jpnn.comAvatar border
TS
jpnn.com
Sambut Iduladha, Ini 6 Seruan MUI

jpnn.com, JAKARTA- Umat Islam akan merayakan Hari Raya Iduladha besok, Minggu, 11 Agustus. Berkaitan dengan perayaan itu, Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi menyerukan beberapa hal. Intinya meminta umat untuk merayakan hari raya kurban dengan tetap menjaga keamanan dan kekhusyukan.

Berikut seruan MUI:

1. MUI mengimbau seluruh umat Islam agar dalam menyambut Iduladha dengan mengumandangkan takbir, tahmid, tahlil dan melakukan amalan sunah lainnya yang bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. MUI mengimbau umat Islam agar merayakan Iduladha tetap menjunjung tinggi perilaku terpuji (akhlak karimah). Menjaga keamanan, kenyamanan dan kekhusyuan, serta menghindarkan diri dari perilaku yang berlebihan dan menyia-nyiakan harta.

BACA JUGA: Yang Perlu Anda Ketahui seputar Salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Besok

3. MUI mengajak kepada seluruh umat Islam Indonesia untuk menjadikan hari raya Iduladha sebagai momentum untuk membangun solidaritas sosial, memperkuat dan mengokohkan kembali ikatan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah insaniyah.

4. MUI mengimbau kepada umat Islam yang memiliki kelapangan rezeki agar melaksanakan ibadah kurban untuk memberikan kegembiraan kepada saudara-saudara kita yang kekurangan. Semangat berkurban harus dilandasi dengan nilai-nilai keihlasan, cinta kasih dan persaudaraan.



"Dalam memilih hewan kurban harus mengindahkan standarisasi hewan yang akan disembelih. Antara lain kondisi kesehatan hewan, tidak cacat, bersih, cukup umur dan jauh dari penyakit. Serta memerhatikan cara penyembelihan dengan tetap mengacu kepada ketentuan syariat Islam," terang Zainut dalam pesan tertulisnya, Sabtu (10/8).

5. MUI meminta kepada masyarakat utamanya panitia kurban agar memerhatikan kebersihan lingkungan. Harus memastikan bekas tempat pemotongan hewan kurban dan tempat pembagian daging kurban harus bersih dan tidak menimbulkan bau yang dapat mengganggu masyarakat sekitarnya. Sehingga lingkunannya tetap bersih, sehat dan bebas dari penyakit.

6. MUI juga mengimbau kepada khatib Salat lduladha dalam menyampaikan pesan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dengan mengambil hikmah pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Khatib hendaknya menyampaikan pesan kesejukan untuk perdamaian dan persaudaraan. Menjauhkan diri dari fitnah, adu domba dan ujaran kebencian.

(esy/jpnn)

Berita Terkait

Ijtimak Ulama IV Bahas Pembentukan MPUI, Lembaga Saingan MUI?
HTI Masih Gencar Berdakwah ke Kalangan ASN dan Militer
Menag Jadi Amirulhaj, Pak Dirjen Segera Pimpin Sidang Isbat Penentuan Iduladha
MUI Dukung Tes Urine Cek Narkoba untuk Calon Pengantin
Bareskrim Gelar Perkara Pemerasan Terkait Sertifikasi Halal MUI
Biasa Naik Alphard, Kiai Ma'ruf Kini Tunggangi Sedan Mercy Berpelat Pejabat




blunar
blunar memberi reputasi
1
2.6K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan