physicsontheskyAvatar border
TS
physicsonthesky
Ini Dia 14 Nama Wilayah Baru di Permukaan Pluto

Nama fitur baru di permukaan Pluto ditunjukan dengan huruf berwarna kuning

International Astronomical Union


International Astronomical Union (IAU), sebuah organisasi yang berperan sebagai otoritas yang diakui secara internasional untuk penamaan benda dan fitur permukaan benda langit, secara resmi telah menyetujui 14 nama fitur baru di permukaan Pluto. 14 nama fitur baru ini adalah Alcyonia Lacus, Elcano Montes, Hunahpu Valles, Khare, Kiladze, Lowell Regio, Mwindo Fossae, Piccard Mons, Pigafetta Montes, Piri Rupes, Simonelli, Wright Mons, Vega Terra, dan Venera Terra. Nama-nama baru ini diusulkan oleh tim New Horizons NASA, yang telah berhasil mengirim wahana luar angkasa pertama yang sampai ke Pluto pada tahun 2015.

14 nama fitur terbaru Pluto ini berasal dari nama perintis misi luar angkasa, ilmuwan, penjelajah, misi luar angkasa dan berdasarkan mitologi. Berikut adalah penjelasan dari nama-nama fitur terbaru Pluto:

- Alcyonia Lacus (danau Alcyonia) diambil dari nama danau di Yunani. Nama ini juga diambil dari Alcyonian, sebuah pintu masuk ke dunia bawah di mitologi Yunani.

- Elcano Montes (pegunungan Elcano) diambil dari nama Juan Sebastián Elcano, penjelajah asal Spanyol yang berhasil keliling dunia pada tahun 1522.

- Hunahpu Valles (ngarai Hunahpu) diambil dari nama pahlawan dimitologi Maya yang berhasil mengalahkan para penguasa dunia bawah.

- Kawah Khare diambil dari nama Bishun Khare (1933-2013). Bishun Khare sendiri adalah seorang ahli kimia yang meneliti unsur-unsur di atmosfer planet.

- Kawah Kiladze diambil dari nama Rolan Kiladze (1931-2010). Rolan Kiladze adalah seorang astronom asal Georgia, sekaligus perintis dibidang astrometri dan fotometri.

- Lowell Regio diambil dari nama  Percival Lowell (1855-1916), seorang astronom Amerika yang mendirikan Observatorium Lowell di Flagstaff, Arizona, dan memimpin sebuah usaha yang berpuncak pada ditemukannya Pluto.

- Mwindo Fossae diambil dari nama pahlawan disebuah kisah lisan yang biasa diceritakan oleh Nyanga, orang-orang dari Kongo. Dikisah ini, Mwindo adalah seorang raja bijaksana dan kuat yang pergi ke dunia bawah.

- Piccard Mons (gunung Piccard) diambil dari nama Auguste Piccard (1884-1962), seorang penjelajah dan ahli fisika yang terkenal karena penerbangannya menggunakan balon ke lapisan stratosfer.

- Pigafetta Montes (pegunungan Pigafetta) diambil dari nama Antonio Pigafetta (1491-1534), seorang penjelajah asal Italia.

- Piri Rupes (tebing Piri) diambil dari nama Ahmed Muhiddin Piri (1470-1553), seorang navigator dan kartografer Ottoman yang dikenal karena peta dunianya.

- Kawah Simonelli diambil dari nama Damon Simonelli (1959-2004), seorang astronom yang melakukan penelitian tentang proses terbentuknya Pluto.

- Wright Mons (gunung Wright) diambil dari nama Wright Bersaudara. Wright Bersaudara adalah dua orang kakak beradik, yang terdiri dari Orville Wright dan Wilbur Wright, yang berhasil merancang dan menerbangkan pesawat terbang pertama di dunia.

- Vega Terra (daratan Vega) yang diambil dari nama wahana luar angkasa Vega 1 dan 2 milik Uni Soviet. Wahana ini menjadi wahana pertama yang mengorbit Venus dan komet Halley.

- Venera Terra (daratan Venera) diambil dari nama misi Venera Uni Soviet pada tahun 1961. Wahana Venera digunakan untuk meneliti dan memotret permukaan Venus. Wahana ini adalah perangkat buatan manusia pertama yang berhasil memasuki atmosfer planet lain, mendarat di planet lain, dan mengambil gambar permukaan di planet lain.

New Horizons adalah wahana luar angkasa yang dibangun dan dioperasikan di Laboratorium Fisika Terapan Johns Hopkins di Laurel, Maryland. Wahana ini telah berada di jarak sekitar 6,6 miliar kilometer dari Bumi. Sampai saat ini wahana ini masih mentransmisikan data emoticon-Smilie

Sumber:
International Astronomical Union (IAU) - https://www.iau.org/news/announcemen...tail/ann19052/

Physics On The Sky

Line: @ROT9595H
Instagram: physicsonthesky
Kaskus: physicsonthesky
Facebook: Physics On The Sky


emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Jempol emoticon-Jempol
Diubah oleh physicsonthesky 11-08-2019 07:03
jagotorpedo
mr.croovooc
superdede101
superdede101 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
6.5K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan