alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Oli Transmisi Manual Untuk Mobil Matic, Apa Boleh?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d522bc8c0cad7668848534f/oli-transmisi-manual-untuk-mobil-matic-apa-boleh

Oli Transmisi Manual Untuk Mobil Matic, Apa Boleh?

Transmisi matic pada mobil kini menjadi pilihan bagi semua kalangan yang memiliki mobilitas tinggi, terlebih di kota-kota besar yang sering mendapati kemacetan. Mobil dengan transmisi matic ini dinilai lebih praktis jika dibandingkan mobil bertransmisi manual.

Seperti yang diketahui sebelumnya transmisi matic juga memerlukan kocek ekstra untuk merawat mekanisme transmisinya. Salah satunya adalah kapasitas oli transmisi matic lebih banyak serta harga olinya pun juga lebih mahal ketimbang transmisi manual.

Oli Transmisi Manual Untuk Mobil Matic, Apa Boleh?

Baca juga: Ganti Oli Jangan Bergantung Pada Bulan atau Kilometer Saja, Lalu?

Lantas, bolehkah transmisi matic diisi dengan oli transmisi manual? Shofwatuzzaki selaku Technical Manager B2C Shell Lubricants mengungkapkan bahwa oli transmisi matic memiliki profil lebih encer yang dibutuhkan untuk menggerakan torque converter.

"Oli transmisi matic harus menggerakan torque converter sehingga poros transmisi bisa bergerak. Jadi dibutuhkan oli yang viskositasnya encer," papar pria yang akrab dipanggil Zaki ini, melansir dari laman otodriver beberapa waktu lalu.

Zaki juga menambahkan, oli transmisi manual memiliki karakter lebih kental dibandingkan pelumas transmisi otomatik.

"Kebanyakan oli transmisi manual lebih kental bila dibandingkan oli khusus transmisi otomatik. Jadi bila transmisi otomatik diisi dengan oli transmisi manual, kinerjanya akan lebih berat.

Sambungnya, jika dipaksakan, performa transmisi otomatik akan menurun hingga dapat menimbulkan kerusakan. "Kalau kinerjanya berat, otomatis performanya menurun dan bila dibiarkan dalam jangka panjang dipastikan akan menimbulkan kerusakan," tutupnya.

Jadi, jangan salah isi, ya Sahabat!

Sumber : Garasi.id
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan s0ul3ater memberi reputasi
Diubah oleh officialgarasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
sesuai peruntukannya saja deh
Lihat 1 balasan
Balasan post pabloo
Quote:


Setuju deh sama agan emoticon-Jempol
jangan. beda
Lihat 1 balasan
nais inpo
Lihat 1 balasan
Balasan post patrio80
Quote:


Lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan mobil kita ya gan emoticon-Shakehand2
Balasan post s0ul3ater
Quote:


Semoga thread nya bermanfaat ya gan
setau ane sih beda kekentalannya, mungkin bisa slip
Mending kalo soal mesin dan transmisi penggerak jangan yang aneh aneh deh ya min, karena kalo beda takutnya memperpendek usia / masa pakai kendaraan kita emoticon-Malu
FYI : itu yg digambar atas foto transmisi matic triptonic nya ford fiesta emoticon-2 Jempol
Diubah oleh yunuskios
Lihat 1 balasan
Bener nih gan gunakan yang sesuai dengan ketentuan aja ya emoticon-Jempol
Quote:


Quote:
Balasan post yunuskios
Quote:


Wah makasih buat infonya gan emoticon-shakehand
kalo untuk urusan urgent ane malah nyaranin pake oli mesin, tapi hanya untuk urgent ya, setelah itu ya d flushing .
Lihat 1 balasan
Balasan post d.v.n
Quote:


Tapi kalo bisa sesuaikan dengan kebutuhan aja ya gan demi kenyamanan agan juga nantinya emoticon-Jempol
hmmm jadi giu ya gan, makasih gan infonya, ane sih kalo ganti oli aneserahkan sama montirnya aja
Lihat 1 balasan
Balasan post raliakbarrr
Quote:


Mantap gan biar gak usah pusing-pusing ya emoticon-Big Grin
serahkan pada ahlinya saja lah. saya pernah salah isi oli matic soalnya, ternyata spec mobil di Indonesia sama diluar beda, saya ngikut spec luar. untung nggak jebol 😂
Lihat 1 balasan
Balasan post p.newman
Quote:


Wah boleh juga gan. Cari aman ya emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di