anggorofffAvatar border
TS
anggorofff
Didi Kempot - Menuju Tak Terbatas Dan Melampauinya


“Eh, kabarnya Didi Kempot lumpuh loh!” ujar seorang teman saya sewaktu SMK dulu. Saya yang punya TV pun gak yakin, kok saya gak tau beritanya. Lalu saya bertanya kenapa bisa lumpuh, dan jawaban teman saya adalah “kecapekan abis jalan lewati sewu kutho”. merujuk pada salah satu judul lagu Didi Kempot Sewu Kutho yang dalam bahasa indonesia artinya seribu kota.

Entah guyonan tadi termasuk humor bapak-bapak atau bukan, yang jelas hal tersebut menyimpan  pesan yang berharga. Bahwa, generasi muda (khususnya suku jawa) masih mencintai musik tradisional dan senimannya. Hal yang patut diapresiasi di tengah musik modern yang berlalu-lalang di tanah air.

Saya rasa Didi Kempot sudah menjadi salah satu legenda musik di indonesia. Sihirnya sudah menembus batas suku, budaya dan bahasa. Ada aura magis yang seolah bisa meresap sempurna sampai ke ubun-ubun. Orang yang tak mengerti bahasa jawa pun bisa merasakan sayatan di setiap lirik lagunya. Sama saat kita mendengar lagu berbahasa inggris, korea, ataupun jepang yang kita suka. Terkadang sebelum tau arti liriknya, kita sudah bisa merasakan lagu tersebut bercerita tentang apa.

Sedikit cerita, beberapa waktu lalu saya menghadiri ulang tahun Partai Kebangkitan Bangsa yang menghadirkan Didi Kempot sebagai bintang tamu. Beberapa jam sebelum didi kempot tampil sudah banyak orang yang memadati jalanan sekitar acara tersebut diselenggarakan. Bahkan yang hadir bukan hanya orang jawa saja. Bagaimana saya tau? Ya karena sebagian dari mereka berbincang memakai bahasa indonesia. Jika sesama orang jawa pasti mereka berbincang dengan bahasa jawa dong. Percayalah, gak srek kalau kita ngomong sama orang sedaerah pakai bahasa indonesia.


Saya rasa, sebenarnya banyak fans Didi Kempot yang ada di tanah air, tapi mereka tak pernah menyatakan dirinya sebagai fans didi kempot. Mirip seperti perasaanmu tak tak kunjung berani kau nyatakan pada pujaan hatimu. Hanya menunggu wadah untuk mereka berkumpul dan menampakkan diri bahwa sebenarnya mereka ada.

Saat saya kecil ibu saya sering memutar lagu-lagu campursari melalui VCD player. Beberapa musisi yang CDnya sering ibu saya putar yaitu Cak Dikin, Sony Josz dan yang tidak lain tidak bukan sang maestro Didi Kempot. Jadi secara tidak langsung sebenarnya saya tumbuh bersama lagu-lagu didi kempot, mungkin ini juga terjadi dengan anak lain seusia saya.

Dulu lagu yang saya gemari dari didi kempot adalah lagu yang bernuansa riang seperti cucak rowo, sekonyong koder, kuncung dan tanjung perak. Namun saat beranjak dewasa lagu yang saya suka pun beralih ke yang lebih melow. Cidro, layang kangen, tanjung mas ninggal janji adalah salah banyaknya. Mungkin karena menyesuaikan dengan pengalaman hidup yang telah dialami.

Tenyata lagu-lagu melow tersebutlah yang berhasil menjaring anak muda untuk kembali mencintai musik campursari. Patah hati, perbedaan kasta sosial dalam hubungan, diselingkuhi, LDRan adalah hal yang sangat relate dengan anak muda. Mungkin dulu banyak yang tidak menunjukkan kecintaannya pada didi kempot karena malu. Anak muda kok dengernya didi kempot, nggak gaul blas.Padahal di dalam hatinya lirik-lirik lagu didi kempot sudah terukir abadi.

Kini anak muda sudah terang-terangan mendeklarasikan diri sebagai sadbois dan sadgerls. Ini bisa terjadi karena banyak juga anak muda di luar sana yang sama-sama mempunyai kisah cinta yang tragis. Ndilalah kok setel sama lagu-lagunya Didi Kempot, jadi patah hatinya terwadahi. 




Nyatanya, Didi kempot berhasil membuat patah hati bisa menjadi semenyenagkan ini. Patah hati hanya perlu diratapi seperlunya, lalu dijogeti sepuasnya. Akhir kata saya tutup thread ini dengan kutipan dari The Godfather of Broken Heart yang begitu sederhana dan mengena.

“Patah hati boleh, patah semangat jangan sampai”.

Silakan ditonton #NgobamDidiKempot bagi yang belum menonton





SOURCE
Gambar 1
Gambar 2
Diubah oleh anggorofff 29-07-2019 14:05
july00artha
fira262
09092018
09092018 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
13.6K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan