alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Pamer Tren Ekonomi RI Meningkat, dari 4% Jadi 5%
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d56d5d92f568d423548c47c/jokowi-pamer-tren-ekonomi-ri-meningkat-dari-4-jadi-5

Jokowi Pamer Tren Ekonomi RI Meningkat, dari 4% Jadi 5%

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
Proklamasi

17 August 2019
Oleh : Dahlan Iskan

Cepat-cepatlah ke tempat upacara. Dan cepat-cepatlah kembali bekerja.

Biar pun hari ini libur --hari kemerdekaan Republik Indonesia. Yang saya tidak lupa: yang ke-74 warsa.

Hampir semua indikator ekonomi kita lagi tidak baik. Awalnya, dengan pilpres diharap berakhirlah ketidakpastian. Apalagi sudah terjadi rekonsiliasi radikal.

Neraca perdagangan, kurs, nilai investasi asing, tidak ada yang menggembirakan. Hanya inflasi yang terkendali --alhamdulillah.

Sudah begitu banyak masukan dari para ahli. Mulai dari yang 'gila' sampai yang biasa-biasa saja. Agar pertumbuhan ekonomi tidak berhenti di 5 persen. Bahkan terancam bisa turun lagi sampai 4,5 persen.

Kalau saya realistis saja. Ekspansi tidak mungkin. Kecuali dengan menambah utang. Dan kita tidak mau.

Minta agar BUMN ekspansif juga sudah sulit. Utang BUMN sudah amat mengkhawatirkan. Sudah sulit. Dengan senjata revaluasi aset sekalipun --untuk menambah ruang utang utang baru.

Dalam kasus PLN, melakukan revaluasi aset justru menjadi bencana: likuiditas PLN menjadi sangat ketat. Sampai harus melakukan pengetatan arus kas --yang berbuntut mati lampu itu.

Ekonom seperti Rizal Ramli pun menyebut revaluasi aset BUMN sebagai senjata. Saya pun setuju. Dengan syarat: pajak yang timbul akibat revaluasi harus ditunda. Toh ini sama-sama negara: kantong kiri kantong kanan.

Menteri keuangan pasti tidak setuju. Sudah tugasnya untuk banyak tidak setuju.

Tapi di atas menkeu kan masih ada presiden. Yang bisa memutuskan apa saja. Termasuk penundaan pajak BUMN.

Jangan sampai seperti PLN. Pajak revaluasinya dibayar lunas. Sekitar 15 triliun. Sedang revaluasi itu tidak menghasilkan pendapatan. Hanya menghasilkan utang. Yang juga harus dibayar bunganya. Kas PLN pun terkuras.

Seandainya ada di dalam negeri saya akan undang teman-teman pengusaha. Khususnya yang bergerak di ekspor. Cobalah kita diskusikan dengan santai. Ekspor apa saja yang kita masih bisa lakukan. Kita buat daftarnya. Sepanjang-panjangnya.

Daftar itu kita susun kembali. Diubah urutannya. Disesuaikan dengan skala prioritasnya.

Pengusahalah yang tahu semua itu. Bukan birokrat.

Tugas birokrat menyesuaikan aturannya. Agar target ekspor terpenuhi.

Seminggu penuh pembahasan itu dilakukan. Siang malam. Pastilah lahir daftar panjang tersebut.

Dari situlah angka ekspor bisa disusun. Bisa tahu mencapai berapa. Kalau kurang, didiskusikan lagi. Sampai ketemu angka yang ideal. Itu untuk kemajuan ekonomi negara.

Kalau perlu, ekspor menjadi 'perang baratayudha' zaman ini. Agar upacara 17 Agustus tahun depan bisa lebih meriah. Ingat, HUT Kemerdekaan tahun depan adalah yang ke-75. Angka misteri.

Kalau tidak, justru tahun depan kita merayakannya dalam keadaan resesi.(Dahlan Iskan)

https://www.disway.id/r/552/proklamasi
Lihat 2 balasan
Balasan post laziale.id
Quote:


ada nyinggung PLN
PLN itu sering rugi tapi tak pernah introspeksi kalau karyawannya sendirilah yang maling listrik
ane punya kenalan penikmat listrik curian yang dijual sama karyawan PLN
bayar ga sampai 10 juta nikmat geratisnya ga tau sampai kapan
AC kulkas nyala terus ga perlu khawatir
klo itu meningkat ya di syukuri lah bre. meskipun kecil

nasbung kok malah kepengen ekonomi turun
Quote:


Pamer stiker anti kebakaran cuk 🤣🤣
profile-picture
smogal memberi reputasi
Balasan post kaum.milenial
Yang disinggung soal pln itu adanya pajak setelah revaluasi aset.
Emang aneh klo revaluasi aset dikenakan pajak. Ini kayak penarikan pajak atas pendapatan write off di perbankan.

@kaum.milenial
Quote:


Lah jaman auto pilot aja bisa 6%, sampe dpt penghargaan dr ratu enggres
Jokowi Pamer Tren Ekonomi RI Meningkat, dari 4% Jadi 5%
Itulah knp kowi dulu brani janji 7% krn merasa sombong dgn jargon kerja3nya bisa ngalahin auto pilot. Taunya malah nyungsep parah.
Jokowi Pamer Tren Ekonomi RI Meningkat, dari 4% Jadi 5%
Itu bedanya kerja pake otak sama pake pencitraan
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan kaum.milenial memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


lah trus pengaruh skrg buat ente apa? ampe mikirin ekonomi negara mulu

sepi job demo?
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Diubah oleh frimen
pamer kegoblokan

emoticon-Bukan IGO

Balasan post pornwoow
Quote:



Trus jaman beye trun taun 2014 pertumbuhan ekonominya berapa ???.....emoticon-Wkwkwk
emoticon-Wkwkwk
Quote:


Manteb rakyat go boleh mikirin ekonomi. Trs disuruh iklas, sabar, tanam sendiri, ditawar. Gtu ya gan nuruti solusi dr pemerintah
Quote:


ngaruh buat ente n kaum nasbung kampret apah dong?
Quote:


Ya ngaruh lah, jokowi tu presiden rakyat indonesia apa presiden orang yg milih dia?
Quote:


contoh ngaruhnya apa? job demo sepi kah?
Quote:


Naik turun wajar bro stidaknya di 2011 bisa 6,5 % apalagi rezim sby dicap auto pilot. lha ini yg katanya rezim kerja3 nyentuh 6% aja kaga becus. Malu dong kalah sama yg auto pilot. Kek gni y g bakal dpt penghargaan dr ratu enggres
Lihat 1 balasan
Balasan post pornwoow
Jaman beye ketolong sm bom komoditas dr batubara,minyak,karet,timah sm komoditas unggulan lain. Waktu jaman beye itu prtumbuhan ekonomi cina & india smpe d 14%. Makanya saat ekonomi china dan india melambat akhirnya harga komoditas anjlok sprti skrng.....lo tau gak pertumbuhan ekonomi china & india skrng cm 6% doang...

Indonesia bs bertahan d kisaran 5% jg udh hebat saat india dan china pertumbuhan ekonominya terpangkas smpe 50%
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Quote:


Ya logika aja auto pilot sama yg katanya kerja3 harusnya meningkat dong ya. Masak kalah sama auto pilot. Trs ini apanya yg dikerjain? Citranya?
Lihat 1 balasan
Quote:


Hubungan demo apaan? Dr kmren ngalihin ke demo, g ada penjabaran yg lain ya? Masak kalah sama auto pilot. Yg katanya kerja3. Tau deh apa yg dikerjain. Malu tu sama kebo
Quote:


ngaruh ke ente n umat nasbung itu apah? hayooo
Balasan post pornwoow
Yg lg d kerjain sekarang fundamentalnya... Lo ngomong industri klo fundamentalnya buruk ya sm aja bohong. Emang investor dlm negeri dan luar negeri mau gitu aja ngabisin duitnya buat bisnis d tempat yg infrastrukturnya jelek ??....

Klo indonesia bergantung jual karet,sawit, batubara sm kayu hutannya smpe kpnpun bakal kalah smalaysia. Makanya bangun fundamental dulu
Quote:


Lho auto pilot aja bisa 6 persen yg katanya g bangun apa2 masak kowi yg katanya bangun sana sini kerja3 kalah sama auto pilot.
Lihat 1 balasan
Halaman 2 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di