alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
29 Karyawan Gedung Sarinah Didakwa Ikut Bantu Pendemo dalam Kerusuhan 21-22 Mei
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52f19a4601cf262c0924d0/29-karyawan-gedung-sarinah-didakwa-ikut-bantu-pendemo-dalam-kerusuhan-21-22-mei

29 Karyawan Gedung Sarinah Didakwa Ikut Bantu Pendemo dalam Kerusuhan 21-22 Mei

29 Karyawan Gedung Sarinah Didakwa Ikut Bantu Pendemo dalam Kerusuhan 21-22 Mei


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 29 karyawan Gedung Sarinah yang ditangkap saat kerusuhan 21- 22 Mei 2019 menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Saat pembacaan dakwaan, Jaksa Penuntut Umum Yerich Mohda mengatakan, 29 karyawan Sarinah itu turut membantu pendemo melakukan kerusuhan.

"Dengan sengaja memberi bantuan pada waktu kejahatan dilakukan memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan. Dengan kekerasan atau ancaman, kekerasan memakai seorang pejabat untuk melakukan perbuatan jabatan atau untuk tidak melakukan perbuatan jabatan yang sah, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu," ujar jaksa Yerich saat membacakan dakwaan di PN Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Adapun, 29 terdakwa ini adalah Ahmad Zulfikar, Alvin Nazarkhan, Endah Hardian, Andhi Febriantoro, Ridwan, M Ichrom, Samsul Anwar, Yusuf Gunawan, Hariyono, Tara Arbyansyah.

Kemudian, Nurakhman, Agus Sarohman, Trio Prasetio, Hendri Basuki, Iwan Syachrie, Adi Sucipto, Deki Aries, Suyamto, Achmad Suhendar, Habib Musa, Achmad Sanusi, Supriyadi, Syahril, Mugiyanto, Felix Ganang, Handori, Ahmadi, Hermawan, dan Philip Sinaga.

Yurich mengatakan, para terdakwa ini memberikan bantuan ke pendemo.

"Mereka (terdakwa) atas perintah saksi yang saat itu bernama Robert dan Dian membiarkan masuk ke Gedung Sarinah para pendemo ini," ucap Yurich.

Kemudian, 29 karyawan gedung ini membiarkan pendemo masuk ke basement gedung. Saksi juga melihat pendemo telah diberikan air mineral untuk minum.

Lalu, para terdakwa ini juga membiarkan pendemo cuci muka dan membuka pintu keluar bagi pendemo hingga akhirnya pendemo memiliki kekuatan lebih.

"Jadi pendemo fit dan bertindak kerusuhan melawan kuasa umum," ujarnya.

29 terdakwa ini didakwakan Pasal 212 jo 214 jo 56 KUHP tentang ikut membantu melakukan kejahatan dan pasal 216 KUHP atau 218 KUHP tentang kekerasan.

Setelah pembacaan dakwaan, para terdakwa tidak ada yang melakukan eksepsi sehingga sidang dilanjutkan Selasa (20/8/2019) dengan agenda pemeriksaan saksi.


kompas

Tokoh/pejabat yang alibi "saya disana tapi tidak dilokasi rusuh" / sejenisnya ternyata dapat support orang dalam.


emoticon-Hansip emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Jokowi juga ikut tanggung jawab nih... banyak penangguran ga jelas yg akhirnya malah bikin ribut2 dan meresahkan pengguna jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TeRriii2nd dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Lah kan gedung umum ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jujur aja, kalau dalam posisi mereka mungkin ane juga akan melakukan hal yg sama. Dasar asumsinya mereka cuma pekerja yang tau ada orang perlu bantuan ya dibantu, kalaupun polisi yg masuk kemungkinan besar mereka juga akan ngasih pertolongan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
090256 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Apessss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
kalo pendemo mampir ngopi starbak... karyawan starbak juga bakal dikriminalisasi keknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Kalau dateng trus beli kopi mah ga disalahin.


"Saksi juga melihat pendemo telah diberikan air mineral untuk minum."
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Quote:


Monaslimin ke starbak?
Hmmmm...menarik
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gak boleh lah kena dakwa, kecuali mereka ikut aktif ngerusuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Padahal damai itu indah, tapi lebih indah mbak indah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 4 lainnya memberi reputasi
hah, gimana gimana emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
ada banyak juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Gak gimana mana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
TERSTRUKTUR SISTEMATIS DAN MASSIF!!!
Bata only!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crusadder13 dan 6 lainnya memberi reputasi
kok bisa tau ya, apa ada yang ditangkap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini ditandai sebagai spam
Quote:


Apa mereka doyan kopi asing cap wewegombel???emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
perlu bantuan abud ?

29 Karyawan Gedung Sarinah Didakwa Ikut Bantu Pendemo dalam Kerusuhan 21-22 Mei

yang mau dibantu gotong antri yang rapi ! emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Makanya jangan ikutan demo laknat 21-22 Mei lah! emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Demo dapet gocap, ngopi abis gocap... Ga dpt untung dong 😬
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh supersakuragi
mereka lupa status sbg karyawan bumn en itu gedung milik negara tdk seharusnya jadi fasilitas pendukung teror
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di