ZenMan1
TS
ZenMan1
Makin Panas, AS Bakal Stop Pakai Produk China


Jakarta, CNBC Indonesia - Instansi pemerintahan Amerika Serikat (AS) bakal mengganti ribuan peralatan telekomunikasi dan peralatan pengawasan yang berlabel Made in China. Sebab, pada Selasa (13/8/19) nanti, AS akan memberlakukan larangan pengadaan produk China.

Mengutip laporan Asian Review, isi aturan itu berupa larangan pada agen-agen federal untuk membeli peralatan dari lima perusahaan China atau memperbarui kontrak dengan mereka. Hal ini didasarkan pada Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional yang ditandatangani pada tahun 2018.

Kelima perusahaan itu antara lain Huawei Technologies, ZTE, Hangzhou Hikvision Digital Technology, Zhejiang Dahua Technology, dan Hytera Communications. Namun, lembaga-lembaga di AS masih bisa menggunakan peralatan China yang sudah dibeli meski tertutup kemungkinan untuk meningkatkan atau mengganti perangkat yang rusak di kemudian hari.

Tujuan utama AS melakukan ini adalah untuk mengakhiri ancaman keamanan nasional yang dianggapnya bisa timbul dari menggunakan produk-produk buatan China. AS juga mengatakan peralatan teknologi China bisa dijadikan alat mata-mata.

Namun, Huawei membantah keras tuduhan itu dan mengkritik langkah AS. "(Ketentuan baru tersebut merupakan) tindakan hukuman tanpa ada bukti kesalahan," kata juru bicara Huawei dikutip dari laman yang sama.

Berdasarkan data perusahaan keamanan jaringan AS, Forescout Technologies, pemerintah federal menggunakan hampir 7.000 perangkat keras dari Huawei Technologies dan 7.000 dari ZTE. Sementara sekitar 1.700 perangkat lainnya dipasok dari Hangzhou Hikvision Digital Technology dan Zhejiang Dahua Technology.

Sebelumnya pada bulan Mei, Presiden AS Donald Trump menandatangani perintah eksekutif yang melarang perusahaan swasta untuk membeli peralatan telekomunikasi dari pemasok China. Departemen Perdagangan diperkirakan akan mengembangkan aturan khusus pada bulan Oktober.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2... /:shakehand2/
beyoungcarerocksebelahbloganasabila
anasabila dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
23
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan