alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gelombang Panas Melanda, 12,5 Miliar Ton Es di Greenland Mencair Dalam Sehari
4.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50d625d439721c6f465d31/gelombang-panas-melanda-125-miliar-ton-es-di-greenland-mencair-dalam-sehari

Gelombang Panas Melanda, 12,5 Miliar Ton Es di Greenland Mencair Dalam Sehari

Gelombang Panas Melanda, 12,5 Miliar Ton Es di Greenland Mencair Dalam Sehari
Source: Dunia Tempo.co

Global Warmingatau pemanasan global merupakan kondisi suatu proses yang terjadi karena meningkatnya temperature atau suhu rata-rata permukaan bumi. Permasalahan mengenai global warming selalu menjadi bahasan dunia yang tidak bergenti. Karena, memang kasus ini mengakibatkan banyak kerugian. Namun, perlu diketahui dan diingat juga penyebab dari global warming itu sendiri.

Penyebab dari global warming atau pemanasan global yaitu dari berbagai faktor, salah satunya adalah berlebihnya konsentrasi dari gas rumah kaca.Gas rumah kaca disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energy matahari terperangkap dalam atmosfer bumi.

Dampak yang nyata dan belakangan ini terjadi yaitu mencairnya es yg mengapung di Greenland. Jumlah gletser yang meleleh sangatlah banyak yaitu sebesar 12,5 miliar ton. Total tersebut setara dengan 4,4 juta kolam renang olimpiade. Berdasarkan informasi, pencairan es kali ini termasuk terbesar dan pertama kalinya terjadi, sejak pengukuran awal dimulai pada tahun 1950. Sehingga, lelehan gletser kali ini dapat disimpulkan sangat tidak wajar.


Gelombang Panas Melanda, 12,5 Miliar Ton Es di Greenland Mencair Dalam Sehari
Source: BBC.com

Gambar tersebut diunggah oleh rekan Steffen Olsen yaitu Rasmus Tonboe di twitter pada 13 Juni ketika cuaca panas. Steffen Olsen merupakan seorang peniliti iklim Institut Meteorologi Denmark (DMI) yang pada saat itu melakukan perjalanan dari stasiun cuaca di area Inglefield Fjord. Sudah sangat terlihat jelas kan GanSis es yang mencair layaknya lautan.


Gelombang Panas Melanda, 12,5 Miliar Ton Es di Greenland Mencair Dalam Sehari
detikNews

Gambar di atas juga mencairnya es di Greenland. Dan yang perlu GanSis ketahui, bahwa 80% kawasan atau permukaan tertutup oleh lapisan es. Sehingga, apabila semua es yang terdapat di wilayah tersebut mencair maka air laut akan mengalami kenaikan sebesar 7 (tujuh) meter. Jadi, perubahan es di kutub sangat berpengaruh terhadap permukaan air laut.

Untuk melihat lebih jela GanSis bisa melihat link video yang ada di bawah ini. Pada video di bawah ini memperlihatkan arus yg cukup deras yang diakibatkan oleh lelehnya es di greenland.


Untuk meminimalisir dari pemanasan global yaitu kesadaran diri per individu yang terutama dan terpenting. Karena, manusia juga turut andil dan berperan dalam kekeringan yang terjadi di bumi. Akibatnya kondisi cuaca juga sejalan mengikuti faktor penyebab.
Komponen lainnya yang perlu diperhatikan adalah hemat dalam penggunaan listrik, penggunaan sumber daya alam Alternatif yang bisa dilakukan adalah beralih dalam menerapkan energi ke yang lebih ramah lingkungan seperti menggunakan panel surya, biogas, dan lain sebagainya. Karena, inovasi tersebut sangatlah banyak namun masih minimnya penggunaan serta kurangnya penyuluhan.

Oke GanSis, cukup sekian bahasan tentang Greenland yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat
We love the Earth, it is our planet
We love the Earth, it is our home


Sumber:
Lautan es di Greenland meleleh secara tidak lazim, peneliti peringatkan dampaknya ke dunia
Ngeri! 12,5 Miliar Ton Es di Greenland Mencair Dalam Sehari
Global Warming Adalah Dampak dari Efek Rumah Kaca, Ini Cara Mengatasinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh airell.718
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
profile-picture
taehyung711 memberi reputasi
Beberapa tahun terakhir panas nya emang beda..
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan airell.718 memberi reputasi
luber dong air lautnya
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan airell.718 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Naik 7 meter, Jakarta tenggelem dong...
profile-picture
profile-picture
mulivw dan airell.718 memberi reputasi
panasss pak eko
profile-picture
profile-picture
mulivw dan airell.718 memberi reputasi
Quote:


Iya gan lumerr
profile-picture
mulivw memberi reputasi
kira2 kalau ane jualan es cendol di sana, laku kagak ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Laku bre.
Kan pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi.
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waduh ..
Air makin banyak dah..
Bisa bisa luber kemana mana air nya tuh...
Quote:

Bener, lebih tertuju ke iklim sih gan
Quote:

Orang luar mana paham cendol gan
Quote:

Iyain
Quote:

Pastinya
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan taehyung711 memberi reputasi
Quote:


emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post yunda.me
Quote:


mantab gan, supaya mereka juga kenal makanan tradisional kita...
Quote:


Bener gan.
Bawa es es lainnya juga.
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan alifbinbudi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post yunda.me
Quote:


gan caranya dapat macam gini, gimana gan: "Aktivis Reg. Banyuwangi?"
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan comrade.frias memberi reputasi
Quote:


Harus Aktif Sama Berkontribusi Di Forum Regional Setau Ane
profile-picture
alifbinbudi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sebenernya bumi nanti akan banjir apa kekeringan bre .. ?
emoticon-Cool
karna aer yg kita minum ga sebanding ama kencing n keringat yg kluar, walopun pd kenyataanny skrang bisa keliatan d pantai aer makin naik.
tapi seiring bjalannya waktu, kaya nya aer laut nnti bisa kita minum jg.
Quote:


Quote:


Hehe, mewaliki dari daerahnya.
Dipilih langsung oleh RL nya.
emoticon-Big Grin


Dan bener kata om com,
Aktif aja di regional, sapa tau ada acara bisa ikutan.

emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan comrade.frias memberi reputasi
Diubah oleh yunda.me
Quote:


sudah kuduga emoticon-Betty
cair cair cair, bahaya siap datang
profile-picture
profile-picture
sherrif_pedro dan airell.718 memberi reputasi
duh ngeri pemanasan globla semakin terasa emoticon-Takut (S)
profile-picture
airell.718 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di