alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Fashionista /
Kebaya Sebagai Pakaian Perempuan Indonesia
4.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d58e85ef4d69552905489c5/kebaya-sebagai-pakaian-perempuan-indonesia

Kebaya Sebagai Pakaian Perempuan Indonesia

Kebaya sebagai salah satu pakaian tradisional khas Indonesia, sudah sepatutnya kita lestarikan.

Kebaya Sebagai Pakaian Perempuan Indonesia

Banyak sumber yang mengatakan bahwa kebaya itu merupakan pakaian perempuan yang berasal dari luar negeri.

Namun tak sedikit juga yang mengatakan kebaya itu merupakan pakaian tradisional dari Indonesia. Gansis pasti bingung, kan? Yang mana sebenarnya kebaya yang asli dari Indonesia, karena begitu banyaknya model kebaya yang ada di negeri kita tercinta ini. Kekayaan adat, seni dan budayanya sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Yang tertunya membuat kita semakin bangga menjadi warga negara Indonesia.

Jadi, yang disebut kebaya asli Indonesia itu, adalah kebaya jenis kutu baru, yang berasal dari Jawa Tengah. Kebaya jenis ini muncul di akhir abad ke-18.

Kebaya Sebagai Pakaian Perempuan Indonesia

Sumber gambar DI SINI


Pada zaman dahulu yang boleh memakai kebaya hanya dari golongan bangsawan saja, sehingga status sosial seseorang dapat dilihat dengan mudah dari pakaian yang dikenakannya.

Barulah kemudian pada era Presiden Soekarno. Presiden Republik Indonesia yang pertama, kebaya ditetapkan sebagai pakaian nasional untuk perempuan Indonesia.

Yang dapat dipergunakan dalam menghadiri acara-acara resmi kenegaraan. Ibu negara seperti Ibu Fatmawati Soekarno dan Ibu Tien Soeharto juga sering mengenakan kebaya jenis kutu baru dalam setiap acara-acara kenegaraan.

Kebaya Sebagai Pakaian Perempuan Indonesia

Kebaya Sebagai Pakaian Perempuan Indonesia

Sumber gambar DI SINI


Tidak hanya mampu memperidah penampilan seorang perempuan, kebaya juga memiliki makna tersendiri, yaitu melambangkan pribadi perempuan Indonesia yang halus dan sikap serba lembut.

Sampai saat ini kebaya digunakan oleh perempuan Indonesia hanya dalam menghadiri acara-acara tertentu saja. Seperti upacara persembahyangan yang ada di Bali, upacara pernikahan, sampai pada acara wisuda.

Kebaya Sebagai Pakaian Perempuan Indonesia

Sumber gambar DI SINI


Kebaya Sebagai Pakaian Perempuan Indonesia

Sumber gambar DI SINI


Kebaya Sebagai Pakaian Perempuan Indonesia

Sumber gambar DI SINI


Tak dapat dipungkiri, perkembangan zaman yang semakin moderen juga berdampak pada cara berpakaian anak muda di Indonesia, yang lebih meniru cara berpakaian artis-artis film barat atau film drama korea, sehingga penggunanan baju kebaya semakin dilupakan. Padahal dengan baju kebaya menurut ane sendiri, seorang perempuan akan lebih terlihat anggun dan sopan.

Untuk itu demi menjaga kelestarian budaya nusantara, beberapa daerah seperti di Provinsi Bali, telah menetapkan hari kamis sebagai hari berbahasa Bali dan berbusana adat Bali, dimana busana adat Bali untuk perempuan sangat identik dengan penggunaan kebayanya.

Para siswi dan guru perempuan, serta PNS, juga semua kariawan swasta perempuan, yang ada di Bali, diwajibkan mengenakan kebaya pada hari Kamis, hari Purnama, hari Tilem, dan hari jadi Provinsi Bali serta hari jadi Kabupaten/kota.

Selain berdampak positif dari segi pelestarian budaya, yang mampu menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini pada anak-anak Indonesia, secara otomatis juga mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Akan banyak muncul para wirausaha di bidang tata busana, khususnya pembuatan atau perbaikan baju kebaya. Sehingga mampu mengurangi jumlah pengangguran akibat sedikitnya lapangan pekerjaan.

Semoga thread ane kali ini bisa bermafaat ya, Agan and Sista.

18/08/2019

Sumber referensi :
DI SINI

DI SINI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blackrosest dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
reserved
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi

Mampir Juga Di Thread Ane Yang Lainya Ya Agan, Sista. Klik Gambar di Bawah Ini 👇

Kebaya Sebagai Pakaian Perempuan Indonesia
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
kebaya Indonesia
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
semoga bermanfaat
Woi...apan nih...??!!!
GAK SESUAI SYARIAT
emoticon-Ngamuk
emoticon-Ngamuk
Quote:


Kalau kebaya sudah bisa dpakai utk semua kalangan berarti sudah penyetaraan status sosial ya
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
wanita terlihat anggun saat menggunakan kebaya
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Quote:


😅 iya ... jaman sekarang status sosial sudah tidak dapat dibedakan hanya dengan melihat pakaiannya saja ..

Malahan sekarang banyak kalangan elit yang lebih nyaman memakai pakain sederhana ...
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Hu um bener banget Sista ...
Quote:


Bener banget itu, kelihatannya simpel cuma celana jeans sama kaos putih polos aja tapiiiii rumahnya kayak istana
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Quote:


Hu um ...
Kaya Om Mark pendiri FB ...
Pakaian sehari harinya kaos ma celana jeans biasa aja ...

Keren dah pokoknya jiwa sederhana itu
..

Kebaya juga banyak yang modelnya sederhana tapi anggun dipandang mata ...

Menyirikan kesederhanaan perempuan Indonesia ...
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Iya kebaya jaman dulu kan aslinya emang sederhana

Nggak banyak aksen hiasannya, modelnya juga
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Quote:


Hu um ... kecuali yang buat kalangan keraton atau kerajaan ...
Pakai hiasan emas lengkap ...
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Mantul, Gan. Sangat informatif
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
pernah pake kebaya di usia 12 tahun. sampe sekarang belum lagi. Ternyata kebaya tak lekang oleh waktu, ya. tetap populer dan semakin tampak elegan untuk dipakai 😉
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Quote:


Tengkyu sudah mampir Sista ..
Quote:


Iya bener banget ...

Elgan dan anggun ... 😊
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Quote:


Yes, Bang emoticon-Jempol
Keliatan makin feminim dan anggun kalo pakai kebaya
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Quote:


Hu um bener beud Sista ...
Tambah cantik 😊
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di