grayareaAvatar border
TS
grayarea
NOVEL REVIEW : TANAH ASTRAL KARYA DIAN ARIEF WAHYUDI


TO MY THREAD


NOVEL REVIEW : TANAH ASTRAL KARYA DIAN ARIEF WAHYUDI


Hallo kaskuser, agan - agan yang ganteng dan sista - sista yang cantik. Kali ini gw mau melakukan "review" novel fantasi karya "Dian Arief Wahyudi" berjudul "Tanah Astral".

Spoiler for Warning spoiler inside:


Jujur aja, gw sendiri memang suka baca novel yang "genre"nya bertemakan dunia fantasi dimana pemeran utamanya dibuat "over power" a.k.a "OP" dengan bumbu - bumbu "isekai" dan "harem".

Selama ini gw belum pernah bisa menemukan buku bacaan yang memiliki alur cerita dengan bumbu - bumbu tersebut yang asli buatan orang Indonesia.

Gw juga suka sama novel yang genrenya bertemakan wuxia, xanxia, dark fantasy, sci-fi, mystery, romance, adventure, martial arts, supranatural, slice of life, blood and gore, mature, 18+, violence, sekai, ecchi, harem, nudity, sexual content.


Selama ini gw selalu baca novel - novel bergenre diatas pada beberapa aplikasi android ataupun ipong seperti wattpad, webnovel ataupun kesitus - situs novel diluar negeri hingga beli bukunya langsung online melalui amazon, playbook, kindle ataupun ebay karena buku - buku bergenre tersebut jarang dijual di Indonesia.

HINGGA SUATU HARI, GW MENEMUKAN NOVEL YANG GAK KALAH SERU KUALITASNYA DENGAN NOVEL - NOVEL FANTASI LUAR NEGERI.

Oke gan and sis, sebelum kita "review" novel ini ada baiknya kita kenalan dulu dengan sang novel dan buku - bukunya oke?


Sumber berasal dari playstore dan playbook

Gw sendiri termasuk salah satu pembaca setia yang selalu ngikutin novel ini semenjak jilid I keluar hingga saat ini jumlah jilid yang telah beredar dipasaran ada VI jilid dan masih belum tamat.

Kenapa gw bilang ini novel unik? Karena cerita yang diilustrasikan penulis itu ada bumbu - bumbu "echi" dan "harem".

Yah elu semua tahu lah apa itu "echi" dan "harem"? Yup ada unsur dewasanya, "nude" dan kisah cinta sang tokoh dengan banyak wanita.


Sumber berasal dari playstore dan playbook

Tanah Astral adalah satu - satunya Novel Fantasi karya anak bangsa yang menggabungkan unsur – unsur Nusantara dengan kehidupan fantasi.

Novel ini sendiri merupakan bacaan berseri yang sejauh ini belum tamat.

Jilidnya sudah mencapai 6 biji dan gw rela ngikutin ini cerita dari awal hingga sekarang karena memang alur ceritanya yang ringan dan unik.

Tanah Astral adalah sebuah novel yang mengisahkan perjalanan seorang pemuda bernama Reno Prayuda ke dalam dimensi lain bernama “Tanah Astral”.
 
Pemeran utama adalah anak berumur 16 tahun dari pasangan keluarga petani yang berlokasi di desa bintang.

Reno hobi sekali dengan cerita khayalan, supranatural dan bela diri sejak kecil.

Walau miskin, hobi Reno untuk memperoleh bacaan berkualitas tidak pernah menjadi penghambat dirinya untuk tidak membaca cerita fantasi.


Sumber berasal dari playstore dan playbook

Demi memuaskan rasa hausnya akan dahaga dunia fantasi, Ia rela menabung sedikit demi sedikit untuk memperoleh buku – buku fantasi yang selama ini ia gemari.
 
Uang yang berhasil ia kumpulkan tersebut akan kemudian ia gunakan untuk membeli buku – buku bacaan yang ia suka.
 
Pada suatu hari ketika Reno dan Bapak pergi menjual hasil tani kepenadah hasil pertanian dikota, sang pemuda menyempatkan diri untuk masuk kedalam sebuah toko buku misterius untuk membeli buku yang selama ini ia idam – idamkan berjudul “Mraga Sukma”.
 
Buku yang baru saja sang pemuda beli itu ternyata memberikan langkah praktis untuk mengeluarkan tubuh halus dari tubuh fisik agar bisa menjelajah dimensi alam lain.
 
Sekembalinya dari kota, Reno secara tekun mempraktikan langkah – langkah  yang disajikan dalam buku “Mraga Sukma” setiap menjelang tidur.



Sumber berasal dari playstore dan playbook

Reno tidak pernah sangka kalau jerih payahnya menekuni langkah - langkah tersebut secara mengejutkan berhasil mengeluarkan kesadaran dirinya (“tubuh halus”) keluar dari tubuh fisik sang pemuda.
 
Selain berhasil mengeluarkan tubuh halusnya, Reno juga secara tidak sengaja berhasil menemukan sebuah pintu portal yang membawa dirinya masuk kedalam dimensi alam fantasi yang dipenuhi dengan bangsa, ras dan mahluk – mahluk mitologis yang selama ini hanya bisa ditemukan dalam cerita dongeng.
 
Cerita perjalanan Reno tentu tidak seindah pemandangan yang ia temukan dalam petualangannya menjelajah tanah astral.

Sang Pemuda harus bisa bertahan hidup didalam higemoni yang mengagung – agungkan kekuataan bak jaman purbakala “where the strong seek the weak” dimana si kuat memangsa yang lemah.
 
Reno memperoleh berbagai kesaktian luar biasa ketika ia mulai menjelajah dunia baru tersebut.
 
Tanah astral adalah dunia fantasi dimana tidak hanya kekuatan sangat diagung – agungkan tetapi juga penuh dengan mahluk mitologis dan pemandangan kolosal.
 
Dunia baru ini kemudian mengajak sang pemuda untuk bertualang kealam mistis yang dipenuhi dengan kerajaan, sekte dan ras - ras mistis dan melegenda.
 
Perjalanan Reno dalam menjelajahi dunia baru ini penuh dengan kisah misteri, percintaan, pertempuran, perebutan kekuasaan dan adu kekuatan.

Spoiler for Review Pembaca:
rampratamadhan
islamisdevi
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
6.1K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan