, jangan ada rasa deh.... Rasa apa aja? Bukan coklat dan strawberi, ya😂😂 tapi rasa-rasa ini, nih:

a. Rasa Kasihan.

'Dagangannya sepi, ga ada yang beli'. Pikiran seperti itu sering menjerumuskan kita untuk akhirnya membeli barang pada penjual tadi. Sesampainya di rumah, pas dicek lagi barulah kita mengerti mengapa dagangannya sepi. Karena barangnya memang ngga bagus, atau dia punya kebiasaan menipu.

b. Rasa Bersalah.

Kadang barang yang kita ingin harus dicarikan dulu ke tempat lain. Si penjual dengan semangatnya buru-buru mencari kesana-kemari demi untuk memuaskan kita sebagai pembeli. Tak ayal demi melihat usahanya yang sudah sedemikian rupa, rasa bersalah menguasai hati. Tanpa meneliti lagi karena sudah yakin barangnya pasti bagus, kita langsung minta 'bungkus'.

Padahal tidak harus begitu. Penjual memang sudah seharusnya memberikan pelayanan dan barang yang bagus untuk pembeli. Upaya yang dilakukannya, seperti apapun adalah sudah seharusnya begitu. Dan kita tidak mesti merasa sungkan atau tak enak hati, bila tidak jadi membeli. Karena itu juga adalah hak kita sebagai pembeli.

c. Rasa Suka.

Naaah ini! Biasanya hobi para abg atau jomblower nih, belanja sambil nyari jodoh.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Pedagang atau penjual sudah selayaknya berpenampilan menarik. Tak lain tujuannya memang untuk memancing kita para pembeli agar mampir ke tokonya. Logis aja, kita maunya dilayani oleh yang berpenampilan awut-awutan atau yang menarik?

Dari segi pelayanan pun mereka sudah dilatih dan diwanti-wanti untuk selalu ramah.

Lalu kita kepincut, terhipnotis dan mau aja membeli untuk menarik hatinya. Plis deh, dimatanya kita tak lebih dari segepok uang yang dengan segala daya upaya harus masuk ke mesin kasir. Ngga percaya, coba aja besok-besok datang lagi, trus tanya, "Bang, masih ingat saya, ngga?" Yakin dia bakal ingat? Kecuali dia tau kita akan belanja lagi di tokonya maka dengan sesegera mungkin dia akan bilang "ingat" meski sebenarnya ngga ingat.emoticon-Ngakak
Bersamaan dengan itu, setelah pengaruh hipnotis memudar, kitapun tersadar bahwa kita telah tertipu. Helloww... salah siapa coba? Makanya Gansist, buang deh jauh-jauh perasaan yang satu ini.

4. Mahal Belum Menjamin Kualitas

Ungkapan 'Ada barang, ada harga' untuk menunjukkan bahwa barang yang berkualitas itu pasti mahal, belum tentu benar.

Karena sebenarnya kita sendiri bisa menilai dan merasakan apakah suatu barang itu berkualitas atau tidak. Perasaan senang dan nyaman serta manfaat yang kita dapatkan dari barang yang kita beli, jauh lebih penting.

5. Jangan Tergoda Iklan

Namanya juga iklan. Iklan dibuat dan dirancang semenarik mungkin untuk meraup pembeli dan keuntungan sebanyak-banyaknya.

6. Tertipu Saat Belanja Online



Ini lebih menyakitkan lagi.
Sudah tertipu, ngga tau mesti nonjok siapa. Orangnya siapa, tokonya dimana, kita mau kemana?

Kalau sudah begini, lebih baik istighfar yang banyak ya Gansist, dari pada seisi rumah jadi sasaran.emoticon-sad

Mungkin untuk diri sendiri tak ada yang bisa kita perbuat bila tertipu dengan cara seperti ini. Tapi setidaknya kita berupaya agar jangan sampai orang lain juga ikut tertipu.

Dari situs merdeka.com, ane dapat wejangan jitu mengenai hal ini. Cekidot yuk, lebih kurang begini ya, Gansist:

Quote:


Semoga dengan sedikit info ini, bisa membantu Gansist untuk lebih waspada saat belanja.

Sekian dulu dari ane. Jangan lupa ya, jika berkenan dan suka dengan tulisan ini, bagi-bagi cendolnya serta komen-komen di bawah. Siapa tau ada pengalaman berbeda yang bisa kita share di sini.emoticon-Pelukemoticon-Peluk


Sumber gambar: google dan pyxabay




ummusaliha
anasabila
4iinch
4iinch dan 58 lainnya memberi reputasi
59
7.4K
169
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan