lintangayudyAvatar border
TS
lintangayudy
Kebaya Sebagai Sarana Peribadatan


Assalamualaikum, Agan-agan dan Sista-sista. Apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, amiin.

Apa pendapat agan dan sistah melihat perempuan berkebaya? Kalo buat ane sih anggun. Indonesia banget nggak, sih? Cantik paripurna pokoknya.

Sekarang kebaya sudah menjadi trend fahsion. Banyak sekali jenis kebaya saat ini, seperti, kebaya brokat, kutubaru, lurik, bludru dan lain-lain. Modelnya pun bermacam-macam bahkan ada model syar'inya loh. Apa model favorit Sista-sista? Kalo ane sih lebih suka yang kutubaru, tampak anggun aja gitu.

Di daerah tertentu kebaya bukan hanya sebagai pakaian semata. Seperti di daerah suami ane, Bali. Bagi umat Hindu di Bali kebaya juga sebagai sarana untuk beribadah. Kalau kita jalan-jalan di Bali pasti kita bakal sering melihat masyarakatnya memakai kebaya, baik itu di pasar, sekolah, jalan, tempat wisata apalagi di Pura.

Nah, Gansist ternyata walaupun sama-sama kebaya tetapi tata cara berpakaiannya berbeda ditiap acara sembahyangan loh. Penggunaan warna kebaya disesuaikan dengan jenis upacara persembahyangan. Misalnya kebaya warna putih digunakan saat upacara Dewa Yadnya, kebaya warna hitam digunakan saat upacara kematian dan ngaben, pakaian kuning digunakan untuk gadis yang belum menikah, dan warna merah digunakan untuk wanita yang sudah menikah.

Pengen tau seperti apa kebaya di acara persembahyan? Nih ane kasih gambar kebaya yang digunakan saat persembahyangan dan kebaya pengantin dari dokumentasi pribadi sewaktu pernikahan adik ane di Bali.







Cantik-cantik kan sista, kebaya menambah kesan anggun bagi si pemakainya. Nggak pingin nyoba?

Nah, sudah tau kan sekarang, Gansist. Bahwa di daerah tertentu kebaya dijadikan sarana untuk beribadah. Dan dalam beribadah pun memiliki tata caranya sendiri.

Gansist, kebaya merupakan warisan bangsa dan kita sebagai generasi penerus bangsa wajib bangga dan dapat melestarikannya.

Sekian dulu trit dari ane, semoga bermanfaat bagi sobat kaskuser. Jangan lupa tinggalin cendol dan subscribe yah.

Sampai jumpa di trit ane selanjutnya, papay ....

Sumber link. di sini
Sumber gambar. Dokpri
corongalam
abellacitra
tata604
tata604 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
3K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan