sungohan69Avatar border
TS
sungohan69
PLECI lovers
"Assalamuallaikimwarrohmatullohhiwabarokatu"

Maaf gan newbie, mau sharing tentang bagaimana pemeliharaan dan perawatan burung pleci karena tidak dipungkiri tempat saya tinggal itu dari yang sudah tua sampai yang masih muda masih kecil juag ada banyak gan yang melihara burung pleci, ya mungkin ada yang sekedar senang/hobi ada juga yang buat mencari nafkah,,ehh uang gan, karena hampir setiap hari ada perlombaan gan 'setiap hari gan ,,,ckckck yang burunganya (plecinya) bagus pasti deh setiap hari dapet duit. kan lumayan gan bisa buat makan empunya.,,hehe
yaudah deh lanjut kee pembelajaran...


Bukanya sok tau gan, tapi ini berdasarkan pengalaman karena saya sendiri hobi main/gantang pleci.
1.Belilah pleci yang "JANTAN" ingat gan 'jan tan'. Untuk mengetahui pleci jantan kasih ulet/jangkrik lalu pisahkan gan sendirian sudah pasti ngeriwik. kalau cewekan ga bisa ngeriwik gan. Dan tidak kalah penting lagi belilah pleci lebih dari satu gan karena kan dialam liar burung pleci itu burung koloni gan jadi untuk masalah gantangan/lomba hanya memainkan birahi karena pleci bukan burung fighter.
2. Boleh beli di ombyokan atau beli di teman, tapi untuk rekom saya anjurkan ke kios burung terdekat karena banyak yang sudah dipisah-pisah antaro cwo dan cwe. dan harganya tidak terlalu tinggi.
3. Belilah kandang yang sesukuran pleci gan biasanya di kios sudah ada, belilah yang pas dikantong gan karena dilomba burung tidak ada penilaian kandang. dan jangan lupa perlengkapannya seperti karpet dan cepuk makan, minum, mandi.
4.Dan jangan lupa untuk membeli voer dan Extra Fooding spt ulat hongkong dan jangkrik.
5. Setelah mempunyai burung pleci dirumah, sabar gan karena bunyi burung pleci ada tahapannya yang pasti setelah beli pleci bahan kalau bunyi hanya ngeriwik belum ada volumenya.
6.Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsisten gan dalam perawatan seperti pengembunan pagi, Pemberian EF setiap harinya, mandi, pembersihan kotoran dikandang. dan yang pasti harus terpenuhi penjemuran dan pemberian voer dan minum yang bergizi.
7. Tahapan bunyi burung pleci biasanya dari ngeriwik alus, terus ngalas-ngalas, ngeroll, dan ngalas tembakan.untuk mencapai semua itu dibutuhkan kesabaran dan konsisten seperti no.6 tadi gan.
8. Untuk voer dan minum(vitamin/doping) ini juga tidak kalah penting gan karenan jaman sekarang sudah banyak doping untuk menaikkan birahi dan dibungkus/kemasan biasanya sudah ada cara pakainya gan.
Terimakasih gan.
Maaf karena sibuk ngantor, boleh ditanyakan dikolom komentar dan nanti akan banya rekomemdasi dari saya dikolom komemtar. ty
wassalamuallaikumwrmb
Diubah oleh sungohan69 08-06-2016 06:54
0
18.6K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan