alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Ingin Mendidik Anak Mandiri Tapi Selalu Dimanjakan Kakek Neneknya? Lakukan Ini Aja!
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4a836ae83c727fac78ac70/ingin-mendidik-anak-mandiri-tapi-selalu-dimanjakan-kakek-neneknya-lakukan-ini-aja

Ingin Mendidik Anak Mandiri Tapi Selalu Dimanjakan Kakek Neneknya? Lakukan Ini Aja!

Ingin Mendidik Anak Mandiri Tapi Selalu Dimanjakan Kakek Neneknya? Lakukan Ini Aja!

Moms!

Pasti kalian selalu bermimpi untuk memiliki anak dengan pribadi yang mandiri dan tangguh kan? Eits, tenang aja Moms, kamu bisa kok mewujudkannya. Tentunya dengan memberi mendidik anakmu dengan baik, misalnya dengan memberi contoh-contoh yang baik dan juga bertindak tegas serta tidak selalu menuruti segala permintaan sang anak.

Tapi terkadang, walaupun kita sebagai orangtua sudah berusaha sedemikian rupa mendidik sang anak jadi pribadi yang mandiri, ada aja sosok-sosok lain yang juga menyayanginya dan sering membelikan mainan-mainan yang justru membuat sang anak menjadi pribadi yang manja. Orang-orang tersebut adalah kakek dan nenek sang anak, baik dari pihak kita ataupun pasangan kita.

Ingin Mendidik Anak Mandiri Tapi Selalu Dimanjakan Kakek Neneknya? Lakukan Ini Aja!

Rasa sayang kakek dan nenek kepada cucunya emang ga bisa dibendung lagi deh saking besarnya, bahkan kakek dan nenek samapai rela membelikan mainan ataupun jajanan untuk sang cucu. Tak lain dan tak bukan hal itu dilakukan agar sang anak menjadi senang. Tapi terkadang hal ini malah membuat GanSis sebagai orangtua menjadi pusing jika kakek dan nenek bersifat berlebihan. Jadi kalau anakmu terlalu dimanjakan oleh kakek dan neneknya, lebih GanSis segera mengambil tindakan ya.

Misalnya saat sang anak mengunjungi rumah kakek dan neneknya, ia akan memiliki aturan yang berbeda dari aturan di rumah pada biasanya. Saat di rumah kakek dan nenek biasanya anak diperbolehkan untuk bermain dan menonton sampai malam yang terkadang membuat sang anak bangun siang keesokan harinya. Mungkin tak masalah kalau dilakukan sekali-kali ketika sedang liburan. Tapi kalau sudah kembali ke rumahsendiri, sang anak harus ingat tentang aturan di rumah yang tidak boleh tidur terlalu larut dan harus bangun pagi keesokan harinya agar tidak terlambat sekolah. Jadi, GanSis sebagai orangtua harus menekankan bahwa aturan bisa saja berbeda di setiap rumah dan sang anak harus bisa memposisikan dirinya sesuai dengan kondisi yang sedang berlangsung.

Ingin Mendidik Anak Mandiri Tapi Selalu Dimanjakan Kakek Neneknya? Lakukan Ini Aja!

Sebenarnya kakek dan nenek yang memanjakan cucunya adalah suatu hal yang bisa disebut wajar loh. Kenapa? Karena waktu mereka untuk bertemu sang cucu hanya sebentar, mungkin hanya seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali. Nah, karena waktu yang sedikit itulah yang membuat kakek dan neneknya menjadi sangat memanjakan cucunya. Jadi Agan dan Sista jangan langsung marah-marah dengan mereka yang memanjakan anakmu ya. Daripada memarahinya lebih baik GanSis berterima kasih mereka karena selalu ada untuk membuat anakmu senang.

Tapi jika kakek dan neneknya sudah sangat berlebihan memanjakan anak kita yang membuat anak kita cengeng dan manja, lebih GanSis mulai berbicara kepada orangtua atau mertuamu ya. Tapi ingat, GanSis harus melakukannya dengan baik tanpa menyinggung perasaannya. Misalnya GanSis bisa coba untuk berbagi kisah mengenai masalah pengasuhan anak yang disertai dengan meminta pendapat, saran atau masukan dari mereka. Nah, dengan dilibatkan seperti ini orangtua atau mertuamu menjadi lebih tau dengan kondisi cucunya saat ini, sehingga mereka bisa lebih bijak membantu anakmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik tanpa memanjakannya.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nenek ama kakek emang gitu
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Diubah oleh pabloo
waaaah iyaniiih biasanya yang bolehin makan macem macem tuh kakek nenek wkwkw cokelat sama permen tuh biasanya emoticon-Ngakak jadi orang tua harus tetep tegas yaa sama aturan yang emang diterapin di rumah.
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Benerr bangett nih, malah dulu ane dimanja banget sama nenek ane. Maklum tinggal dirumah cuma sm mba dan nenek krn ortu kerja, alhasil dimanja banget. Apa apa nyuruh nya nenek wkwkwk ngerasa kurang ajar sih dulu
profile-picture
profile-picture
RetnoQr3n dan azid12353 memberi reputasi
Wah makasih banyak ya gan atas tips dan sharingnya. Ane bantu rate dan cendol ya emoticon-2 Jempol emoticon-Toast emoticon-Toast
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
ane belom punya anak gan, belom menikah pula, tapi boleh juga nih tips nya kalo misalkan ane sudah menikah dan punya anak (aaamiinn) dan semoga nanti orangtua biar di panjangkan umurnya juga biar bisa main sama cucu ane (aamiiin). makasih gan sudah mau sharing-sharing emoticon-Toast emoticon-Shakehand2
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
wah ini problem kakak ane nih kayaknya, secara punya anak yang jadi cucu pertama dari 2 keluarga hahaha abis deh udah dimanjain teruss emoticon-Cape d...
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
waah problemnya sama ya..

nenek kakek emang selalu memberikan apa yg dinginkan cucunya
Quote:


Aamiin
Ane masih tinggal serumah dengan orang tua, ibu ane nih gan yang sering memanjakan anak ane, agak susah juga sih ngasih pengertian ke ibu biar gak memanjakan cucunya tapi naluri seorang nenek ya pasti membela dan memanjakan cucunya emoticon-Cape d... (S)


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di