alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Mondok, Yuk?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d58bf784601cf66783a9851/mondok-yuk

Mondok, Yuk?

Mondok, Yuk?

Mondok, Yuk?
sumber gambar

Assalamualaikum, apa kabar sobat kaskuser? Semoga Allah selalu memberi kesehatan dan keselamatan untuk kita semua, amiin.

Gansist, tau kan apa itu Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren? Yang belum tau, kuy kah simak baik-baik trit ini.

Gansist, trit ane kali ini mau nerangin sedikit tentang lembaga pendidikan Pondok Pesantren. Secara ane juga alumni pesantren loh, for your information aja, Gansist.

Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan dimana para santri (siswa) belajar dan tinggal bersama di bawah bimbingan seorang guru atau yang sering disebut kiai.

Gansist, ane dulu pernah belajar di salah satu Pondok Pesantren Modern di Jawa Tengah. Betewe ada yang pernah mondok? Kuylah kita berbagi pengalaman di sini.

Gansist, di dalam Pondok Pesantren ane dulu, kita tidak hanya belajar ilmu agama saja tetapi juga belajar ilmu umum. Di dalam area pondok pesantren sudah terdapat gedung pendidikan formal seperti sekolah SD, SMP, SMA bahkan sampai perguruan tinggi untuk sarana santri menuntut pendidikan formal. Jadi selain mendapatkan ilmu agama, ane juga dapat ilmu dari sekolah formal. Mantap kan? Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Di beberapa pesantren modern juga menerapkan memakai bahasa asing untuk keseharian, seperti bahasa Inggris, bahasa arab. Termasuk di pesantren ane Gansist, ada jadwal tertentu misal hari selasa dan jumat menggunakan bahasa arab, hari sabtu minggu menggunakan bahasa inggris, sisanya terserah kita. Makin mantul, kan?

Kegiatan belajarnya juga padat, Gansist. Jadi tidak ada waktu yang terbuang percuma, apalagi buat kongkow-kongkow nggak jelas. Jika membolos tidak mengaji, siap-siapin diri anda untuk di dihukum.

Mondok, Yuk?
sumber gambar


Di pesantren kita juga belajar mandiri. Tidak ada lagi orang tua yang memcucikan baju kita, menyediakan makanan kita sehari-hari, semua kita kerjakan sendiri.

Selain itu di pondok pesantren juga tidak menggunakan sistem zonasi, semua santri dari daerah manapun ditampung menjadi satu. Berbaur dengan teman yang berbeda suku itu menyenangkan loh, Gansist. Kita bisa belajar bahasa ibu mereka. Makanya tak jarang santri bisa beberapa bahasa daerah di Indonesia. Seperti ane Gansist, bahasa jawa bisa, ngapak bisa, sedikit mengerti bahasa sunda, bahasa bali juga bisa. Gimana? Asyik, kan?

Jadi belajar di Pondok Pesantren tidak kalah unggul dengan dengan Lembaga pendidikan formal lainnya kan?

Gimana Gansist, tertarik nggak untuk menyekolahkan anak-anak atau saudara kita di lembaga pendidikan pondok pesantren?

Sekian dulu trit dari ane. Sampai ketemu lagi di trit berikutnya. Semoga informasi ane bermanfaat buat kaskuser yang tengah dilanda galau untuk memilih sekolah untuk anak-anak atau saudaranya.

Trit ini opini dari ane sendiri, jika ada kesalahan mohon dikoreksi dengan bahasa yang santun. Dan jika ada kekurangan, bisa ditambahin di kolom komentar.

Jangan lupa tinggalin cendol dan subscribe ya, Gansist.

Sampai jumpa, papay ....

Sumber tulisan. Asli ts
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 8 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
pejwan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
pejwan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
gimana ya, mondok ini sebenarnya sangat bagus supaya anak mandiri.

tapi tidak sedikit cerita lulusan pondok malah jadi anak nakal. karena banyaknya aturan dan kekangan emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rapunzel.icious dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tidak bisa diambil kesimpulan seperti itu juga, kalau memang ada bibit nakal mau dia berasal dari pesantren atau sekolah umum ya tetap saja nakal, jadi bukan karena aturan yang ketat dari pondok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lintangayudy dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tidak sedikit mbak, dan aku kurang sepakat dgn adanya "bibit nakal".

Kenakalan itu ibarat asap setelah api. Ada sebab setelah akibat. Yangmana dalam kasus ini adalah lingkungan.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Quote:


Aku dulu termasuk kategori 'nakal' di pondok. Sering bolos mengaji, sekolah dll. Pernah berantem dengan kakak kelas. Tapi setelah lulus pondok justru nyesel. Kebanyakan temen-temen yang dukunya menyia-nyiakan waktunya di pondok justru menyesal loh
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Quote:


Betul, mbak. Karena peraturan di lembaga manapun pasti juga ada yang melanggar. Baik di pondok maupun di sekolah formal.
Quote:


Oke aku setuju tentang tidak adanya bibit nakal, tapi aku juga kurang setuju dengan statement 'lulusan pesantren' malah jadi nakal.

Aku penganut paham IPO, input-process-output

Kalau dia masuk pesantren sebagai anak baik, lalu berproses dengan baik maka hasilnya akan baik.

Jika dia masuk pesantren dengan cara tidak baik (banyak kasus ataupun paksaan) ada dua kemungkinan bisa dia berproses menjadi baik, bisa juga dia malah menjadi.

Aku punya case adikku sendiri sih, dia anaknya lumayan pendiem tapi karena dia anak laki2 pertama jadi seperti dimanja dan sangat bermasalah 4 kali pindah sekolah umum karena ada kasus, terakhir dia sendiri yg minta pesantren di kota cirebon ... dia berproses, keluar dari pesantren dia benar2 jadi pribadi yg beda.
Aku ajah yg kakak kandungnya hopeless dia bisa berubah, nyatanya bukan aturan pesantren yg buat seseorang keluar jalur. Tapi dari dirinya sendirilah penentunya.
profile-picture
profile-picture
lintangayudy dan agungdar2494 memberi reputasi
Quote:


Iyup. Aku justru nggak nakal Setelah menjadi alumni. Walaupun menurutku masih dalam tahap kenakalan anak remaja pada umunya.
udah puas ane dipesantren brew dari smp
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
tergantung orang tua masing2
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
anak sebaiknya jangan dipaksa untuk masuk ponpes.. jadi jika agan/ aganwati pingin masukin anaknya ke pesantren, persiapkan anak sebaik mungkin dr berbagai sisi.. beri pengertian yg baik dan berimbang tentang kehidupan di ponpes ke anak agar anak tertarik..
1. temen (tekun)
2. sabar
3. kuat
4. ikhlas..
dan yg penting ortu di rumah juga harus berperilaku sebagai seorang santri agar menjadi contoh untuk anak..
{thread_title}

Ini kamar ane dulu waktu di pondok.. sekamar buat 7 orang.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
Quote:


Keren. Ane cuma 3 tahun doang.
Quote:


Iya. Ane selalu ceritain gimana suasana di pondok. Dan anak ane juga sering ane ajakin nyambangi adik ane yg dipondok. Alhamdulillah dia tertarik.
Quote:


Karena pendidikan bukan hanya tanggung jawab guru, dan pemerintah tapi juga orang tua.
Ayyu ma'hadin gan
Sesama alumni pondok merapat lah emoticon-Leh Uga
Diubah oleh fawwaz14
Selama mondok ada kegiatan upacara bendera atau tidak?Dah ada lho bukti bahwa ada ponpes di Jabar yang mengharamkan untuk hormat kepada bendera merah putih.Alasannya"Di al quran dan hadist tidak ada perintah untuk hormat kepada bendera merah putih"Silakan jawab pertanyaan ane
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
oke oke saja seh
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
Quote:


Asiyapp gan emoticon-Traveller
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di