alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sambut Iduladha, Ini 6 Seruan MUI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4f51788d9b172fe46ce16d/sambut-iduladha-ini-6-seruan-mui

Sambut Iduladha, Ini 6 Seruan MUI

Sambut Iduladha, Ini 6 Seruan MUI

jpnn.com, JAKARTA- Umat Islam akan merayakan Hari Raya Iduladha besok, Minggu, 11 Agustus. Berkaitan dengan perayaan itu, Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi menyerukan beberapa hal. Intinya meminta umat untuk merayakan hari raya kurban dengan tetap menjaga keamanan dan kekhusyukan.

Berikut seruan MUI:

1. MUI mengimbau seluruh umat Islam agar dalam menyambut Iduladha dengan mengumandangkan takbir, tahmid, tahlil dan melakukan amalan sunah lainnya yang bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. MUI mengimbau umat Islam agar merayakan Iduladha tetap menjunjung tinggi perilaku terpuji (akhlak karimah). Menjaga keamanan, kenyamanan dan kekhusyuan, serta menghindarkan diri dari perilaku yang berlebihan dan menyia-nyiakan harta.

BACA JUGA: Yang Perlu Anda Ketahui seputar Salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Besok

3. MUI mengajak kepada seluruh umat Islam Indonesia untuk menjadikan hari raya Iduladha sebagai momentum untuk membangun solidaritas sosial, memperkuat dan mengokohkan kembali ikatan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah insaniyah.

4. MUI mengimbau kepada umat Islam yang memiliki kelapangan rezeki agar melaksanakan ibadah kurban untuk memberikan kegembiraan kepada saudara-saudara kita yang kekurangan. Semangat berkurban harus dilandasi dengan nilai-nilai keihlasan, cinta kasih dan persaudaraan.



"Dalam memilih hewan kurban harus mengindahkan standarisasi hewan yang akan disembelih. Antara lain kondisi kesehatan hewan, tidak cacat, bersih, cukup umur dan jauh dari penyakit. Serta memerhatikan cara penyembelihan dengan tetap mengacu kepada ketentuan syariat Islam," terang Zainut dalam pesan tertulisnya, Sabtu (10/8).

5. MUI meminta kepada masyarakat utamanya panitia kurban agar memerhatikan kebersihan lingkungan. Harus memastikan bekas tempat pemotongan hewan kurban dan tempat pembagian daging kurban harus bersih dan tidak menimbulkan bau yang dapat mengganggu masyarakat sekitarnya. Sehingga lingkunannya tetap bersih, sehat dan bebas dari penyakit.

6. MUI juga mengimbau kepada khatib Salat lduladha dalam menyampaikan pesan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dengan mengambil hikmah pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Khatib hendaknya menyampaikan pesan kesejukan untuk perdamaian dan persaudaraan. Menjauhkan diri dari fitnah, adu domba dan ujaran kebencian.

(esy/jpnn)

Berita Terkait

Ijtimak Ulama IV Bahas Pembentukan MPUI, Lembaga Saingan MUI?
HTI Masih Gencar Berdakwah ke Kalangan ASN dan Militer
Menag Jadi Amirulhaj, Pak Dirjen Segera Pimpin Sidang Isbat Penentuan Iduladha
MUI Dukung Tes Urine Cek Narkoba untuk Calon Pengantin
Bareskrim Gelar Perkara Pemerasan Terkait Sertifikasi Halal MUI
Biasa Naik Alphard, Kiai Ma'ruf Kini Tunggangi Sedan Mercy Berpelat Pejabat




profile-picture
blunar memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Sambut Iduladha, Ini 6 Seruan MUI
profile-picture
apollion memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bagus seruannya.. emoticon-Smilie
profile-picture
Osenk2Bantal memberi reputasi
Quote:


Penyemvah baphomet... emoticon-Smilie
Met Idul Adha
profile-picture
Osenk2Bantal memberi reputasi
Acara radikal tidak kebhinekaan bukan budaya indonesia emoticon-fuck3
Himbauan nya bagus sih
profile-picture
Osenk2Bantal memberi reputasi
nomor 6 suka susah diterapin gan... jaman sekarang mengingat kondisi masyarakat kita mudah bergejolak suka ada yang nyelipin pesan pesan aneh di dakwah mereka... kalo denger yang kayak gini diambil aja yang baiknya, yang buruk tinggalin... semoga kita semua damai damai aja ya gan... dan hati kita bersih lagi setelah melaksanakan kurban ini
Diubah oleh blunar
selamat selamat
Quote:


Sama sama gan
Balasan post sweetjulia
Quote:


itu dewa kambing yang mau balas dendam karena pengikutnya dipotong yha ? emoticon-Berduka (S)
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di