goldjempolAvatar border
TS
goldjempol
PSI: Jangan Agamakan Pancasila dan Jangan Negarakan Syariah
Beritacenter.COM – Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli menyinggung seruan hasil Ijtima Ulama 4 yang menginginkan NKRI bersyariah berdasarkan ideologi Pancasila. Menurut Gun Romli, sapaannya, gagasan tersebut tak ayal hanyalah kedok palsu demi menegakkan sistem khilafah di Tanah Air.

Ia memandang, Ijtima Ulama 4 melahirkan propaganda palsu yang disebar oleh koalisi Front Pembela Islam (FPI) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

“NKRI Syariah Berlandasakan Pancasila’ adalah propaganda palsu & bodoh, tujuan mereka kan tetap tegaknya Khilafah, propaganda palsu ini berasal dari koalisi FPI & Hizbut Tahrir. Menyebut NKRI & Pancasila cuma kedok saja,” cuitnya dalam akun Twitter @GunRomli, Selasa, 6 Agustus 2019.

Pria berusia 41 tahun ini menilai, antara ideologi Pancasila dengan Syariah tidak bisa disatukan. Sebab, Negara Kesatuan Republik Indonesia terlahir dari kesepakatan yang tertuang dalam lima poin Pancasila, yang berkonstitusi pada Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45).

Gun Romli tidak sejalan dengan konsep NKRI syariah berdasarkan Pancasila yang dihembuskan dalam hasil Ijtima Ulama 4 yang berlangsung Senin, 5 Agustus di Hotel Lorin, Bogor, Jawa Barat.

Menurutnya, syariah berdasar dari Al Quran, Sunnah, Ijma’, dan Qiyas. “Gak usah seret-seret syariah yang hanya sebagai kedok politik,” ujarnya.

Ia menegaskan, prinsip bernegara di Indonesia adalah menjalankan dan mematuhi segala ketentuan yang terangkum dalam Pancasila, UUD 45, dan yang tidak kalah pentingnya adalah merawat Bhinneka Tunggal Ika.

“Gak usah seret-seret syariah yang hanya sebagai kedok politik, nah dalam berislam, ya tetap syariah, landasannya: Quran, Sunnah, Ijma’, Qiyas,” ujarnya.

Jadi, kata Gun Romli, jangan agamakan Pancasila dan jangan negarakan syariah. Sebab, keduanya memiliki koridor terpisah.

“Jangan dicampur aduk meski saling berhubungan,” kata dia.

https://mv.beritacenter.com/news-222...n-syariah.html
bajier
scorpiolama
scorpiolama dan bajier memberi reputasi
2
2.2K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan