aditya135Avatar border
TS
aditya135
7 Jajanan Kuliner Khas Sleman, Yang Wajib Agan Icip Ketika Liburan di Yogyakarta
Kabupaten Sleman merupakan satu dari kabupaten yang terletak di bagian paling utara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak hanya terkenal dengan wisata khas pedesaan dan juga pesona objek wisata alam Gunung Merapinya. Sleman Yogyakarta, ternyata juga menyimpan segudang kuliner khas yang tak kalah nikmat untuk membuat lidah kita bergoyang sekaligus ngangenin emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Nah bagi agan - agan yang kebetulan sedang "mlipir" atau mampir melewati kota berslogan Sleman Sembada ini, ane akan mencoba menyajikan beberapa sajian makanan atau kuliner khas sleman. Barangkali bisa menjadi referensi bagi agan - agan penikmat atau pecinta kuliner. Mau tau apa sajakah itu? Berikut ulasan selengkapnya :


1. Jadah Tempe 



Jadah Tempemerupakan gabungan dari 2 macam makanan yaitu jadah yang merupakan olahan dari ketan dan tempe ataupun tahu. Dengan rasanya yang gurih ditambah dengan makanan pendamping yakni tempe atau tahu yang diolah dengan cara dibacem dengan rasa legi (manis). Membuat siapa saja ingin ketagihan hingga tak sadar perut sudah kenyang. Akan lebih nikmat jika di temani dengan cabe rawit. Maka akan tercipta kombinasi rasa manis, pedah namun gurih.


Makanan ini umumnya disajikan dengan bungkus daun pisang. Dan bisa dengan mudah kita jumpai di sekitar are wisata alam Gunung Merapi, Kaliurang. Untuk harga dijamin tak akan menguras isi dompet agan. Cukup dengan Rp 5.000,- sd Rp. 10.000 per porsinya, agan sudah bisa menikmati kuliner yang satu ini.


Quote:



2. Salak Pondoh





Buah Salakbisa dibilang sebagai buah jajanan khas Sleman. Buah kaya vitamin ini banyak kita jumpai di sekitar daerah Kecamatan Turi, Tempel dan disekitar Jl. Raya Jogja - Magelang.

Banyak warga disana yang memanfaatkan lahan kosong mereka untuk membudidayakan tanaman ini. Rasanya yang manis dan daging buahnya yang besar membuat siapa saja ketagihan untuk menghabiskan lebih dari satu buah salak pondoh. Umumnya kita bisa membeli buah ini dengan harga Rp. 3.000,- sd Rp. 7.500 per kg. Cukup terjangkau bukan?


Quote:


3. Sate Kelinci Kaliurang



Selain jadah tempe di kawasan wisata Kaliurang agan bisa bisa dengan mudah menjumpai Sate Kelinci. Sesuai dengan namanya sate berbahan dasar dari daging kelinci. Dipadukan dengan bumbu kacang yak nikmat, apalagi ditambah dengan hawa sejuk khas lereng Gunung Merapi membuat rasa gurih dan lezatnya kuliner yang satu ini semakin lebih terasa. Harga per porsi juga cukup terjangkau hanya yakni hanya dengan Rp. 10.000,- agan sudah bisa menikmati sajian kuliner ini.


Quote:



4. Pepes Belut Godean




Belut dikenal dengan binatang licin yang hidup di lumpur atau sawah. Biasanya kita menikmati sajian belut dengan cara digoreng atau dijadikan sambal. Namun di kawasan sentra pengolahan belut di kawasan Godean, Sleman. Anda bisa menemukan yang namanya sajian pepes belut. Pepes belut umumnya disajikan dibungkus dengan daun pisang lalu ditambahkan parutan kelapa beserta bumbu - bumbu khas tradisonal. Rasanya yang umumnya pedas namun cukup gurih, membuat siapa saja ingin menggoyang lidahnya lebih lama. 


Selain Pepes belut agan juga bisa menemukan berbagai macam olahan belut di sekitar daerah Godean ini seperti belut saus tiram, gulai belut, kripik belut, nasi goreng belut dan botok belut. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi antara Rp. 7.500,- sd Rp. 15.000. Mau Mencoba?


Quote:



5. Sate Jaran / Kuda Godean




Selain Pepes Belut masih di kawasan sekitar Godean, Sleman agan juga bisa menemukan hidangan kuliner khas Slemanyang cukup menantang yakni Sate Jaran / Sate Kuda. Sate kuda memiliki tekstur yang empuk mirip daging sapi namun memiliki aroma khas yang lebih kuat dari daging sapi, tidak seamis daging kambing.

Selain rasa dagingnya yang nikmat dan gurih apalagi ketika disajikan dengan bumbu kecap pedasnya. Harga 10 tusuk daging sate kuda umumnya dipatok dengan harga Rp. 25.000,- / porsi. Sate kuda dipercaya untuk meningkatkan vitalitas dan nyali bagi siapa saja yang memakannya. Berani mencoba?


Quote:


6. Ayam Goreng Kremes Kalasan



Jika agan ingin menikmati ayam goreng kremessilahkan untuk mengunjungi ke kawasan Jalan Solo, Kalasan, Sleman. Letaknya ada di ujung timur Kabupaten Sleman berbatasan dengan Candi Prambanan. Ayam kremes di kawasan ini berbeda dengan ayam kremes di tempat lain terutama citarasa bumbu dan cara pengolahannya. Salah satu yang terkenal ialah Ayam Kremes Mbok Berek & Ayam Goreng Suharti.


Umumnya ayam kremes disajikan satu porsi dengan lalapan dan sambal. Rasanya yang gurih, empuk dan krispi ditambah dengan pedasnya sambal menambah citarasa ayam goreng ini semakin berlipat lipat. Harga per porsi umumnya dipatok Rp. 10.000,- sd Rp. 25.000,- tergantung paket menu ayam kremes yang agan ambil.


Quote:



7. Jajanan Pasar Tradisional



Sleman juga dikenal sebagai surganya kuliner jajanan tradisional. Di pasar - pasar tradisional agan bisa menjumpai aneka ragam jajajan atau makanan khas tradisional seperti apem, lemper, corobikan, klepon, onde - onde, jenang, kue lapis, nogo sari dan olahan jajanan lainnya. Pesona rasa makanan dipadukan dengan keramahtamahan para penjual di pasar tradisional membuat agan semakin mendalami akan citarasanya.

Tentunya juga agan akan bisa lebih mengenal kultur sosial masyarakatnya. Soal harga jangan ditanya, sudah pasti murah meriah rata - rata hanya perlu mengeluarkan uang dari Rp. 1000,- sd Rp. 3000,- per makanan. Cukup murah bukan?


Quote:




Itulah beberapa macam referensi kuliner khas Slemanyang wajib agan cicipi. Sempatkan untuk mencicipi hidangan khas kota ini, sembari menikmati suasana guyub rukun adem ayem khas pedesaan Sleman. Jaminan perut kenyang, hati yang tenangpun juga didapat. Supaya muat, jangan lupa siapkan space yang cukup untuk perut anda sebelum mencoba satu persatu hidangan khas diatas.


Semoga bermanfaat, selamat berlibur dan selamat menikmati emoticon-Cendol (S)

UPDATE GAN, BIAR MAKIN BANYAK PILIHAN KULINERNYA emoticon-Cendol (S)

8. Tengkleng Gajah



Dari namanya saja pasti anda sudah sedikit kaget. Ini beneran dari daging gajah yang dijadikan olahan kuliner apa bukan ya?

Jangan ketipu deNgan judul ya karena tengkleng gajah sejatinya merupakan sajian tengkleng berbahan dasar olahan daging kambing. Disebut gajah dikarenakan disajikannya dalam porsi yang cukup besar “gajah” alias potongan tulangnya berukuran besar. Tengkleng gajah ini dihidangankan bersamaan sup yang diolah dengan bumbu dan rempah - rempah tertentu sehingga memunculkan citarasa yang unik dan khas. Anda bisa menikmati seporsi tengkleng gajah ini dengan harga Rp. 35.000 per porsi.

Quote:


9. Entok Slenget / Rica - Rica Angsa



Untuk yang baru pertama kali maen ke Sleman, pastinya akan sedikit asing dengan kuliner yang satu ini. Namanya Entok (Angsa) Slenget (Menyengat) atau mudahnya kita sebut Rica - Rica Angsa. Sajian kuliner yang satu cukup membuat lidah bergoyang dan membuat tangan mengusap dahi karena anda akan berkeringat ketika menikmati olahan kuliner yang satu.

Paduan cita rasa gurihnya rempah, berpadu dengan pedasnya cabai rica ditambah dnegan empuknya daging angsa membuat siapapun akan ketagihan untuk terus melahap olahan kuliner yang satu ini. Sangat cocok dihidangankan ketika musim hujan atau ketika cuaca sedang dingin. Entok slenget bisa anda santap dengan kisaran harga Rp. 20.000 - 30.000 per porsi.

Quote:


10. Aneka Olahan Jamur



Anda penyuka menu vegetarian? Ada juga nih destinasi kuliner olahan yang berasal dari jamur. Jamur yang pada umumnya hanya kita nikmati dalam bentuk jamur goreng atau jamur crispi.

Namun di Sleman anda bisa menemukan berbagai macam olahan jamur yakni dari pepes jamur shitake, soup jamur, lumpia jamur, rendang jamur, sate jamur, jamur asam manis, jamur bakar, tongseng jamur, nasi goreng jamur semua bisa anda nikmati. Tentu saja masing - masing mempunyai cita rasa yang beragam. Sangatlah cocok wajib anda cicipi terutama bagi anda para pecinta kuliner berbahan dasar jamur. Dengan harga bervariatif dari Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000 per menu nya.

Quote:


Quote:

Diubah oleh aditya135 17-08-2019 08:43
FENYA
zeeblur
b4perman
b4perman dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan