monbebemx
TS
monbebemx
Wali Kota Bekasi Ungkap Gagasan Menjadi Jakarta Tenggara

TEMPO.CO, Bekasi - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengungkap ada yang menggagas Kota Bekasi menjadi bagian dari ibu kota sebagai Jakarta Tenggara. Tapi, untuk merealisasikannya dibutuhkan keputusan politik.

"Kalau politiknya setuju dan jalan, ya berubah," kata Rahmat Effendi usai sidang paripurna istimewa HUT RI ke-74 di Gedung DPRD Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Jumat 16 Agustus 2019.

Menurut dia, keputusan politik berada di DPR, sama halnya ketika memutuskan pemekaran Kabupaten Bekasi pada 1997.

Rahmat mengungkap gagasan Jakarta Tenggara menanggapi Bupati Bogor Ade Yasin dan Wali Kota Bogor Bima Arya yang menggagas Provinsi Bogor Raya. Provinsi ini akan mencakup pula Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok.

Rahmat menunjukkan ketidaksetujuannya akan gagasan itu. Dia mengatakan, "Mungkin Bekasi itu lebih identik dengan Jakarta, karena secara kultur, budaya yang betawi."

Dia juga menyodorkan ihwal administrasi hukum yang melemahkan ide kota itu bagian dari Bogor Raya. Misalnya, Polres Metro Bekasi Kota di bawah naungan Polda Metro Jaya, dan Komando Distrik Militer 0507 Bekasi di bawah naungan Kodam Jaya/Jayakarta. "Hanya administrasi pemerintahan ke Jawa Barat," ujar Rahmat Effendi.


Diubah oleh monbebemx 18-08-2019 10:12
muhamad.hanif.2Ariwanaskudanil.la
kudanil.la dan 2 lainnya memberi reputasi
3
8.5K
98
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan