YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Indonesiaku, Gudang Keunikan dan Kreatifitas Tak Terbilang




Halo, Indonesia! Apa kabar hari ini? Betapapun kebanggaanku kepadamu kian melambung ke awan. Semakin hari semakin jadi, semakin menemukan arti dan jati diri.

Jika engkau tanyakan kepadaku, apa yang paling kusukai dari negeriku, mari menyimak keberagaman budaya, keberagaman suku, ras dan agama, keindahan alam yang terbentang di segala penjuru, dari Sabang sampai Merauke. Belum lagi keberagaman makanan mulai dari pedas, asam, asin, hingga manis segalanya ada. Siapa yang tak terpesona?

Jika engkau tanyakan kepadaku, mengapa kecintaan ini meluap demikian hebat, maka tak lain dan tak bukan adalah karena negeri berjuluk gemah ripah loh jinawiini menjadi tempat bertumbuhnya segala kreatifitas manusia di dalamnya. Jika engkau amati di sekitarmu, betapa keunikan dan kreatifitas itu menjamur mulai dari hal sepele hingga level gila. Siapa yang tak takjub?

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Kreasi Kuliner Kita


sumber

Dalam dunia kuliner, Indonesia memang memiliki keberagaman yang tak terbilang macamnya. Namun, apakah engkau sadar semua itu lahir dari kreatifitas orang-orang yang menciptakannya. Dari segi bahan, misalnya singkong. Jika tak ada jiwa kreatif mendarah pada dirimu, singkong itu mungkin sebatas nyemplung di panci maupun penggorengan tanpa bumbu apa pun.

Namun, di tangan para kreatif, jika engkau tahu, ada begitu banyak jenis makanan yang dihasilkan dari satu bahan sederhana ini. Mulai dari gethuk, tiwul, gatot, keripik, jemblem, sego sawut, bahkan tape. Sementara tepung kanji/tapioka, olahan dari singkong, bisa menjelma cireng, cilok, kerupuk, dan yang lainnya. Bayangkan saja, itu baru mengolah satu bahan saja. Bagaimana dengan bahan makanan yang lainnya? Ada berapa banyak jenis makanan yang dihasilkan oleh tangan-tangan dingin kreatif itu?

Keunikan Warga di Negeri Kita

Tak dapat dipungkiri, Indonesia tempat segala keunikan manusia berkumpul. Jika engkau mengamati, betapa tingkah laku orang-orang di negeri ini begitu unik, beragam, pun kreatif. Ambil contoh sederhana :

Uniknya cara anak-anak kost bertahan hidup. Jiwa kreatif yang tinggi telah tertanam dalam diri mereka meski dalam keterbatasan dan kekurangan.
Spoiler for anak kost:

sumber

Kreatifnya para penjual dalam melakukan promosi. Dari tingkat wajar hingga tingkat paling tak masuk akal. Di mana lagi engkau temukan keunikan semacam ini, jika bukan di negeri kita tercinta ini.
Spoiler for penjual:

sumber

Kreatifnya para netizen tercinta dalam mengekspresikan diri, baik dari pihak TS maupun komentatornya. Begitu beragam, mulai dari tipe baperan, tipe curcol, tipe bijak, bahkan tipe alay. Namun ketika keunikan dan keberagaman itu berbaur dalam suatu wadah, menjadikan diskusi lebih fleksibel, menarik dan berwarna.
Spoiler for netizen:

sumber


Kreatifnya Anak Muda dalam Bermatapencaharian


Di era modern dan serba canggih ini, anak muda kreatif di negeri kita tak melulu menempuh pendidikan tinggi demi dipekerjakan di kantor-kantor. Ada bermacam cara mereka mencari rejeki. Semestinya engkau bangga menjadi bagian dari mereka.

Menjadi youtuber.
Salah satu cara mencari uang yang cukup diminati di kalangan anak muda jaman sekarang. Kreatifitas yang tinggi memberikan penghasilan yang tinggi pula bagi mereka. Tidakkah engkau ingin seperti mereka?


sumber

Menjadi penulis.
Orang bilang menjadi penulis itu bermasa depan suram. Itu tidak benar. Jika pun era buku dan kertas sudah mulai ditinggalkan, cobalah engkau tengok berapa banyak akun blogger dan platform menulis mulai berdiri. Kekreatifitasan mereka dalam memanfaatkan digital literasi ini patut diacungi jempol.

Menjadi atlet
Tak terhitung sudah berapa banyak negeri kita melahirkan atlet-atlet muda di segala bidang olahraga. Mulai dari bulu tangkis, sepakbola, bahkan pembalap. Jikalau benar mereka menganggapnya sebagai pekerjaan, setidaknya mereka memutuskan terjun ke lapangan dan mengasah kreatifitas dan skill, dibandingkan dengan duduk di belakang meja sambil terkantuk-kantuk.


Menjadi artis
Memang benar, dengan menjadi artis, engkau akan menghasilkan lebih banyak pundi-pundi rupiah. Namun, tanpa kreatifitas, engkau pasti tenggelam. Banyaknya anak muda yang terjun ke dunia hiburan, entah itu penyanyi, pemain film, atau pembawa acara, menunjukkan bahwa kepala mereka berkembang. Semestinya kita salut akan perjuangan mereka.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Wahai engkau, yang mengaku warga Indonesia, tidakkah engkau bangga menjadi bagian dari mereka. Dengan segala sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah, dengan beragamnya keunikan dan kreatifitas yang menjamur di seluruh pelosok negeri, apalagi kekuranganmu? Apalagi yang engkau keluhkan?

Negeri ini akan terus berkembang seiring kemajuan zaman. Kita semestinya mendukung segala kreatifitas manusia di dalamnya. Semoga Indonesia semakin jaya, damai sejahtera.

Sudahkah engkau bangga dengan Indonesia?

BBB GROUP
Sumber : Murni tulisan TS
Diubah oleh YenieSue0101 10-08-2019 05:08
feliia
DeYudi69
ceuhetty
ceuhetty dan 21 lainnya memberi reputasi
22
3K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan