alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d49731882d4955cbe4292fd/wah-indahnya-ini-dia-gedung-kayu-tertinggi-di-dunia

Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 10
Balasan post Rudisca55
Quote:


Kalau sudah membangun gedung kayu sebesar ini ya pasti prospeknya untuk jangka panjang. Buang-buang duit aja lhaa kalau cuman buat jangka pendek. Pokoknya hebat lah para arsitek Australia ini memperhitungkan dengan sangat matang dan bekerja dengan sangat hati-hati hingga gedung ini berdiri kokoh emoticon-Toast
profile-picture
Rudisca55 memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
keliatan lebih adem gitu ya karena efek dari kayunya emoticon-Mewek . pengen deh punya rumah yang banyak kayu kayunya gini, tapi pasti mahal dan ribet ngurus dan perawatannya, dan ane bukan tipe yang suka ribet wkwk banyak mau euy orangnyah emoticon-Hammer2
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post yugeel
Quote:


Nggak mahal kok gan perawatannya. Rumah nenek ane di sulawesi dari kayu gan malah sampai sekarang berdiri kokoh. Beda sama rumah ane di jawa ini malah sudah retak-retak temboknya plus catnya luntur emoticon-Cape d...
Balasan post 2V7
Balasan post 2V7
Quote:


Wadawww itu berat materinya gan ane nggak bisa jelaskan, karena ane bukan teknik sipil. Coba aja bre tanya sama temen agan yg teknik sipil. Rata-rata tau emoticon-Sorry
Wah, keren banget bangunanya
kebetulan ane penggemar meubel2/aksesoris serba kayu
Jadi bangunan ini sangatlah "WAH" di mata ane
emoticon-Matabelo

O iya, cek kulkas ya gan
ane ada gelas nganggur
emoticon-Toast
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Inovasi terbaru nih. Tp gw pikir2 dlu dah.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Quote:


Quote:


Cross-Laminated Timber (CLT). Sederhananya, kayu2 di bangunan itu bukan satu kayu utuh dari pohon, tapi dari lapisan2/lembar2 (laminasi) panel kayu yg ditempel satu sama lain. Kalo ente pernah lihat furniture2 lemari/meja belajar jaman now, itu dari kayu laminasi yg tekniknya paling sederhana. CLT Ini teknik paling advanced dari laminasi kayu biasa. Ukurannya lebih besar. Di Amerika aja baru dimasukin standar kontruksi kayu (SNInya sana) di tahun 2015, baru 4 tahun lalu.

Buat kita, ini bangunan yang amat sangat mahal. Di negara maju sana (Eropa, Amerika) bangunan ini juga hitungannya termasuk mahal. Tapi mahal yg cost-effective. Kenapa di sini mahal? Satu, karena kita kaget kalo ngelihat gaji tukang lebih tinggi dari UMR. emoticon-Ngakak (S) Ingat ya tukang2 di negara maju itu punya sertifikat. Cuma sekadar perbaiki genteng bocor aja harus ada spesialisasi/sertifikat. Kedua, bahan bangunan dan pabriknya import. Ga kaget sih, bahkan proyek di Amerika jg masih ada yg import dari China. Ketiga, praktik korupsi kontraktor yg mengurangi spek standar. Di kasus ini pun, ane agak "memaklumi" praktik pungli ke aparat sama preman bangs*t selama tidak mengurangi standar bangunan.

Kalo kita pikir bangunan highrise ini "gila", ada yg lebih gila lagi sebelumnya. Jembatan di Quebeq, sama Pavilion di London.

Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Wah Indahnya, Ini Dia Gedung Kayu Tertinggi di Dunia

Teknologi yg saat ini Indonesia kembangin adalah bambu. Orang2 bule aja belajar bambu ke sini kok. Terakhir tahun lalu ada workshop internasional bambu di bandung, bule2 itu. Bisa nih ane jadiin satu trit emoticon-Ngakak Apa ane kudu turun gunung buat masalah begini...? emoticon-Ngakak (S) Bambu dan kayu udah ga lagi sekadar lapuk, mudah kebakar, mahal. Paradigma jadul itu. Sedih emang BUMN sama pemerintah sini kurang bantu ngembangin teknologi terbaru.. Ya realitanya gitu.. selamanya kayu dan bambu akan mahal. Problemnya gara2 praktek budaya korupsi terlalu melekat disini, jadi masih deg2 ser di masalah administrasi, makanya bangunan2 unik akan sangat jarang ada di Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
2V7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
mantep man,
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Wow semuanya dari kayu unik banget
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Balasan post dompetjadipeci
Quote:


tapi butuh waktu gan untuk memproduksinya. 1 pohon paling cepat bisa di panen 5 tahun gan. seandainya seluruh pembangunan di dunia mengunakan kayu untuk membangun gedung kebutuhan akan kayu akan meningkat drastis. ga menutup kemungkinan hutan-hutan juga kena babat.
kalau mungkin ada teknologi untuk mendaur ulang limbah bangunan agar bisa di manfaatkan lagi mungkin lebih go green.


Quote:


Yaa kan masih banyak alternatif lain gan. Lagipula kan itu nggak butuh banyak kayu untuk membangunnya. Ndak cuma tebang yang gede gede aja hehe. emoticon-2 Jempol emoticon-Toast

CMIIW
profile-picture
diandraps memberi reputasi


Quote:


Ane masih bisa paham kok gan ekwkwkw emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Reboisasi kan ndak selalu dari awal tumbuh gan, bisa aja bibit yang sudah cukup berusia, kemudian dipindahkan.

Yaaa begitulah gan, namanya juga manusia, kan sudah diperingatkan dalam Al Qur'an.
Balasan post rarebali
Quote:


Ya makanya bangunan ini cuman 1 emoticon-Nohope
Quote:


Iya gan, mereka ga cuma menciptakan gedung aja tapi bernilai seni juga. Goodjob deh buat mereka
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
terkesan adem ruangannya om. salute sama arsiteknya
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post dompetjadipeci
@dompetjadipeci
Itu mah kayu yg bener2 udah matang n kayu yg bagus...skrang mah kayu2 kualitasnya kurang bagus masih muda udah ditebang
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Balasan post faris1234
Quote:


Di mana dulu nih, kalo di Indonesia iya emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Halaman 7 dari 10


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di