fa.uzAvatar border
TS
fa.uz
Pelajaran Hidup dari Berkendara di Jalan Raya
Spoiler for jalan raya:

Liputan6.com 

Jalanan itu keras bung! Begitulah orang-orang berkata. Sudah bukan rahasia lagi keadaan jalan raya di negara kita masih sangat carut marut, entah itu kemacetan yang terjadi setiap hari, pelanggaran peraturan lalu lintas yang masih marak terjadi, kecelakaan, emak-emak sein kanan beloknya ke kiri, orang-orang anti mainstream yang lawan arus, dan lain sebagainya. Pastinya keadaan ini membuat kita sebagai pengguna jalan merasa risih, dan tidak nyaman. Tapi jika kita lihat dari sudut pandang yang berbeda kita dapat mengambil pelajaran dari kacaunya keadaan jalan raya kita ini, seperti berikut ini:
 
1. Bersabarlah, sabar adalah kunci
Spoiler for sabar:

news.detik.com

Lampu merah yang lama hijaunya, kemacetan yang lama berjam-jam, pasti sering membuat kita kesal, apalagi bila itu terjadi di saat kita perlu sampai ke tujuan dengan cepat. Nah, disinilah kesabaran kita sebagai pengendara diuji. Ingatlah bahwa orang sabar pasti selamat. Sudah banyak contoh orang yang kehilangan kesabarannya lalu menerobos lampu merah dan akhirnya kecelakaan.
Anggap saja kita ini sedang melatih kesabaran kita untuk selanjutnya bisa kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari.

2. Janganlah tergesa-gesa
Tergesa-gesa adalah kondisi dimana seseorang ingin melakukan sesuatu dengan cepat, tanpa pertimbangan matang. Kebanyakan dari kita sering kali tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu. Begitu juga ketika berkendara di jalan raya. Hanya karena ingin cepat-cepat sampai tujuan banyak yang akhirnya ngebut, menerobos lampu merah, dan melawan arus tanpa mengindahkan keselamatan diri dan orang lain. Banyak dari kita ketika terlambat berangkat entah untuk kerja ataupun sekolah lebih memilih tergesa-gesa memakai kendaraannya, padahal jika kita bisa mengatur waktu dengan baik dengan berangkat lebih awal pasti tak akan terlambat. Sudah banyak contoh orang yang tergesa-gesa saat berkendara yang terlibat kecelakaan.  
Tergesa-gesa sama dengan gegabah dan ceroboh. Salah satu prilaku yang tidak baik. Jadi hindarilah melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa.

3. Menghargai sesama
Terkadang kita lihat banyak pemotor yang lewat di trotoar, padahal kita tahu trotoar itu untuk pejalan kaki. Banyak juga mobil yang parkir di sembarang tempat hingga menyebabkan macet. Tidak kah kita sadar bahwa perbuatan tersebut telah melanggar hak orang lain? Kita harus sadar bahwa masih banyak pengguna jalan selain kita. Hindarilah sifat egois dan mementingkan diri sendiri dan mulailah menghargai sesama pengguna jalan agar terwujud ketertiban berlalu lintas. Dengan membiasakan hal tersebut dapat membuat kita lebih peka dan toleran terhadap sesama manusia.  

4. Kendalikan emosimu
Spoiler for bertengkar:

hipwee.com

Mengendalikan emosi sangat penting dalam berkendara di jalan raya. Mungkin banyak dari kita yang merasa jengkel dengan kelakuan pengendara lain bahkan tak jarang ada orang yang sampai adu mulut dan bertengkar di jalan. Banyak dari kita yang melontarkan kata-kata kasar sampai menyebut berbagai macam nama binatang karena tak bisa menahan emosi. Bagaimana jika orang lain tidak menerima dengan perlakuan kita? Sudah banyak kasus para pengguna jalan yang bertengkar dan ribut karena tak bisa mengendalikan emosinya. Jadi, apapun yang terjadi kita harus bisa mengendalikan emosi kita, jangan sampai emosi negatif menguasai diri kita dan membuat kita kehilangan kendali atas diri kita.  

5. Keselamatan adalah anugerah yang tak terhingga
Setiap orang pasti menginginkan keselamatan. Begitu juga saat berkendara di jalan raya, keselamatan adalah yang paling utama. Kita wajib menjaga keselamatan diri kita serta pengguna jalan lain, diantaranya dengan selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita di jalan. Oleh karena itu penting bagi kita memakai perangkat keselamatan (seperti helm) serta mematuhi segala peraturan lalu lintas. Dengan begitu tujuan kita untuk selamat sampai tujuan dapat tercapai. Keselamatan adalah anugerah yang tak terhingga bagi kita semua.
 
 emoticon-Jempol

Itulah beberapa pelajaran hidup yang dapat kita ambil saat berkendara di jalan raya. Semoga kita senantiasa tertib dalam berkendara agar terwujud lalu lintas yang tertib dan aman.

Terima kasih. 
sumber :
Tulisan: Ide pribadi
Gambar: google.com




Activate285
anasabila
4iinch
4iinch dan 10 lainnya memberi reputasi
11
6.3K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan