klikfix.comAvatar border
TS
klikfix.com
Trik Jitu! Cara Mengatasi HP Bootloop Pada Android
Saat ini banyak HP Android yang menawarkan fitur canggih. Semakin canggih HP yang kamu miliki kadang akan mengalami masalah yang tidak diketahui. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan adalah mengatasi Bootloop. Pada artikel ini, kita akan membahas cara mengatasi HP Bootloop pada Android.

Pada dasarnya Bootloop diakibatkan oleh adanya kerusakan pada sistem Android sehingga perangkat gagal melakukan start-up. Akibatnya HP Android tidak bisa masuk ke menu home.

Bootloop merupakan permasalahan yang sering terjadi, masalah muncul dikarenakan HP gagal dalam melakukan upgrade sistem. Ada juga yang disebabkan karena salah menggunakan Firmware Android, bisa juga terjadi saat kamu melakukan Root tetapi gagal, sehingga saat di restart hanya menampilkan logo merek handphone tersebut saja.

Hal tersebut akan terus menerus terjadi meskipun kita telah melakukan restart berkali-kali. Kamu pasti bertanya bagaimana cara mengatasi HP Bootloop dengan mudah?

Sebelum artikel ini menjawab pertanyaan diatas, yang wajib kamu ketahui adalah apa penyebab kerusakan atau kesalahan sehingga tidak bisa booting.

Apakah penyebabnya karena ganti costume room yang tidak tepat, ada kesalahan saat memodifikasi tampilan sistem, atau mungkin ada penyebab lainnya? Setelah mengetahui penyebabnya, kamu akan tau bagaimana cara mengatasi HP Bootloop dengan tepat. Berikut ini cara mengatasi Bootloop secara tepat :

1. Android Light Bootloop


Android Light Bootloop adalah salah satu masalah Bootloop pada HP Android yang tergolong ringan. Masalah ini akan terjadi jika kamu menggunakan handphone untuk bermain games, menginstall aplikasi atau menonton video dan tiba-tiba terjadi restart atau reboot sendiri. Setelah menyala, HP tidak bisa masuk ke menu utama dan hanya menampilkan logo.
Cara mengatasi HP Bootloop ini dengan melepaskan baterai handphone dan memasangnya kembali. Setelah itu coba nyalakan kembali handphone kamu. Biasanya dengan cara tersebut handphone sudah bisa booting secara normal.


2. Android Medium Bootloop

Masalah yang kedua biasanya disebabkan karena kamu sering mengotak-atik fitur Android dan masuk ke System Recovery.

System Recovery merupakan bagian terpenting dari handphone. Pada System Recovery kamu bisa melakukan rooting handphone. Sistem ini sangat dilindungi, jika kamu sering mengotak-atik akan terjadi kesalahan yang mengakibatkan Bootloop.



Cara mengatasi hp Bootloop selanjutnya, kamu memerlukan laptop untuk backup data Recovery Imgae dan File Recovery CWM atau aslinya. Cara ini akan berhasil jika kamu pernah backup data ROM pada handphone tersebut.


Tetapi jika kamu sebelumnya tidak pernah melakukan backup data ROM, maka kamu bisa mencari data Recovery khusus untuk tipe handphone tersebut di google. Karena jika datanya tidak sama tentu tidak akan bisa di restore seperti semula.


3. Android Hard Bootloop

Masalah ketiga biasanya terjadi karena kamu mengganti Stock ROM yang berbeda, melakukan upgradesistem operasi atau saat mengS E N S O Rpile APK yang salah. Ciri handphone Bootloop pada masalah ini adalah saat ponsel di hidupkan tidak bisa masuk ke menu dan tidak bisa di utak-atik kembali.



Cara mengatasi hp Bootloop selanjutnya, kamu memerlukan media tambahan Laptop. Jadi laptop digunakan untuk memperbaiki Bootloop juga harus di install dengan aplikasi khusus untuk menginstall ulang OS Android ataupun untuk melakukan Flasing Rom. Cara menginstall masing-masing OS Android berbeda-beda tergantung merek dan tipe handphone kamu.



Sumber:

https://klikfix.com/blog/trik-jitu-c...-pada-android  






sasasrimulya13
Dikorama90
azidqi
azidqi dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan