alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Debate Club /
Anda Bertanya Berwin Menjawab - Edisi 2016 - Part 1
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a4df5635a5163fc098b4568/anda-bertanya-berwin-menjawab---edisi-2016---part-1

Anda Bertanya Berwin Menjawab - Edisi 2018

Tampilkan isi Thread
Halaman 484 dari 486
Balasan post angkasapuraii
Quote:


1. Titik balik, apakah selalu diperlukan ? tidak juga kalo kamu udah merasa diarah yg benar kenapa jg perlu turning point.

2. Yg kamu rasakan mah wajar, jgn kan kamu saya juga ketik thn 2002/3 gitu pertama kali kerja jadi programmer jgn kan yg susah2x bikin SQL statement aja yg sederhana bisa lama banget mikirnya.
Tapi yach namanya ini adalah proses belajar, sama kaya kamu lihat bayi belajar jalan yach dimulai dari merangkak dan coba bangun lalu jatuh lagi dan bangun lagi lalu jatuh lagi sampai dai bsia ketemu keseimbangannya dan mulai bisa berdiri dan belajar jalan lalu berlari.
Kamu kayanya punya anxiety disorder, orang yg terlalu khawatir akan segala sesuatu gitu. Kalo kamu bisa kendalikan diri sendiri kamu coba tenang aja, relax aja, namanya hidup pasti ada jatuh bangunnya dan itu proses belajar.
Kalo masih baru lulus sampai kira2x usia 27/28 thn mah kamu masih boleh salah dan pikir2x soal pilihan pekerjaan/karir kamu, nanti kalo udah diatas itu kira2x 30'an - 35 kamu udah mesti firm sama jalan hidup/karir kamu.

Sometimes you won, sometimes you learn.
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Quote:


emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
Balasan post campingdog
Quote:


Mandarin yg standard baku sebeanrnya ada 2 yg disebut Pu Dong Hua (Putonghua) dan yg disebut Guo Y (Kuo-i). Putonghua ini yg disebut modern mandarin standard based on Bejing dialect, Kuo-I ini yang biasa disebut classical mandarin standard based on Chengzhou dialect, jaman sekarang umumnya hanya dipakai di Taiwan. Dalam hal tulisan Putonghua menggunakan Simplified Chinese yg lebih sedikit guratan ketika menuliskan sebuah kata sementara Kuo-I masih menggunakan traditional chinese.

So kalo bicara harusnya belajar yg mana maka untuk daily usage kamu bisa belajar yang Modern Standard Mandarin Chinese (MSMC) yg putonghua, itu yg paling umum saat ini.
Balasan post gilbertagung
Quote:


Gak ada, bisa aja kalo mereka ada pecahan 5 dollar kamu bisa tuker 5 dollar aja.

Umumnya mereka bilang minimum misal 10 dollar ato 100 dollar karena pecahan yg merkea punya itu segitu, uang pecahan kecil umumnya mereka gka jual karena kadang ada customer mau tukar uang misal Rp 1,5 juta yg dalam mata uang rupiah nominalnya bulat tp ketika dikurs misal jadi USD 105 maka mereka mesti sedia pecahan USD 5 yang lebih jarang dimiliki / ditukarkan jadi mereka umumnya gka mau jual USD 5 saja walaupun secara tekhnis sebeanrnya bisa.
profile-picture
gilbertagung memberi reputasi
Balasan post comrade.frias
Quote:


Vampir itu sebenarnya sebutan / istilah yg diambil dari bahasa slavic kuno yang artinya untuk menusuk.mengigit. Diasosiasikan dgn penyebaran wabah pada masa medieval eropa sekitar abad ke 11 dimana mereka percaya wabah penyakit disebarkan melalui gigitan dari mereka ayng terinfeksi baik hewan ataupun manusia kepada manusia/hewan lain yang sehat.

Dracula sebenarnya diambil dari tokoh fiktif yaitu count dracula hasil karya penulis Bram Stoker, so ini tokoh fiktif namun inspirasi tokoh ini diambil dari orang nyata dalam sejarah yang bernama Vlad Draculae/Vlad Tepes III atau lebih terkenal ddgn sebutan Vlad the Impaler. Dia hidup di Wallachia sebuah daerah di Romania modern. Vlad Draculae ini adalah Voivode atau kalo istilah jaman sekarang mah Duke, kaya raja muda penguasa daerah ini. Dia pernah dijadikan "tawanan" oleh ayahnya dan dikirim ke Ottoman Turki sebagai jaminan bahwa Walachia tidak akan mealwan Turki.

Kata2x Draculae dinamanay itu maksudnya karena Ayahnya telah bergabung dgn ordo ksatria suci roma yang disebut Societas Dragonistratum atau Order of the dragon maka mereka mengenakan nama Draculae yang artinya "sang naga" dibelakang namanya. Ordo ini adalah ordo militer yg didirikan oleh Kaisar Sigisimund dari Kekaisaran Suci Roma (Holy Roman Empire) dalam usahanya menggalang parang ksatria dalam perang suci (Crusade).

Selama dalam masa "tahanan" di Turki, Vlad Draculae walaupun dididik sama dgn anak2x Sultan lainnya dalam seni berperang dan literatur, iptek, dsbnya namun dia merasa tidak nyaman dan tidak memiliki teman, sebagai hiburannya dia sering menangkapi binatang sepert burung dan menyiksanya dgn menusukan kayu dari mulut binatang tersebut ataupun dari perutnya. Akibat hal ini tidak ada yang mau berteman dgnnya.

Setelah dewasa, dia berhasil "kabur" dan kembali kedaerah asalnay dan kemudian menggantikan ayahnya menjadi penguasa daerah tersebut. DIkemudian hari dia tidak laig mau membayar upeti sama Turki dan bergabung dgn tentara Perang Suci eropa memerangi Turki. Sultan Mehmed II yang sekolah bersama Vlad II waktu dia masih jadi tahanan mengirmkan tentara besar untuk menyerang Eropa dan dia jg ingin menghukum Wallachia.

Vlad II yang tahu posisinya kalah besar mengambil pre-emptive strike, dia menyerang benteng Turki duluan yang berada disekitar daerah Moldovia, populasi disana jauh lebih besar dibanding pasukannya dan jg dgn pasukan Turki yg bergerak ke daerahnya akhirnay dia mengambil langkah untuk melakukan taktik bumi hangus.

Dia memerintahkan pasukannya menebang semua pohon disana dan bikin tomba2x besar dan tinggi, lalu dia memerintahkan penduduk kota termasuk prajurit Turki semuanya untuk ditusukan keatas tombak2x itu, wanita, anak2x, tua dan muda, semua di tusukan.

Ketika pasukan Turki melewati tempat itu, mereka semua ketakutan melihat apa yg terjadi. Bahkan masih ada yang hidup dan berteriak2x kesakitan dgn bagian dalam perut terjuntai keluar, begitu juga pemandangan ibu hamil yang bayinya keluar tergantung tali pusarnya dan jadi sarang burung yg memakanannya, dsbnya.

Singkat cerita akibat taktik ini pasukan Turki tidak jadi memasuki wilayah Wallachia sebab sumber air dan pangan sudah dibumi hanguskan dan jg pemandangan ribuan orang di tusuk diatas tombak2x dari pohon dan bau menyengat mayat2x membuat moral pasukan Turki jatuh. Mereka tidak takut mati namun mereka membayangkan harus tersiksa berhari2x ditusuk demikian jika mereka tertangkap tentara Wallacia.

Singkat cerita juga Vlad jadi terkenal dan dijuluki Vlad the Impaler. Vla awalnya ingin meminta bantuan dari penguasa Hungary dan Kroasia yg bernama Mattias Corvinus, namun Corvinus merasa jijik dgn kelakukan Vlad dan mengirimkan surat ke Roma yg melaporkan tindakan Vlad yg diluar batas kemanusiaan. Sebuah konspirasi dibuat dimana dikatakan Vlad akan bergabung dgn pasukan Turki jika Sultan Turki menjadikannya Raja Hungary, Polandia dan Moldovia. Hal ini membuat Paus di Roma melakukan excomunikasi terhadap Vlad dan memerintahkan dia ditangkap.

Dia dipenjara selama 14 thn di Belgrade dan baru dibebaskan karena ada perebutan kekuasan di Wallachia, namun sebelum dibebaskan Vlad harus dibaptis dahulu dan menjadi seorang Katolik. Vlad awalnya tinggal di Pest diseberang kota Buda (Sekarang kedua tempat ini udah jadi satu dan disebut Budapest, ibukota Hungaria) lalu kemudian dia pindah ke sebuah Kastil dipegunungan Transylvania yg disebut Kastil Vania (Castlevania). Dia kemudian bekerja sama dgn komandan pasukan Hungaria yang bernama Stephan Bathory untuk beperang melawan Mehmed II dari Turki.

Saat itu di Wallachia sudah ada penguasanya yaitu Basarb Laota yang didukung oleh Turki, ketika diserang oleh Vlad dan Bathroy, Basarb akhinrnya mengungsi ke Turki dan tahun berkutnya dgn pasukan Turki dia datang kembali untuk menyerang Wallachia.

Nah disinilah legenda Dracula dimulai, dikisahkan Wallachia kewalahan dan kalah dalam perang, pasukan Turki konon mencincang tubuh Vlad dan mengirimkan kepala Vlad pada Mehmed II sebagai hadiah dan bukti, lalu dibilang makam Vlad ada disebuah kuburan yang pada thn 1933 dibongkar namun tidak ada tulang manusia hanya tulang kuda.

Legendanya mengatakan Vlad yg pasukannya kalah lalu dia berusaha kabur sampai ke pegunungan karpathia didaerah Transylvania dan dalam keadaan deseperate dia berdoa pada Tuhan sama seperti ketika Yesus disalibkan bertanya kenapa Tuhan meninggalkan dirinya. Namun dikisahkan ada yang menjawab doanya dan memintanya untuk menukarkan jiwanya dgn kehidupan abadi dan Vlad setuju.

Konon Vlad marah pada Mattias Corvinus yg tidak membantunya ketika dirinya diserang oleh Turki, walaupun Corvinus adalah sekutu namun dia jg tidak ingin posisi Vlad terlalu kuat dan dia jg memiliki perjanjian rahasia dgn Turki untuk mengamankan daerahnya. Menurut legenda Vlad bersumpah untuk membasmi semua keturunan dari Mattias Corvinus.

Lalu apa hubungannay Dracula sama Vampir ???

Vampir itu dan legenda yang menyertainya sudah ada jauh sebelum adanya Vlad Dracul.

Namun pada sekitar abad ke 17 disekitar Polandia hidup seorang Pastor, dimasa itu pemuka agama kaya Pastor adalah orang terpelajar yg menguasai iptek dan bahasa, dll.

Si Pastor ini punya kompilasi buku Herbarium yaitu mengenai tumbuh2xan dan macam2x flora dan gunanya terutama dalam hal obat2xan, dimasa itu ada kaya wabah gitu di daerah Polode yang jadi bagian dari Polandia modern.

Wabah ini singkatnya jaman sekarang dikenal dgn penyakit Rabies yaitu kamu digigit anjing yg memiliki Virus rabies dan gejalanya kalo udah kegigitu itu biasa penderitanya jadi aggresive, lalu berliur dan hiperaktif selain juga menjadi hydrofobia (takut air) ini terjadi karena kesulitan menelan yg dimana ketika minum air seperti orang tersedak yg akan tenggelam.

Cmn dimasa itu masih belom banyak yg paham Virus dan orang2x menyebut hal ini dgn sebutan Vampirism (akibat gigitan) dan memang bener akibat gigitan dari mereka/binatang yg memiliki virus rabies didalam air liurnya. So untuk mencegah wabah kaya gini yach itu bintang2 pada diburu dan dibunuh2xin, hal ini dilakukan oleh anak si Pastor sementara si Pastor ini menggunakan pengetahuannya soal tumbuha2n yang dapat dijadikan obat membantu menyembuhkan penyakit2x ini atau setidaknay mengurangi gejala2xnya.

Nah pastor ini namanya Georg Anders Helwing dan memiliki anak jg bernama Rudi Helwing, dan kemudian diadaptasi dalam buku Dracula karangan Bram Stoker jadi tokoh Abraham Van Helsing dan Gabriel Van Helsing.

Dan Vampirism pada kejaidan nyata dijadikan jg sebagai sebutan utnuk Dracula pada cerita itu dimana dia menyebarkannya melalui gigitan sama dgn seperti bagaimana rabies disebarkan dan jg kisah rabies itu jadi dasar mahluk Werewolf.
profile-picture
profile-picture
beyoungcarerock dan comrade.frias memberi reputasi
Balasan post situkangtenda
Quote:


Subjektif itu artinya didasarkan pada sudut pandang subjek yang dibicarakan.

Relatif itu artinya berhubungan dgn sesuatu yg lain, berbanding/berproporsii pada hal yang lainnya.

Dalam masalah misal kita bilang itu hal yg subjektif artinya kita mau bilang bahwa hal tersebut sangat bergantung pada siapa subjek yg melakukan penilaian. Semisal kamu bilang makanan itu enak, maka objeknya itu gak berubah kita bicara makanan namun yg bilang itu enak hanya kamu, mungkin saya bilang itu gak enak maka hal ini jadi subjektif bukan relatif.

Kalau kita bilang itu hal yg relatif artinya kita menghubungkan 2 hal dan mencari proprosi diantaranya, semisal kita bicara bumi ini luas sekali/besar skali tentu jika dibandingkan dgn ukuran kita sebagai manusia yang hanya bisa melangkah 1 m saja paling setiap langkah tp kalo bicara dgn ukuran alam semesta maka bumi ini cuman setitik debu jadi besar dan kecilnya itu proporsional terhadap pembandingnya dan ini yg kita sebut relatif dan tidak bergantung pada subjeknya (gak bergantung pada siaap ayg ngomong dan sudut pandangnya) namun bergantung pada objeknya (membandingkan manusia dgn bumi dan bumi dgn alam semesta).
Mod kalau bales LINE biasanya jam berapa yaa??
mod berwin
may i have your number?
Quote:


Kalo jangka waktunya 2 thn lebih baik di deposito aja.

Plus nya deposito, untuk tabungan dibawah 2 milliar ini resikonya nol karena dijamin LPS.
Minusnya, kecenderungan suku bunga acuan BI yg turun terus jadi yach return dari Deposito itu cenderung turun dan lebih rendah dari inflasi aktual jadi nya duitna kegereus jg.

Kalau di Reksadana plusnya yach itu instrumen wealth accumulation dan returnnya bisa kamu cari yang lebih besar dibanding deposito/inflasi tp berbanding lurus dgn resiko.
minusnya yach ada resiko yg harus kamu tanggung dan ini bisa menggerus modal kamu kalau sampai investasinya gagal, dilain sisi reksadana itu umumnya jangka menengah dan panjang jadi ada lockdown periode segala untuk fund tertentu.
Maksudnya adalah kamu kehilangan flexibilitas untuk mencairkan uang kamu misalnya.


#25,960

Quote:


Terima kasih, win.
Pertanyaan baru : Kalau kurs antar dua mata uang berubah, apakah akan pengaruh ke kurs salah satu mata uang terhadap mata uang lainnya. Misalnya, IDR menguat 3 persen terhadap USD, dan KRW menguat 2 persen terhadap USD. Apakah ini membuat IDR menguat terhadap KRW atau pergerakan IDR-KRW hanya dipengaruhi permintaan penawaran IDR-KRW tanpa terpengaruh pengerakan kedua mata uang terhadap USD?

-------------------------------

139 hari menuju tahun 2020.emoticon-Ultah
Diubah oleh gilbertagung
Lihat 1 balasan
Mod Win semoga selalu diberi kesehatan untuk kita semua.

Mod minta tlong pendapatnya dong,
Skrang ini gw punya anak 3 tahun, nah ngeliat biaya pendidikan yg ajegilie harganya... istri gw ngusulin asuransi pendidikan...

anggap aja gw punya duit cash gede 200 juta... yg niatnya pengen gw alokasiin buat pendidikan anak..

nah ini duit bagusnya, gw beliin emas? atau gw deposito in? atau gw bayarin jadi asuransi pendidikan sekaligus utk polis beberapa tahun?

karena gw kagak ngerti yg mana yg paling cocok, mohon pendapatnya Win.
tks sebelumnya.
Lihat 3 balasan
Mod Sichilya meninggal karena sakit ya Om Berwin?
Lihat 1 balasan
Balasan post muantapdjivva
Quote:


Gak tau karena sakit ato tiba2x kena serangan jantung dari yg saya denger mah.
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Balasan post just4auk
Quote:


Pertanyaan paling awal untuk masalah ini sebeanrnya kamu ingin menyekolahkan anak kamu ini nantinya kemana, saya asumsikan kita bicara ini untuk biaya pendidikan tinggi bukan untuk bayar uang sekolah bulanan SD,SMP,SMA tp kamu mikirin biaya pendidikan untuk anak kamu kuliah.

Kalo yg ini kamu harus perkirakan anak kamu ini ingin kuliah apa, kalo kuliah model macem Fakultas Ekonomi akan jadi beda kalo kamu ingin menyekolahkan anak kamu di Fakultas Kedokteran misalnya, perbedaanya bisa mencapai 2x lipat dan lebih masalahnya. So di awal kamu sudah mesti ancer2x kira2x berapa biaya yg kamu butuhkan.

Pemilihan kamu ingin menyekolahkannya kemana ini jg jadi pertimbangan, saya gak tau kalo di Indonesia berapa peningkatan biaya pendidikan tingginya setiap tahunnya jadi kamu bisa proyeksi kira2x 15 thn dari sekarang butuh duit berapa.

Semisal gini, di Singapore kalo jurusan ekonomi misalnya itu butuh biaya kira2x SGD 30-50 rb, tp kalo sekolah kedokter bisa butuh sampe SGD 100-120 rb. Katakan kamu ingin targetkan SGD 100 rb dah kalo mereka gak sekolah kedokteran mungkin kamu bisa kirim ke LN ato gunakan sisa uangnya untuk ambil Master degree.

Angka diatas itu kalo kamu masukin sekolah di Singapore saat ini, dari data historis 10 thn terakhir, ongkos pendidikan di Singapore meningkat kira2x 30 % so ekspektasinya 10 thn yang akan datang jg meningkat 30 % dari sekarang.

Dan karena anak kamu 3 thn dan perkiraanya masuk kuliah usia 18 thn yach 15 thn dari sekarnag lah ancar2xnya dan kira perkirakan 15 thn dari sekarang biaya pendidikan meningkat 50 % so target kamu adalah 50 % dari angka2x diatas.

Semisal kalo diawal saya pikir target SGD 100 rb karena ingin masuk sekolah kedokteran sekarang jadi SGD 150 rb untuk 15 thn yg akan datang.

Nah dgn target segitu maka kamu tarik mundur sekarang, dari 3 opsi yg kamu punya mana yg paling mungkin sampai angka segitu.

Kalau misal beli emas, berdasarkan datas historical 15 thn terakhir harga emas meningkat 78 % kalau kamu invest di emas saat ini senilai Rp 200 jt maka yach berdasrkan data historical 15 thn dari sekarang paling kira2x nilainya saat itu Rp 350 jt.

Kalau kamu depositoin, sekarang suku bunga IDR kira2x 5 % dan ada kecenderungan turun terus karena BI berusaha terus menurunkan suku buka acuan supaya menstimulasi investasi maka dalam 5 thn angkanya paling gak jauh dari Rp 300-350 jt'an juga.

Kalau kamu beli asuransi pendidikan, nah ini yang harus dilihat modelnya kaya apa dan berapa returnnya dan ini yg paling fleksibel karena kamu bisa set pengen dapatnya berpaa dan kira2x sekarang bayar preminya mesti berapa atau sebaliknya kamu mampunya berapa dan akan di proyeksikan kria2x 15 thn dari sekarang kamu terima berapa.

Kalau disini kira2x unutk mencapai angka SGD 100 rb untuk 15 thn kamu harus bayar premi sekitar SGD 350-500 / bulan selama 15 thn. Umumnya di Indonesia return projectionya lebih besar jadi untuk mencapai nilai serupa dgn jangka waktu yg sama maka premi perbulannay bisa lebih rendah.

profile-picture
beyoungcarerock memberi reputasi
Balasan post gilbertagung
Quote:


In general, karena semua mata uang dan segala hal yg berhubungan dgn transaksi perdagangan internasional selalu beracuan pada USD maka perubahan nilai tukar mata uang apapun dgn USD akan jg mempengaruhi nilai mata uang tersebut terhadap mata uang lainnya yang juga memiliki referensi terhadap USD.

Namun kalau perubahan terjadi bukan akibat perubahan USD misalnya ada negara yg defisit neracanya melebar dan mata uangnya melemah so ini kan bukan gegara USD berubah tp karena internal negaranya sendiri maka yach perubahannya yg terjadi dgn mata uang kita gak akan berpengaruh pada mata uang lainnya.

Semisal gini, 1 thn yg lalu 1 AUD itu Rp 10.500 , 1 AUD saat ini itu Rp 9.500 ada penguatan IDR terhadap AUD sebesar roughly 10 % lah , namun 1 thn yg lal 1 USD itu Rp 14.500, saat ini yach 1 USD jga sekitar Rp 14.500 so perubahan IDR/AUD gak ada pengaruh dgn perubahan IDR/USD.

So yg kamu harus perhatikan itu adalah sumber perubahannya darimana, kalo karena kebijakan US yg bikin mata uang USD menguat dan melemah maka hal itu in-general akan mempengaruhi semua nilai tukar IDR terhadap mata uang lainnya.


Balasan post berwin
@berwin ohh ok Mod, makasih banyak.

nah kalo kita mikir bukan buat kuliah dan biaya ga setinggi itu..

misal taun 2019, sd masuk 30 Juta,,, SMP 45 juta, SMA 60, Kuliah 80an..

nah itu kan gak jauh2 dari duit kita sekarang yg 200 juta ya Mod, tapi kan takut kepake hal-hal tertentu/lain.

untuk skenario supaya kita nanti pas masuk sd (umur 7 tahun), smp (13 thn), sma, dan kuliah..

bagusnya tuh duit yg 200 juta, pake skema yg mana Mod??


kalo mau asuransi pendidikan yg sekaligus invenstasi ide bagus ga Mod?

tks sebelumnya
@berwin
Oh Ya Berwin Senpai Apakah Pada Perang Dunia 2 Ada Sukarelawan Orang Jepang Yang Berperang Untuk Jerman Dan Sukerelawan Tersebut Mempunyai Unit Militer Sendiri Dan Berada Di Bawah Naungan Wehrmacht Atau OKH Atau Waffen SS ?

Dijawab Ya Senpai
Diubah oleh comrade.frias
Lihat 1 balasan
Quote:

Nah aneh juga nih padahal aktif di kaskus & kopdar sama kaskuser lain
Kaget ane kok beliau bisa almathumemoticon-sad
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Balasan post comrade.frias
Quote:



Sepannjang yg saya tahu gak ada.

Sebelum PD2, waktu perang sipil spanyol Jerman Nazi mengirimkan Sukarelawan ke Spanyol untuk membantu Jendral Franco dan disana ada 1 unit pasukan yang isinya orang Cina semua dipimpin oleh Chiang Wei Kuo anak kedua (adopsi) dari Chiang Kai Shek dan adik (adopsi) dari Chiang Ching Kuo.
Dia dikirim ke Wehrmact untuk belajar manajemen militer modern dan masuk dalam sekolah calon perwira. Dia menujukan dedikasi tinggi dan juga keterampilan tinggi dan mendapatkan badge penerjun, penembak jitu, alpin ranger dan panzer badge. Di Spanyol dia bertugas bersama divisi II pasukan sukarelawan Wehrmact dan mendapatkan pangkat Sersan.
Pada 1938 dia menjadi komandan Tank panzer dgn pangkat Letnan Satu dan turut ambil bagian dalam Anschluss ke Austria, dia sebeanrnya dipersiapkan jg turut ambil bagian dalam invasi Nazi ke Polandia pada 1 Sept 1939 namun sebelum hal ini terjadi Chiang diperintahkan ayahnya yg saat itu adalah pemimpin Republik Cina (Nasionalis) untuk pergi ke Amerika karena permintaan US untuk mengetahui kekuatan Jerman Nazi.
Wei Kuo menjadi Dosen tamu mengajar di West Point dimana dia memberikan kuliah mengenai organisasi dan taktik yg dipakai oleh Wehrmact, setelah dari US dia pergi ke India untuk memberikan masukan pada pihak Inggris atas produksi tank sekutu yg dilakukan di India.

Ada juga kisah prajurit Korea yang berperang lawan Jepang lalu ditangkap Jepang dan dimasukan dalam pasukan Jepang yg kemduian digunakan berperang lawan Sovyet dan tertangkap dan kemudian digunakan Sovyet melawan Nazi dan tertangkap dan kemudian digunakan Nazi untuk melawan serangan sekutu dan tertangkap pasukan Amerika dan kemudian digunakan Amerika untuk melawan Korut sampai akhrinay dia dibebas tugaskan dan berada di korea lagi.

profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Quote:


Tapi ane nemu beberapa foto yang memperlihatkan orang jepang lenkap dengan seragam tentara wehrmachtnya ditambahkan insignia mereka sendiri yang polanya insignia nya matahari terbit

Spoiler for :


Quote:


nah ini ane baru tau mod ane kira si Chiang ini orang asia tenggah dimasukan ke ostlegion yang unit militernya turkistan

Quote:


nah ane tau ini namanya yang kyongjong tapi ane lebih percaya dia orang asia tenggah dari turkistan legion yang akhir di masukan ke ost battalion
Diubah oleh comrade.frias
Lihat 1 balasan
Halaman 484 dari 486


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di